Sunday, June 08, 2014

Merasakan Ledakan Oseng-oseng Mercon Jogja

Selain menekan biaya traveling, kami memang memiliki kebiasaan makan hanya dua kali setiap hari, jika pun tiga kali sangat jarang dan bonus makan saja. Seperti ketika kami traveling ke Jogja, paginya kami sudah sarapan dari hotel, siang cukup dengan roti dan malamnya kami blank, entah mau makan apa.

Ketika menyewa becak, kami cukup memberi kode, mau makan malam. Otomatis tukang becak yang sudah sering mengantar pelancong pasti tahu tempat-tempat makanan mana saja yang enak. Beliau merekomendasikan beberapa tempat makanan, diantara gudeng dan oseng-oseng mercon. Karena gudeg terlalu biasa, kami memilih menu oseng-oseng mercon ini.

Dari namanya sudah terbayang bagaimana rasa makanan ini. Seperti ledakan dan panasnya mercon, pasti makanan ini tak jauh dari hal tersebut. Kami berdua yang notabene enggak suka makan pedas, nekat mencicip tergiur namanya. Pasti lah ya, kalau dengar yang pedas-pedas liur ini sudah ngences duluan. Padahal sudah pengalaman sebelumnya, ketika aku makan Mie Akhirat di Surabaya bersama my besties Annisa, aku koleps sebelum mienya habis. Apa mau dikata, jarang-jarang kami kemari, kenapa enggak sekalian nyoba?

Sebelumnya, terbayang warungnya akan seperti kedai atau warung makan. Mendengar dari namanya yang kondang seperti apa yang dikatakan tukang becak kepada kami. Tetapi, tak terpikirkan olehku untuk bertanya tentang hal tersebut atau berapa harganya. Paling enggak ngabisin duit Rp.100.000, hitungku kasaran uang segitu masih dalam budget nomal. Ternyata, konsepnya sederhana banget, seperti warung emperan, atau pedagang kaki lima biasa, sehingga harganya juga bersahabat. Pantesan nama Oseng-oseng Mercon begitu kondang di kalangan pecinta kuliner yang sedang melancong ke Yogyakarta. Ketika kami kemari, warungnya rame bahkan sempat tidak kebagian meja lesehan.

Seperti halnya warung lesehan lain, Lesehan Bu Ria yang terletak di jalan KH. A. Dahlan juga menjual berbagai menu makanan diantaranya, Ayam, Puyuh, Telur puyuh, Tahu, Tempe, Welut, Lele, Lele Mangut dalam berbagai olahan. Sementara Oseng-oseng mercon ini menjadi menu andalannya alias menu utama yang laris. Kami pun mencoba, dua porsi menu berbeda, satu porsi oseng-oseng mercon dan satu porsi ayam rica-rica, lengkap dengan nasi masing-masing. Pesan menu makanan berbeda seperti ini sudah menjadi kebiasaan kami. Alasannya sederhana, supaya bisa saling cicip, hihihi penghematan juga kan daripada pesen banyak-banyak. Tak lupa dua gelas Es Teh manis plus 1 gelas jeruk hangat.

Pasti ada yang bertanya, hanya berdua kok minumnya 3 gelas? Hihihi ini juga bagian dari kebiasaan kami, lebih tepatnya kebiasaanku yang selalu dehidrasi akut. Meski makan pedas atau enggak selalu ngabisin minum. Hehehe

Makanan di warung ini tersaji hangat, sehingga untuk dapat menyantapnya kami harus bersabar, karena harus dimasak atau diangetin terlebih dahulu. Pelayanannya juga enak, tak perlu menunggu lama, menu pesanan kami datang dengan kondisi masih beruap.

Ternyata yang namanya Oseng-oseng mercon itu bukan masakan mercon beneran yang bisa meledak. Sama seperti masakan oseng-oseng biasanya, yaitu daging yang dibumbui dengan rempah-rempah yang dioseng di wajan. Bedanya ini pedeeeeees banget. Makanya dinamai oseng-oseng mercon saking pedasnya.

Bagaimana rasanya? Sepertinya lidahku tak dapat merasakan rasa makanan pastinya, yang ada seluruh mulutku seperti terbakar. Dan jika terbuka sedikit saja, bisa mengeluarkan api seperti naga. Beuh, pedesnya minta ampun dah. Ini baru menu ayam rica-ricaku, yang kupikir itu biasa (baca: enggak pedas) ternyata pedas juga.

Jika mencicip punya suami, si menu andalan Oseng-oseng Mercon, enggak pedes sih -awalnya, beberapa detik baru terasa bakarannya lebih panas dari ayam rica-rica. Benar-benar meledak yang dihiperbolakan seperti ledakan mercon.

Bukan cuma kami yang terbakar ledakan Oseng-oseng Mercon ini, remaja di meja sebelah sampai riuh, dari yang aku tangkep menjadikan makanan ini sebagai bahan taruhan untuk tidak minum. Entah ada hadiah apa tidak, tapi sepertinya mereka seru saja.

Dan, makan malam itupun aku juga kalah telak dengan suami. Meski kutahu suami juga enggak suka pedas, nyatanya suamiku mampu menghabiskan Oseng-oseng Merconnya. Sementara ayam rica-ricaku sisa setengah lebih, cuma kumakan nasinya doang, itupun hanya yang belum tersentuh bumbu. Tetapi aku juara, juara dalam menghabiskan minuman, segelas Es Teh manis dan segelas Jeruk hangat.

Oseng mercon, menu untuk suami

Ayam rica-rica pesananku

35 comments:

  1. Jadi makin kepo Mbaaaaak, sama oseng-oseng mercon ini.. Hahah.. :D Keknya ngga ada lah di Medan. Tapi kalo yang pedes-pedes biasanya orang Medan sukak sih :p

    ReplyDelete
  2. Lah namanya mengerikan sekali dulu pernah nyobain tu di jogja.

    ReplyDelete
  3. Makanan itu di Riau belum ada keknya.

    Tapi keliatannya enak sih itu makanan :D, saya juga pernah ngerasa kepedesan. Waktu makan nasi goreng mafia :D

    ReplyDelete
  4. Mantabs tuh kalau bisa menyemburkan api setelah makan oseng-oseng
    he.. he.. he..

    salam dari pamekasan madura

    ReplyDelete
  5. pagi2 dibuat ngiler ama mbak nunu rek :)

    ReplyDelete
  6. belum pernha nyobain...jadi kepengin nih..

    ReplyDelete
  7. bacanya aja bikin ngences, mbakyu..
    salam kenal..

    ReplyDelete
  8. Ahh pengennn... mbak oseng-oseng mercon itu isinya apa ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama seperti masakan oseng-oseng biasanya say, isinya daging dibumbui rempah dan dioseng

      Delete
    2. Oseng2 mercon is kikil, Mba. :)

      Delete
  9. Mupeeeeeng... dari dulu pengen banget makan oseng-oseng mercon jogja tp blm kesampaian mba, sampe-sampe aq buat oseng-oseng mercon sndiri di rumah :D

    ReplyDelete
  10. duh saya ga berani makannya kayaknya,
    pedasnya pedas rawit pastinya sampai lidah berasa kebakar gitu,
    *kalau saya telingan langsung mendenging, ini yang bikin ga nyaman.

    ReplyDelete
  11. Waahhh
    kayanya aku pernah makan disini Mbak..
    deket rs pku muhammadiyah kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak sri, daku nggak hafal, setelah googling katanya iya mbak. Hehehe, dari nama jalan Ahmad Dahlan, tempat Oseng-oseng mercon ini kayaknya emang iya

      Delete
  12. Belum pernah coba nih...kapan2 ah ngemercon di Jogja...

    ReplyDelete
  13. nanti kalau ke jogja mau nyobain oseng mercon sama ayam rica-rica ah~

    ReplyDelete
  14. Hahahahaha...dooor...dooor...serasa meledak di mulut ya Nu....:D

    ReplyDelete
  15. Sluurptttt..bikin penasaran dan pgn nyoba..duh cari dmn ya di sini ^^

    ReplyDelete
  16. Namanya saja sudah seram, Mbak, oseng-oseng mercon. Tak bisa membayangkan pedasnya seperti apa..Yang tidak suka pedas seperti saya pasti sudah nyerah duluan :)

    ReplyDelete
  17. saya penasaran bgt sama oseng2 mercon ini. Tapi, Jogja jauh dr rumah saya. apa cobain bikin sendiri aja kali, ya :)

    ReplyDelete
  18. Hihihi. Nekat banget, Mba. Pedasnya terobati dg es dua gelas kan, ya. :D

    ReplyDelete
  19. Wuii... ngiler nih, pengen nyoba juga :)

    ReplyDelete
  20. Ck ck ck ... jadi penasaran dengan tingkat kepedasan rasanya mbak Nunu eh mbak El *duh namamu banyak bnget, baru nyadar EL itu dirimu toh qiqiqi)\*

    ReplyDelete
  21. hehe pedas gila tu ya oseng mercon, dari namanya aja udah serem ehe..

    ReplyDelete
  22. karena gak doyan pedes, ya gak makan mbak. Lihat temen aja yang pada kepedesan...

    ReplyDelete
  23. berarti oseng-oseng termasuk makanan pedas juga,.... cocok buat pria tuh,..

    ReplyDelete
  24. wah... jadi laper ni baca artikel ini...
    tapi oke juga ni memberi saya inspirasi kuliner hehehe, pas banget 2 minggu lagi ada tugas di jogja, perlu sikat ni makanan hehehe

    ReplyDelete
  25. serius, selama tinggal di Jogja belum pernah nyobain. jadi penasaraaannn....

    ReplyDelete
  26. mantap mbak, saya pernah nyoba oseng2 mercon mbak... bisa habis sih, tapi perut rasanya kayak kebakar :D

    ReplyDelete
  27. Walah mba Oseng Oseng sepanjang jalan itu memang banyak Tapi yang pertama bukan di tempat mba makan kalau yang itu baru.
    :)

    ReplyDelete
  28. Wah Mba kalau lesehan yang Mba maksud itu masih baru mba yang pertama and pelopor oseng oseng mercon ada di sebelahnya lagi samping Gang..

    ReplyDelete
  29. Wah Mba kalau lesehan yang Mba maksud itu masih baru mba yang pertama and pelopor oseng oseng mercon ada di sebelahnya lagi samping Gang..

    ReplyDelete
  30. wkt ke jogja kmarin, oseng2 mercon masuk list... tapi ga kesampaian nyoba :(

    ReplyDelete
  31. Mmpung bulan baik, mau ngucapin met mnjalankan ibadah puasa aj buat tmen di sini, mohon maaf lahir dan batin...

    ReplyDelete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog