Sunday, March 16, 2014

Bakso Bakar Misteri

Hii serem amat namanya, Bakso Bakar Misteri. Seperti halnya nama bakso, dibuat semenarik mungkin untuk menarik pembeli. Begitupun Bakso Bakar Misteri ini, bukan perkara jualnya di kuburan, atau makannya tengah malam. Justru warungnya buka di siang bolong, juga di tempat keramaian. Siapa coba mau jualan di tempat sepi, ya tho? Mungkin karena penampakan makhlukh ghaib baksonya, penjualnya menamai Bakso Bakar Misteri.

Baksonya hitam pekat penuh misteri
Sebenarnya warung bakso bakar misteri ini sudah lama ada. Hanya saja kami yang kurang tahu. Suamiku sendiri yang setiap hari berangkat kerja melewatinya enggak tahu apalagi aku? Padahal biasanya hidungku ini peka kalau mencium warung makan baru buka. Penasaran icip-icip enak apa enggak, dan mahal apa murah. Jadilah kami penasaran setelah mendengar cerita dari satpam sekolah di kawasan Sarirogo. Kebetulan siang bolong pengen yang seger-seger.

Warung Bakso Bakar terletak di jalan Sarirogo. Ruko tepat samping pintu masuk perumahan Taman Wahyu Sarirogo. Karena terhalang gapura pintu masuk inilah, warungnya enggak terlihat dari arah utara. Baru ngeh dan jelas terlihat ketika tepat di depannya. Untuk menuju warungnyapun tak bisa langsung dari depan. Tidak ada jembatan mini untuk menghubungkan selokan tepi jalan. Kalau sekedar lompat tali si bisa kali ya. Mobil hanya bisa parkir di tepi jalan, semetara sepeda motor kudu lewat pintu masuk perumahan tersebut. Enggak mungkin kan, main tril-trilan untuk melewati selokan.

Di depan warungnya terdapat sepohon keres yang teduh banget. Apalagi ada dudukan panjang dibawahnya membuat kami tak memilih masuk ke warung. Lebih nikmat menikmati bakso ditemani semilir angin dari pohon keres. Bonus deh, bikin enggak terasa nunggu bakso bakarnya.
Suamiku; perpaduan kesejukan dari angin pohon keres dan kesegaran menikmati es teh saat menunggu bakso bakar
Bakso disajikan dalam beberapa mangkuk berbeda; bakso (pentol) bakar sendiri 5 biji, kuah, dan saus pernik lainnya seperti, saus, kecap, sambal dan jeruk nipis. Baru kali ini aku makan bakso pakai jeruk nipis, kecuali bakso soto. Yang menjadi berbeda, penyajian baksonya tanpa mie dan sayuran seperti kubis atau sawi. Jadi lebih mirip bakwan, bakwan bakar. Juga dengan topping atau taburan bawang goreng yang lebih banyak pada bakso bakar dan kuahnya membuat rasa bakarannya lebih kuat.

Untuk dua porsi ini ditambah dua gelas es teh, habis Rp. 18.000. Setiap porsi bakso bakarnya seharga Rp. 7.000 saja sudah mendapatkan rasa bakso yang berbeda. Namanya juga bakso bakar, tastenya tentu berbeda dengan bakso biasa. Sekali-kali enggak apa-apa kan, lumayan buat memanjakan lidah, supaya enggak bosan makan bakso godok melulu. Daripada harus ke Malang dulu untuk menikmati bakso bakar? Hehehe.
Saat membakar bakso
Penyajian Bakso Bakar Misteri



Dikencrut jeruk nipis
Penampakan warungnya

17 comments:

  1. Nyam.. Keknya sedap kali tuh Mbak, bakso bakarnya :D

    ReplyDelete
  2. Iya bener, mahaaaall... tapi kalau enak nggak apa-apa sih.

    Di sini juga sudah mulai banyak yg jualan bakso bakar (tapi bukan bakso misteri). Harganya relatif murah, tapi baksonya kurang mantap. Kayaknya kandungan dagingnya kurang, hehe....

    ReplyDelete
  3. wahhh...nak bgt, apalagi pkai perasan jeruk...*Ngiler
    Baru lihat penampakan suaminya Mbak Nunu, hehe

    ReplyDelete
  4. Mihil bingiitssss pdhl gerobak yo mbk tp kl enk g mslh sih hihi

    ReplyDelete
  5. Banner baksonya ngeri. hihi
    Mungkin mahal karena namanya saja.:D

    ReplyDelete
  6. Hm... nyam-nyam niih.... eh, tgl 23-27 Maret nanti aku & teman2 diklat mengunjungi sidoarjo lho...

    ReplyDelete
  7. di Banda Aceh juga banyak yang jualan bakso bakar sekarang mbak, selain bakso goreng tentunya. ditusuk2 layaknya sate dan bumbunya pun ada yang pake bumbu sate padang atau yang pake bumbu kacangnya sate jawa. jadi pingin...

    ReplyDelete
  8. Kemecer menikmati postingan bakso bakar misterinya Jeng, apalagi dengan keceran jeruk nipis.
    Salam hangat

    ReplyDelete
  9. Keres itu apa ya mbak?
    Kayaknya enak ya .... , lihat penampakannya saja ngiler .. :)

    ReplyDelete
  10. Baru dengar ada makanan bakso bakar. Wah, lama kelamaan ada bakso goreng juga.

    ReplyDelete
  11. Mauuuuuuu!!!! sama Bakso Bakar Arema cem mana rasanya?

    Di Jogja mulai bertebaran juga bakso bakar. paling banyak kemarin pas acara Pasar Malem Perayaan Sekaten. Gerobak2nya banyak. tapi sekarang ilang lagi :p

    ReplyDelete
  12. jadi ngiler pengen makan bakso,, tapi apalah daya bibir sedang sariawan

    ReplyDelete
  13. Kalau di Jember disajikannya dengan tusuknya juga Mbak. Baru ada satu bulan ini ada kedai bakso bakar. Udah nyobain. Rasanya enak, tapi aku gak bisa bandingin sama yang di Malang. Soale belum pernah ngerasain yang di Malang. Untuk harganya, lebih murah di Jember daripada di Surabaya. Disini dibandrol harga 10.000. Tapi kalau untuk ukuran Jember, itu tergolong mahal Mbak. Heheheh...

    ReplyDelete
  14. Wew, siang2 gini baca postingan bakso, jadi ngiler, mak. :D

    ReplyDelete
  15. wahh mantabbbb, kalau ada di jogja ada namanya bakso setannn ahhaha .. aneh2 aja emang namanya..

    ReplyDelete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog