Tuesday, March 18, 2014

Pesona Sempu Island

Jangan kau harap mimpi liburanku ke luar negeri, naik pesawat, tinggal di hotel atau bahkan shopping. Tidak, itu terasa mahal buatku. Mahal bukan berarti perkara uang. Tapi lebih kepada suamiku yang susah banget diajak untuk sekedar jalan-jalan. Hampir kami tak pernah liburan kecuali ikut rombongan outting kantornya, atau bahkan sendiri-sendiri itupun bonus dari urusan lain, bukan tujuan utama. Kerap, Minggu pun kuisi dengan membuntuti suami yang mendapat tugas kantor. Kusebut itu hiburan jika tak layak dianggap liburan.

Iri rasanya, jika membaca postingan atau melihat foto teman-teman tentang liburannya. Rasanya hidup mereka memiliki banyak pilihan, sementara aku sering gigit jarinya. Percaya atau tidak, bahkan suamiku belum pernah merasakan gimana naik pesawat. Sementara aku baru menjelang akhir tahun lalu pecah telor saat pulang dari Bandung. Sampai-sampai aku bujukin suami sekali-kali jalan kek ke Jakarta naik pesawat. Enggak usah mikir nginap atau liburan, sampai Jakarta langsung balik ke Surabaya aja. Hihihi ngeledek sih.

Kalau untuk jangka panjang mimpi ke luar negeri sih bagus, pengennya sekalian umroh. Tetapi dream trip yang ini pengeeeeeeen pake banget, pengennya itu biar cepat terealisasikan. Enggak usah nunggu waktu lama-lama, juga enggak pake nabung dulu karena emang enggak akan habis uang banyak. Tinggal kemauannya doang. Please yank!!

Emang kemana sih dream tripnya?
Panorama Sempu Yang Indah (Credit)
Enggak jauh-jauh dari tempat tinggalku, berjarak 3-4 jam perjalanan darat. Yups, Sempu Island berada 80 km dari kota Batu Malang. Masih lumayan jauh. Untuk menjangkaunya dari rumah (Sidaorjo) ke Malang sekitar 2 jam. Berlanjut ke Sempu Island juga masih 2 jam perjalanan darat baru kemudian menyewa perahu motor dari Pantai Sendang Biru, seharga Rp.100.000 bisa untuk 5-10 orang. Wonderfullnya pulau ini diapit oleh SAMUDERA HINDIA, di selatan, timur dan barat. Bisa jadi air pantainya yang bening banget itu, sudah mengarung seluas 73,5 juta kilo meter persegi.

Dari sejak di kasih tahu teman kostku yang doyan kelayapan tentang pulau Sempu ini, kepengen banget ke sana. Sempat direncanakan tetapi gagal karena aku tak diijinkan suami, dan temanku tetap berangkat. Huhuhu envy. Apalagi suamiku sudah pernah ke sana, waktu masih kuliah jaman baheula sejak Sempu belum setenar sekarang. Belum terjamah pelancong lokal apalagi manca negara. Kata suamiku, alamnya memang masih natural banget. Ditambah air pantainya tenang, jadi enggak khawatir kami tak ada yang bisa berenang. Bisa renang sepuasnya.

Ngebayangin, aku dan suamiku camping di sana sehari saja, pasti menyenangkan. Jangan harap hotel dan tempat tidur nyaman, Sempu Island tak berpenduduk karena merupakan cagar alam dan konservasi pemerintah yang dilindungi. Ada baiknya jika menginap di sana memang melapor pada pihak terkait di Pantai Sendang Biru. Ini juga berkaitan jadwal penjemputan perahu motor. Tak ada alat transportasi tetap sehingga harus menyewa berdasarkan kesepatan waktunya.
camping di dekat pantai (credit foto dari sini)
Harusnya aku malu ya sama bule dan pakle, mereka saja sudah menjangkau pulau Sempu ini. Semetara aku, wisata Malang hanya seputaran Jatim Park, Sengkaling dan selecta yang notabene berisi permainan. Enggak pernah aku liburan dengan tujuan menikmati alam kecuali dulu waktu sekolah ke naik gunung. Benar-benar ke Sempu ini adalah mimpi liburanku.

Bahkan turis sudah menginjakkan kaki di tempat ini
Aku tak perlu iri kepada mbak Syahrini yang doyan wara-wiri ke LA, New York, Paris dan sebagainya. Toh aku sewilayah Jawa Timur saja masih banyak yang belum terjamah. Aku ingin sih ke Luar Negeri. Siapa yang enggak pengen keliling dunia. Tapi sebelum itu aku ingin menghabiskan (baca: menjelajah liburan) Indonesia. Ingin ke Raja Ampat, Pulau Komodo, Tana Toraja. Dan sebelum aku melompat pulau seberang, aku ingin menghabiskan liburan di Jawa Timur, minimal ke Sempu ini supaya enggak kalah sama bule. Ya masak sih kita ke Luar Negeri, pas ditanya bule tentang wisata "ini" dan "itu" enggak bisa jawab atau belum pernah ke sana? Aku ini orang Indonesia yang sama sekali belum mengenal Indonesia. Aku iki wong jowo, tapi Situs Majapahit ae ora tahu nekani. Serius lho? Ngomongin liburan PR-ku mengenal seputaran Jawa Timur saja masih buanyaaaak. Tetapi kalau ada rezeki diajak mbak Syahrini sekali-kali melancong ke Luar Negeri, enggak nolak juga. Hihihi

Diikutkan My Dreamy Vacation Giveaway

28 comments:

  1. Wah matap pemandangannya... Tapi di Malang, jauh banget dari rumahku :D

    ReplyDelete
  2. hmmm...suka postingannya, berceritanya ngalir banget, sukses GA-nya ya... sesekali tutup mata suami, beli tiket pesawat, buka matanya ketika udah duduk di pesawat, hehe...

    ReplyDelete
  3. Huaa, pulau Sempuuuu. adu,adu.. saya jadi teringat rencana yang tiga kali gagal, mbak, huhaha. pertama rencana sama teman-teman di kampus lama, gagal, karena bertepatan dengan musim penghujan, becek, nunda-nunda sampai lempem. tapi penggantinya ke Balekambangnya. kedua sama anak-anak Matras, tapi juga gagal, padahal sudah matang, tapi tanggal 30 ini, insyaAllah mau camping di Balekambang (ah, ke sana lagii:D). dan terakhir acara di kampus baru, dari fakultas sebelah (FISIP), temanya "Save Sempu", kesempatan bagus, eh tapi bentrok sama seminar di kampus tetangga, gagal lagiiii. huaha, saya selama berada di Malang juga belum keturutan, mbak, hihihi. *curcol :D

    Semoga mbak Nunu bisa memiliki kesempatan dan waktu yang tepat untuk berlibur bersama suami tercinta, Amin Ya Rob. sukses juga untuk GAnya, mbak :)

    ReplyDelete
  4. pernah mendengarnya tapi belum pernah ke sana hehe

    ReplyDelete
  5. Wah, semoga impiannya bisa segera terwujud ya, Mbak ;)

    Saya juga termasuk susah jalan-jalan nih. Makanya ada banyak banget tempat wisata yg belum saya datangi, bahkan di daerah tempat tinggal saya sendiri, haha....

    ReplyDelete
  6. wah baru denger aku mba, sempu island...moga2 suaminya mau diajak camping kesana ya mba

    ReplyDelete
  7. aku juga pengen kesana mbak nunu,,ayo kapan-kapan bareng2 kesitu,,ajak suami masing masing yuk,,,

    ReplyDelete
  8. "Aku ini orang Indonesia yang sama sekali belum mengenal Indonesia."
    sama mba :(

    ReplyDelete
  9. wah asli keren abis, suasanya indah banget, suatu saat pengen kesana :D

    ReplyDelete
  10. belum sempat ke sempu, tapi sudah pernah ke Balai Kambang.
    sempu jauh banget ._.

    ReplyDelete
  11. Jadi pengen ke Sempu. Banyak pulau2 indah di negara kita yang aku belum dijamah, bahkan belum tahu namanya.

    Ih, Mbak Nunu mosok sedekat itu belum ke sana? Ke sana, gih :D :P

    ReplyDelete
  12. indah ya mbk pemandangannya.. slama tinggal di jatim juga gk pernah liyat pulau ini biasanya keseringan ke kota sih aku.. hehe smoga kecapai ya mbk mimpinya :)

    ReplyDelete
  13. di daerah saya sempu itu desa mbk hehe.. tapi klo ngeliyat sempu yang ini gatal ekali rasanya kaki pengen menginjak kesana.. beautifull :D

    ReplyDelete
  14. ikut ngiri sambil peluk guling dan bantal heheheh

    ReplyDelete
  15. belum tentu yag di luar negeri itu lebih menarik lho. Semoga bisa umrah bersama suami :)

    ReplyDelete
  16. Waaa,... aku yo ngiler mbak liat tempat e, dulu cuma ke ngliyep, nggak tau kalo ada pantai sempu

    ReplyDelete
  17. sempu is wonderfull yaa....

    aku sendiri belum kesampean juga ke sempu...

    senangnya akhirnya bisa kesampean juga dikau ke pulau sempu nan tjantik :)

    good luck buat gelarannya

    ReplyDelete
  18. wah asik ni mb jln2nya
    lbih asik lgi klu mw mapir dblogku hehe :p

    http://maszhiday.blogspot.com/

    ReplyDelete
  19. wow .. cantik bgt ya mbak Sempu Island, jd pengen ke sana :)

    semoga menang ya GA nya :)

    ReplyDelete
  20. Indonesia memang negeri yang indah, untuk itu sangat disayangkan jika belum menyusurinya sudah melirik keluar negeri.

    ReplyDelete
  21. Sempu!!! saya lulusan kuliah malang dan mbah di malang, selalu belum kesampaian ke sempu. kalau ke sendang birunya, sudah pernah sama keluarga, mak. tapi sempu?? oke, dimasukkan ke dreamy vacation!

    ReplyDelete
  22. Bisa jadi alternatif kalau ke Malang ya.

    Semoga terwujud impiannya ya. Sama kok, aku juga jarang jalan2 sama suami keluar provinsi, tapi akhirnya kesampaian ke Yogya kemarin sambil ikut Blogger Nusantara. Itu setelah 10 th nikah, hehehe.

    ReplyDelete
  23. udah dua kali rencana aku kesini gagal terus mbak, kapan2 barengan yuk. naknya sih setelah musim hujan selesai..yuk..yuk.. ;)
    terima kasih sudah ikutan GA #dreamyvacation ya :)

    ReplyDelete
  24. ini saya juga lagi ada rencana mau liburan ke kebun binatang gembira loka. moga-moga terlaksana, dan moga-moga impiannya mbak nunu juga cepet terwujud
    amiinn...

    ReplyDelete
  25. ya ampuuun mba..itu Sempu cantik bangeeet yah...surga tersembunyi sepertinyaaa....memang, saya pun ingin menjejakkan kaki di setiap pelosok Indonesia...itu cita-cita saya mbaa..makasih sudah ikutan GAku #MyDreamyVacation yaaa

    ReplyDelete
  26. Mudah-mudahan mimpinya segera terlaksana. Eh tapi aku juga belum pernah ke Sempu lho. Dan Sempu juga masuk dalam tujuan impianku :)

    ReplyDelete
  27. Terima kasih buat informasinya,,,

    Bisa buat referensi nih

    Sukses selalu

    ReplyDelete
  28. Thank's sudah share artikel ini..

    Semoga bermanfaat

    ReplyDelete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog