Thursday, September 13, 2012

Antara Captcha dan Modernisasi

Komentar BerChaptcha bikin Saya Kesel
Kekesalan saya ini terjawab pada postingan pakDhe yang ini Beberapa Kesalahan Desain Web Yang Harus Dihindari. Ternyata bukan hanya saya yang mengalami ini, karena didalamnya pakDhe juga mengulas tentang penggunaan chaptcha yang lebih banyak dipakai pada kotak komentar oleh teman-teman blogger. 

Pada point 3 PakDhe menulis,
Jika menggunakan captcha sebaiknya memilih huruf atau angka yang mudah dibaca atau jenis lain yang tidak sukar. Terus terang saya sendiri merasa jengah, mangkel jika harus berkali-kali mengulangi menyalin captcha. Sangat difahami beberapa sahabat menggunakan filter ini untuk mencegah masuknya komentar berbau spam. Namun demikian pemilihan captcha hendaknya dilakukan secara bijak. Bagi pengguna domain berbayar sesungguhnya banyak plugin captcha yang bisa kita pilih. (sehati deh sama pakDhe, kikikiki)

Huruf yang saya tebali itu termasuk masalah yang sering saya hadapi akhir-akhir ini. Saya sering uring-uringan gara-gara sering gagal memasukkan huruf yang telah di tunjukkan chaptcha. Hingga berkali-kali dan membuat saya kesal dan meninggalkan blog itu tanpa komentar apapun karena saking kesalnya. Apalagi jika saya saat itu lagi mood untuk koment panjang, kesalahan galat bisa menimbulkan komentar saya ilang. Sebenarnya pengalaman koment saya ilang itu bukan karena chaptcha sih, tapi ketika saya koment di blog Wordpress temen-temen yang meminta log-in, salah satunya blog-nya kak Akin. Sehingga saya yang bukan anak Wordpress sedang tidak log-in halaman yang sedang saya komentarin panjang itu harus beralih ke laman log-in-nya. Wuih keselnya minta ampun, mau tidak mau sekarang saya juga harus mengaktifkan blog  Wordpress saya yang sudah vakum 3 tahun ini supaya bisa tetap terhubung dengan yang lainnya. Heheheh maaph ya kak Akin:D
 
Back to topic

Sebenarnya apa sih chaptcha itu? Dan apa perlunya? Inilah hasil googling saya :

Istilah CAPTCHA adalah singkatan dari Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart (Tes Turing Publik yang Sepenuhnya Otomatis untuk membedakan Komputer dengan Manusia). Istilah ini pertama kali digunakan pada tahun 2000 oleh Luis von Ahn, Manuel Blum, Nicholas Hopper dan John Langford dari Carnegie Mellon University.

CAPTCHA adalah program yang melindungi situs web dari para spammer dengan cara membuat dan menilai tes yang hanya dapat diselesaikan oleh manusia sementara program komputer yang ada saat ini belum bisa melakukannya. Sebagai contoh, manusia dapat membaca teks yang terdistorsi, tetapi program komputer yang ada saat ini, belum bisa.

Agar gambar ini kebal terhadap program OCR (Optical Character Recognition), huruf dan angka dibuat melengkung dan dimampatkan.

Jadi, sebenarnya Chaptcha itu digunakan untuk membedakan antara manusia dan komputer, trus apa manfaatnya untuk penggunaan teman-teman blogger? Menurut mereka dan analisa saya yang dulu juga pernah memakai Chaptcha, untuk menghindari spamer. Spamer disini tentu saja bukan komputer, lebih kepada pengomen-pengomen yang memanfaatkan blogwalking sebagai alat promosi. Atau untuk memfilter komentar-komentar negatif. Akan tetapi setelah chaptcha berhasil, kenapa komentarnya kok tetap bisa muncul otomatis? Dimana efek filterisasinya? Enggak nyambung banget kalau menurut saya penggunaan chaptcha dengan tujuannya ini. Kalau memang filterisasi dengan komputer, apa iya ada komputer yang bisa koment sendiri? Atau robot? Wah.. kalau itu terjadi di blog saya, malah bangga tentunya jika blog saya dikunjungi robot:D hihihihi

Padahal untuk filterisasi ada sendiri lho! Teman-teman bisa menggunakan fasilitas modernisasi, sehingga komentar tidak bisa muncul tanpa persetujuan pemilik web/blog. Ini yang disebut filterisasi seperti yang dipakai di blognya mbak Anaz, dan saya lebih setuju dengan teman-teman yang menggunakan filterisasi daripada penggunaan chaptcha yang memusingkan pengomennya :D Hehehehe


Ini hanya sekedar curhat saya jangan dimasukkan ke hati yaa, jika blog teman-teman masih menggunakan Chaptcha jangan khawatir saya tidak akan bosan meninggalkan komentar kok asal chaptchanya mudah diajak kompromi. Malah saya rugi jika berkunjug dan tidak meninggalkan komentar, kan itu termasuk linkback untuk calon pengunjung saya :D hehehhehe.

Makanya saya setuju banget dengan Postingan PakDhe kalau kita juga kudu bijak dalam penggunaan Chaptcha ini


29 comments:

  1. setuju dengan postingan ini...captcha sebenarnya bukan untuk meng-filter spam dan sejenisnya...captcha hanya berfungsi untuk menghambat bagi komentar yang datang bukan dari manusia, tetapi komentar yang sifatnya autorobot-text, jadi saya cenderung memilih untuk tidak menggunakan captcha..karena menyulitkan yang mau komentar...tamu blog kita baru mau buka mulut untuk komentar sudah dihadang dengan captcha..buyar dech konsentrasinya...malahan tamunya bisa ngeloyor pergi tanpa meninggalkan jejak apapun :)

    ReplyDelete
  2. jangankan yang bukan wp, saya yang mau reply komen aja harus log in dulu, Mbak :D
    Kebijakan wp beberapa waktu yang lalu, ternyata masih menyisakan ketidaknyamanan bagi pengguna non wp ya. Syukurlah Mbak Nunu pernah punya akun di wp, jadinya bisa berkunjung ke blog2 wp dengan nyaman :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak jadi kepikiran pengen hidupkan blognya juga:)

      Delete
  3. Waaaaa mbak belum pernah diserbu komen ampe beratus-ratus dari spammer itu ya :P
    Kalo iya tak sukurin wkwkwk!

    ReplyDelete
  4. sama saya juga kesal kalai ada yang namanya moderasi segala

    ReplyDelete
    Replies
    1. modernisasi lebih diperlukan untuk menghindari spam :D

      Delete
  5. hai mba nunu..
    menarik sekali membahas captcha menurut saya kenyamanan dan kemudahan pengunjung dalam berkomentar merupakan prioritas nomor satu makanya saya menggunakan plugin anti spam yang mudah dan tidak modernisasi komentar karena blog saya adem ayem bukan blog yang memuat konten krusial hehe
    wah.. mba nunu penulis terkenal juga ya sudah menerbitkan buku sukses selalu ya mba.. salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai juga papap arfa,, :D
      amiiinn.. saya didoakan akan jadi penulis terkenal :D

      Delete
  6. 1. Captcha memang berguna untuk mencegah komentar dari spammer. Harap diingat komentar berbau spam bukan hanya dilakukan oleh tangan manusia tetapi juga oleh robot yang dirancang untuk menebar spam,utamanya yang menawarkan produk/jasa.

    2. Blog saya juga ada yang panen spam karena memang saya pasang captcha, tetapi captcha yang ringan yaitu dalam bentuk hitungan seperti 9-..=7. Komentator tinggal ngisi angka 2 saja. Juga ada yang hanya mencentang kotak, mirip yang dipakai oleh Pak Marsudiyanto.

    3. Saya sering mengcopy komentar yang saya tulis sebelum meng-klik tombol publish/post comment. Hal ini untuk menjaga jika saya salah copy kode captchanya.

    4. Captcha model jembret sering membuat saya melet-melet ha ha ha ha.

    5. BlogCamp dan jajarannya tak memakai kode captcha, biarlah tangan saya capai menghapus komentar spam asalkan hati teman-teman senang.

    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  7. awal dlu niar juga ada capcay nya gitu bu nunu , tapi setelah ke di beri saran sama pakdhe dan temen2 lainnya akhirnya di tiadakan capcay nya :D #sengaja sebut capcay.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aku dulu juga pasang niar, setelah blogwalking ke blog-blog yang pakai capcay aku kesel sendiri akhirnya di blogku nggak aku pasang lagi biar pengunjung juga nggak kesel kayak aku :D

      Delete
  8. Captcha-nya jangan susah-susah...
    Mata udah disambung pakai kacamata...
    Kalau terlalu rapet susah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya kalao blogspot nggak bisa milih say :D

      Delete
  9. jujur, saya jengkel juga sih kala mau komentar tapi salah lagi salah lagi nulis si cacanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sering salaah ntar nggak lulus lho kang achoey D hihihihi

      Delete
  10. Ehem2. .
    yang jelas untuk idah, capcay itu membuat orang yang berkomentar jadi puyeng, puyeng memikirkan "ini huruf apa? ini angka berapa?". hihihi

    Tapi kalau capcay yang masih standard dibca tidak masalh mungkin ya, Mba. Biar yang bukan manusia ketangkap. :D

    Diblog saya tak ada capcaynya lho, Mba.
    Mari berkunjung dan berkomen. :D

    ReplyDelete
  11. yea,,, intinya sih kalo si robot bisa baca captcha trus lolos kan akirnya bisa nongol juga komen dia... mungkin lain kali si robot tambah pinter... hehehehe

    salam kenal! ^_^

    ReplyDelete
  12. captcha sekarang makin rapet2 & makin susah buat di baca ya..

    ReplyDelete
  13. Saya juga sering dibuat mangkel, kesal, bin jengkel jika mengisi komen harus mengisi capcai (captcha) dengan benar. Malah bisa sampei 3 kali baru bisa "lolos" karena sering salah menuliskan kode verifikasi capcai tersebut.

    Maksudnya mungkin baik untuk mencegah spam, tapi dampak tidak baiknya juga banyak. Salah satunya bisa membuat pengunjung malas datang lagi karena ketemu sama capcai terus.

    Tapi ini pilihan dan wilayah otorisasi admin juga sih. Sebagai pengunjung kan ibarat "tamu" jadi jika saya mampir ke blog orang dan ada capcainya ya saya harus ikuti peraturan "tuan rumah". Gitu aja sih. Salam dari Pontianak

    ReplyDelete
  14. dulu saya tidak paham mengenai chaptcha ini dan ternyata dapa pula di blog saya, namun ketika seorang sahabat mengeluh saat berkomentar di blog saya, akhirnya saya mencari lewat google dan ketemu caranya agar chaptcha tidak muncul lagi demi kenyamanan pengunjung yang berkomentar.

    ReplyDelete
  15. Saya malah baru tahu kalau captcha itu dibuat atau dipilih sama pemilik blog, mba... hehehe.. *blogger gaptek*..

    Lalu, kalau melihat judul, apa hubungannya dengan modernisasi ya, mba? Apa maksudnya moderasi?

    ReplyDelete
  16. tenang aja klo mampir ke tempat aku n komen langsung kok gak pake captcha,hehe..
    aku jg gak suka pake chapta,,karena bikin pengunjung aku repot..

    ReplyDelete
  17. setahu saya memang chaptca berfungsi untuk mengurangi spam, tetapi ada funsi lainnya yaitu bisa meningkatkan jumlah time visiting, tapi terkadang sangat menyebalkan kalau ternyata salah dalam memasukan kodenya

    ReplyDelete
  18. leovincin.blogspot.com kunjungi ya senpai buat nambah2 hiburan

    ReplyDelete
  19. kalau blog sy free capcha atau modernisasi, tamu bebas masuk, buka 24 jam, jd tak perlu pintu segala, kunjungan rutin

    ReplyDelete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog