Tuesday, March 04, 2014

Komentar G+ Bikin Aku Gemes

Pada kopdar kedua blogcamp, aku sempat curhat tentang komentar teman-teman yang menggunakan akun G+ (Google Plus) dan teman-teman yang blognya pakai kolom komentar G+. Dan ternyata beberapa dari blogger mengaminkan serta memiliki rasa yang sama. Inilah plus minusnya menautkan blog dengan akun G+ menurutku dan rangkuman dari beberapa teman.

Bagi Komentator Akun G+
"Please. Untuk berkomentar memakai ID blogger atau "Nama+URL". Jika tak punya blog, dapat mengisi URL dengan URL facebook/twitter.

Bagi yang memakai Id G+ tetap kuapprove, tapi mohon maaf aku tak bisa langsung kunjungan balik ya. Nunggu moda laptop. Sangat merepotkan jika harus membuka G+ dulu dengan Android.

Pokoknya jangan Anonim saja, akun anonim akan kuhapus komentarnya. Terimakasih pengertiannya. :D"
Pada kolom keterangan sampai aku pasang pernyataan demikian. Yup, memang ditujukan untuk komentator terutama komentator pada blogku ini. Apa sih plus minusnya? Tentu plus minusnya bagi pemilik blog ini, yaitu aku:

  •  Tidak friendly
Aku termasuk blogger yang senang blogwalking menggunakan ponsel. Nyaman saja jika membaca postingan blog teman-teman menggunakan ponsel,bisa sambil tiduran bahkan sampai tertidur, he:). Tentu blogwalking selalu aku mulai dari link teman-teman blogger dari komentar di blog. Sayangnya langkahku terhenti ketika link yang dipakai adalah akun G+. Ya, tidak friendlynya harus membuka akun G+ terlebih dahulu. Selalu keluar tab pilihan dan itu menyulitkan sekali bagi pengguna ponsel sepertiku. Sama saja ketika membuka menggunakan laptop, meskipun lebih mudah membuka tabnya. Ketika mengklik link terbuka di tab baru. Terlalu banyak tab yang terbuka.

  • Menyesatkan
Aku seringkali tersesat ketika membuka blog orang dari akun G+ nya. Yap, niat hati ingin membuka blog orang yang sudah komentar di blogku untuk berkunjuk balik, tetapi justru tersesat. Kok bisa? Ya tentu aku tak hafal link teman-teman. Saat di akun G+ aku biasanya pilih link yang teratas. Tidak tahunya link tersebut adalah blog lain. Mungkin aku tak bisa mengingat link blog, tetapi untuk mengingat nama akun G+ tentu mudah.

Setelah beberapa kali terjadi, aku bisa menarik kesimpulan. Ternyata si empu akun G+ baru saja berkomentar pada blog seseorang dengan akun G+nya. Komen dari si empu tersebut akan muncul pada laman teratas akun G+nya. Sehingga kadang aku pilih random linknya. Ah bodo amat mau itu linknya atau link temannya yang penting aku blogwalking. Bagiku sih nggak ada ruginya. Paling dicap sebagai blogger yang enggak mau berkunjung balik. Hihihi.

  • Terbatas
Tentulah agar bisa mengakses pemilik akun G+ yang berkomentar harus sudah login dengan akun google. Mungkin aku pemilik blog ini yang berplatform blogspot selalu terhubung dengan google. Tetapi tidak menutup kemungkinan blog dengan platoform lain seperti platform lain, wordpress, tumbler, kompasiana, blogdetik dan lain sebagainya yang berkunjung di blog ini ingin juga berkunjung ke blog Anda. Jika memakai G+ sangat menyulitkan mereka. Jika mungkin punya tak masalah tetapi dari cerita beberapa teman, mereka tidak selalu log in. Dan kebanyakan malas untuk membuka. Artinya Anda kehilangan paling tidak pengunjung dari blogwalking.

Bagi yang Memasang Kolom Komentar G+


Setelah menyadari beberapa temuanku hubungan antara komentar G+ dan blog aku memutuskan menggunakan profil blogger seperti semula. Meskipun ketika aku berkomentar banyak memakai "nama+url" daripada akun blogger pun bisa dipakai untuk komentar pada blog yang tidak mencatumkan pilihan "nama+url". Yup tak lain karena aku tidak ingin para calon pengunjungku tersesat. Dan maaf karena itu pulalah aku juga seringkali meninggalkan blog begitu saja tanpa berkomentar pada blog yang hanya memasang kolom komentar G+. Hehehe

Kolom Komentar Blog ini
Lalu bagaimana menurutmu tentang plus minus komentar menggunakan akun G+ serta memasang kolom komentar G+ pada blog? Mungkin daku kurang ilmu sehingga kurang tahu manfaat menggunakan akun G+. Please share ya. Tengkyu :)

23 comments:

  1. iya aku jg suka nyasar meski pake PC mbak :D..

    ReplyDelete
  2. Iyah mbak, saya juga kurang sreg. Pernah juga kesasar, dari nama pemiliknya beda, terus banyak link bertebaran, lah bingung juga yang mana milik si dia (seperti kata mbak Nunu, bekas dia berkomentar di blog lain). Paling bikin gak enak, itu bukanya kalau pakai PC juga lama mbak, apalagi kalau koneksi lagi lemot, tutup, hihi. Saya sendiri juga pernah mengganti ke G+. Tapi menyadari saya sendiri kadang (maaf) kurang bersemangat kalau menemui akun yang sudah beralih ke G+, jadinya aku kembalikan ke mode semula.

    ReplyDelete
  3. Dulu ketika komentar di blog lain, link blog saya larinya ke G+, waaah ga praktis neh, akhirnya kuutak-atik bereslah...

    ReplyDelete
  4. Saya juga sebel jika klik blog sahabat larinya ke G+!, jadi kerja dua kali kan.
    Makanya saya sarankan agar kolom komentar di set ulag sehingga pengunjung tidak dipaksa memakai akun Google, Wp, Open ID, dll. Beri kelleuasan agar pengunjung bisa menampilkan username dan url blog sesuai seleranya. Seperti di blog ini kan enak dan gurih.

    Terima kasih tipsnya
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  5. aku suka pakai G+ :)))
    G+ termasuk sosial bookmark gratis dan memudahkan untuk index. blogku juga lebih dari tiga, Jadi biar enggak susah2 tanya blogku mana aja, ya blogku yang terangkum di G+. yang aku share di G+ itu blogku :))
    tapi kalau untuk kotak komentar, aku enggak pakai kotak komentar G+, kasian yang pakai WP.

    Eh ini aku pakai komentar G+ loooooh... *lari cantik takut dipentung* :)))))

    ReplyDelete
  6. nah yang bikin bingung saya sih begini, mbak, bila saya mampir ke blog yang gak ada kolom nama/url nya, jadi pake akun google, bagi saya gak masalah karena langsung ke blogger profil (meski mungkin menyulitkan jg buat temen, sebab disana ada 4 blog pilihan). Bagaimana caranya menambah pilihan : nama/url' dalam kolom komentar. Blog anak saya begitu, mbak, gak ada pilihan nama/url nya. Trims, ya, mbak Nunu

    ReplyDelete
  7. Saya belum pernah mengalami kesulitan ...
    dan mudah-mudahan blog saya tidak lari ke G+ ya ...

    kasihan teman-teman yang akan memberikan komennya

    salam saya

    (5/3 : 1)

    ReplyDelete
  8. Dulu aku juga pakai G+ untuk kolom komentar, tapi lama kelamaan kok rasanya kurang "ramah", akhirnya saya ubah lagi seperti punya Mbak Nunu ini, tapi enggak dimoderasi.

    ReplyDelete
  9. Kalau blogspot tidak bisa komen hanya menuliskan nama dan email saja ya? karena banyak juga loh pengunjung tidak punya blog, bahkan tidak ikutan sosial media :D . Nah kalau komen pakai id Google+ tidak ketahuan yang tulis komentar blognya yg mana.

    ReplyDelete
  10. Tapi kadang sebagian blog pilihan Name + url nya ga ada mbak, makanya aq suka bingung, padahal aq juga suka yang ini karena G+ suka susah log in klo di hape

    ReplyDelete
  11. Setiap orang punya selera masing masing. kalau saya pribadi lebih nyaman menggunakan kotak komentar standar di blogger, lebih friendly. Terimakasih atas inspirasinya

    ReplyDelete
  12. ternyata bukan cuma diriku yg merasa "gemes". sering banget meski pake laptop tapi bukanya pake opera mini, terutama jam kuota inet terbatas :D . pas mau komen ternyata pake G+, ga jadi komen deh... ku lebih suka pake nama+URL karena blogku pake wordpress, mski punya juga sih akun blogger.

    ReplyDelete
  13. Toss mak Nunu, aku juga lebih suka pake profil blogger, karena ga ribet ;))

    ReplyDelete
  14. hehehehehehee kesulitan yang di alami ternyata pernah sy rasakan juga, ketika sy ingin berkunjung balik... agak merepotkan memang.... :)

    salam kenal :)

    ReplyDelete
  15. Sama mbak Nunu...sering tersesat saat kunjung balik....

    ReplyDelete
  16. Aku sih tergantung Mbak, kalau ngomen di wordpress atau selain blogspot, kadang suka males ngisi email, nama, and website, lebih suka ngonect-in ke G+. Tapi kalau udah langsung nongol pilihan ke blogku, ya pilih yg ini.

    ReplyDelete
  17. Samaaa
    aku juga gak suka komen pake google+

    ReplyDelete
  18. aku lebih suka masukkan nama sama url mbak. Soalnya kalau ada yg koment di blog trus pakai G+ aku gak bisa koment balik mbak

    ReplyDelete
  19. kalau saya sih, tak hafalin alamat url blog nya, dan biasanya tak bookmark juga di browser agar mudah berkunjung balik. Soalnya kalau pakai Google+ lumayan lama akses nya. Ini yang kemudian bikin galau dan frustasi, apalagi ditambah koneksi internet yang tidak bersahabat :D

    ReplyDelete
  20. aku juga kadang gt mba, hehehehe dibuat pengalaman aja thanks sharing nya

    ReplyDelete
  21. wow ternyata tidak hanya saya saya saja yang mengalami masalah dengan g+,makasih pengalamannya

    ReplyDelete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog