Monday, March 03, 2014

BerMahendi Ria di Mall Ramayana Sidoarjo

Karya Hand Artis: Mahendi
Budaya mahendi diperkenalkan di Indonesia melalui film-film bolywood. Mahendi yang merupakan bentuk hand art atau seni melukis tangan ini menjadi bagian tradisi perempuan India, selain pemakain kain sarinya.
Dulu saking inginnya seperti artis india, aku sampai beli baju lebaran kayak baju india. Celana panjang plus baju panjang. Kalau india dalemannya ketat seatas pusar. Tapi karena baju muslim dalemannya ya gamis. Aku yang waktu itu masih SMP memperkenalkan kepada semua temanku kalau yang kupakai adalah baju india. Bangga sekali punya baju tersebut.

Sayangnya, outfitku kala itu tidak disempurnakan dengan mahendi atau henna di tangan. Namanya juga tinggal di kampung. Mahendi yang hanya aku kenal melalui televisi ini hanya bisa terealisasi menggunakan bolpoin. Sehingga enggak bisa nempel di tangan yang ada malah nempel di baju. Tinta bolpoin yang meskipun kering masih bisa membuat noda. Hahaha.

Beralih ke surabaya. Henna, sari, mahendi dan india sudah terlupakan. Tetapi itu semua kembali ketika menjelang pernikahan. Pengen banget pas pernikahanku mengenakan mahendi meskipun gaunnya bukan Indian Wedding Dress. Karena pernikahan yang minimalis semua tak terealisasikan.

Baru benar-benar merasakan menggunakan henna atau mahendi tiga tahub belakangan. Saat ramadhan, di masjid agung surabaya selalu ada bazar ramadhan. Salah satunya aku menemukan stand jasa pembuatan henna. Saking hecticnya, aku langsung minta tanganku dilukis. Happy sekaligus takjub dengan mahendi artisnya. Begitu cekatan melukis tanpa nyontoh gambar dan takut salah. Baru sadar ketika selesai aku belum tahu harganya. Mahal enggak ya? Eh standart hanya 25.000 untuo satu tangan.

Karena waktu itu masih awal ramadhan hennaku sudah hilang menjelang hari raya. Pengen pakai henna lagi untuk hari raya. Tetapi diluar informasi bazar sudah tutup tiga hari menjelang hari raya. Gagal deh :( Ramadhan berikutnya pun begitu. Tetapi aku memilih pakai hennanya pas diakhir-akhir ramadhan supaya enggak bolak balik.

Sebenarnya selain ramadhan bisa sih. Hanya saja tempat workshopnya jauh di ampel, surabaya utara. Males sama jauhnya. Etapi kemarin pas aku ngemol di Sidoarjo nemu workshopnya. Tumben-tumbenan, biasanya aku ngemol ke surabaya. Emang jauh, tetapi ngemol dengan teman itu lebih seru sekalipun cuma window shoping. Kalau ngemol di sidoarjo enggak ada temannya, jadi males aja kalau enggak shoping beneran. Kemarinpun emang ada niatnya, beli kaos dan servis jam.

Baru sadar ketika mahendi artisnya baru ngebuka workshop. Saat sampai di tempat service memang masih banyak stand yang belum buka. Langsung deh sekalian nunggu service jam aku minta dimahendiin. Bagi yang sering ke Mall Ramayana Sidoarjo pasti sudah hapal tempat service jam. Yap ada di lantai paling atas atau lantai 3 tempat segala macam barang elektronik termasuk servicenya. Nah di depan karaoke Lyrics punyanya artis Lyra Virna itulah tempatnya. Rupanya sudah dua tahun buka di sana dan aku baru tahu sekarang. Hihihi

Enak deh, enggak perlu jauh-jauh pakai Mahendi ke Surabaya kalau di Sidoarjo ada. Pun enak. Kalau dulu di mahendiin sama artis ampel, rada lumayan lama nunggu keringnya. Sampai di rumahpun belum tentu kering. Padahal pas bazar Ramadhan crowdednya minta ampun deh. Kalau di Sidoarjo lebih praktis, mereka berani modal hairdryer untuk mengeringkan. Iya hairdryer rambut itu. Ya panas-panas gitu tapi enak gatel-gatel ilang.

Tapi kalau masalah artistic, yang di Sidoarjo belum seberapa rapi. Ketebalan garisnya enggak disesuaikan. Semua disamaratakan. Untuk bagian detail tertentu misal bagian putih dan garis-garis tengah harusnya dibuat lebih tipis. Bahkan aku masih ingat ketika bazar ramadhan aku jalan sambil kupasin bagian ini, karena tipis sehingga cepet kering. But, mendinglah. Ukurannya lebih murah, mulai dari 10.000. Bisa disesuaikan dengan budget kita. Tergantung banyak dan kerumitan gambarnya.

Bagi yang tinggal di Sidoarjo, silakan di coba bermahendi ria di mall ramayana :D
proses pembuatan mahendi

4 comments:

  1. aku jarang banget ke ramayana Mall :D
    nanti coba ah ke sanaaaaa..

    ReplyDelete
  2. Dulu sering kesitu mbk..mkn2 dialun2...tp emg srg lnjt ke sby sih hehe

    ReplyDelete
  3. Wah keren, jadi yang sering dipake di film2 india itu namanya mahendi ya, baru tau saya :)
    Btw cowok ada gak ya yang pake mahendi ini? :D

    ReplyDelete
  4. ooo itu namanya mahendi to... serius baru tau saya **kemana aja

    ReplyDelete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog