Tuesday, June 24, 2014

Cara Mudah Follow Blog Dari Dashboard

Kemarin ada yang nanya, Mbak bagaimana caranya follow blog? Bagi teman-teman yang sudah mahfum dengan bahasan kali ini, abaikan ya :D. Jarang-jarang post soal tutorial blog soalnya. Aku tergelitik ngepost karena belakangan ini aku lebih suka follow blog daripada memasang linknya di blog. Alasannya simple, membuka dashboard blog lebih ringan daripada membuka blog, dan follow blog dari dashboard ini bisa untuk follow blog platform apapun, wordpress, tumbler, dsb. Coba kalau manual, enggak bisa kan? Meskipun pakai blogspot kalau si empu blog tidak memunculkan followers di blog enggak bisa follow. Sangat membantuku lebih bisa mengenal dan jalin ikatan dengan teman-teman selain blogspot. Rasanya lebih privat saja, aku bisa mengetahui secara langsung updatean blog teman-teman dari dalam rumahku.

Dalam sebulan terakhir enggak bisa dihitung sudah berapa banyak blog aku follow, biasanya mikir-mikir ya kalau mau follow blog. Terkadang egois muncul, buat apa follow blog, sementara orangnya acuh buat follow blogku balik. Tetapi semua itu kutepis, follow blog bukan perkara folback enggak folback. Rasanya terlalu dangkal untuk berpikir demikian, karena pada dasarnya follow blog agar kita lebih mudah memantau updatean baca. Biasanya terpengaruh karena rasa ikatan jalinan pertemanan dan emang blognya bagus updatean-updateannya selalu ditunggu. Dia follow blogku atau enggak, jika aku ingin follow, ya aku follow. Apalagi jika aku dan mereka saling kunjungan balik, rugilah jika aku kehilangan salah satu pengunjung setia blog ini. Hallah.

Pada dasarnya dulu aku malas follow blog karena blog teman yang akan difollow terkadang berat untuk dibuka. Jangankan memfollow, tombol klik untuk follow saja enggak keluar. Tetapi sekarang rajin follow blog karena sudah tahu cara mudahnya yaitu melaui dashboard, dan untuk kunjungan balik bisa langsung mengarah ke postingan baru. Rasanya berat jika membuka blog teman-teman untuk kunjungan balik ke blog mereka yang sudah berkunjung ke blog ini dari link atau profil blog mereka. Butuh beberapa kali klik kan? Nah makanya aku memilih follow blog mereka supaya ketika klik langsung tertuju pada postingan terbaru. Enak, hemat bandwith, hehehehe.

Sok, atuh kita jalin pertemanan lewat follow blog ya dengan cara mudah berikut ini, khusus bagi pengguna blogspot ya:
  1. Buka dashboard atau www.blogger.com, jika belum login, login dulu ya.
  2. Kemudian scrooll ke bawah menuju daftar bacaan blog, klik "tambahkan"
  3. Isikan url blog yang ingin di follow, mau itu blogpsot, wordpress, tumbler, dan sebagainya
  4. Kemudian klik ikuti,
  5. Tunggu sejenak, jika sudah muncul updatean blog, berarti sudah berhasil. Jika belum, ulangi sekali lagi.
Letak tombol Tambahkan

Masukkan url blog yang di follow pada pop up

23 comments:

  1. Btw, aku ngikutin blog beberapa aja, Mbak. Hihihi :P

    ReplyDelete
  2. Saya juga follow blog teman-teman dari dasboard, Mbak. Seperti blog Mbak Nunu ini yang saya follow dari sana, jadi kalau buka jadi tahu blog teman-teman yang baru update :)

    ReplyDelete
  3. Dulu saya sering pakai itu. Tapi apa pun caranya, selama jaringan internetnya lemot--seperti di Yaman--tetap saja susah.

    ReplyDelete
  4. cara ini lebih mudah ya mbak, dibandingkan follow langsung dari blognya...

    ReplyDelete
  5. hi mba salam kenal! aku pengen nanya dong kenapa di dasbor saya postingan baru blog yang saya ikutin ga bisa keluar ya? saya jadi susah liat postingan baru teman saya di dasbor :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi juga mbak. Sama kok dengan punyaki. Sepertinya google benar2 akan mentransisi akun blogger ke g plus. Makanya dihapus. Blogger diminta mengganti dengan g plus karena nantinya semua postingan yang di follow akan muncul di beranda g plus

      Delete
  6. sama kyk lidya, saya bikin blog list biasanya :)

    ReplyDelete
  7. Saya juga follow banyak blog mbak, walo saya jarang online, hehehe :D

    ReplyDelete
  8. aku juga follow dari dashboard...artikel ini membuat saya lebih memahami cara follow dari dashboard.....
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  9. ngomong2 blognya sudah saya follow nih heheheh folback dong,hehehe

    ReplyDelete
  10. sama mbak, saya nge-pollow bukan karena pengen di polbek melainkan,
    blog yang saya pollow bermanfaat secara pribadi.

    ReplyDelete
  11. Siippp ,,,sekali ngeblog tetap ngeblog .. :P

    ReplyDelete
  12. wah ternyata mudah banget ya Nunu kalau Follow lewat dashboard... Wah nambah Ilmu lagi nih. makasih ya :-)

    ReplyDelete
  13. cara membuat widget tombol follow blog gimana mbak?

    ReplyDelete
  14. Terima Kasih Mbak Nunu, saya baru ngeh.. hehe...

    Salam Kenal

    ReplyDelete
  15. makasih banget infonya gan.. sangat berguna sekali jangan lupa kunjungi juga ya.?

    ReplyDelete
  16. Okay Mb..nice info..aku follow skrg yaa..:)

    ReplyDelete
  17. Makasih tipsnya mbak Nunu... Langsung dipraktekin ah! :)

    ReplyDelete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog