Monday, September 15, 2014

Terima Valas Dari Luar Negeri

Kalau enggak karena blogger mana mungkin yak bisa terima valas, hehehe. Apa sih valas itu, gampangnya transaksi mata uang suatu negara terhadap mata uang lainnya. Lho gimana ceritanya aku nerima valas.
sumber: klik gambar
Maklum nasib blogger nggak punya paypal ya kayak gini. Kalau terima job dari luar negeri yang ditanyain selalu punya paypall apa enggak. Boro-boro paypall, kartu kredit saja enggak punya. Biasanya sih ngandelin paypall temen, pinjem buat lewatnya uang. Tetapi sebelum pinjem aku selalu nego sama pihak vendor untuk pakai transfer valas saja. Emang lama, nggak kayak paypall bisa hitungan jam sampai. Pakai valas biasanya nunggu sampai dua minggu.

Waktu itu pernah nerima job dari Jerman, tentu dong dapat kirimannya uang Euro. Tetapi jangan ditanya berapa uang Euronya, aku enggak tahu berapa nominalnya. Pokoknya sama pihak vendor deal honor jobnya sekitar 400.000 an, lumayanlah buat jajan. Karena aku tahunya dalam bentuk nominal rupiah. Pihak vendol cuma tanya kode SWIFT bank yang aku pakai. Aku juga baru tahu pertama kali waktu itu tentang kode SWIFT, ternyata selain kode transfer atm bersama, ada kode bank yang dinamakan kode SWIFT. Kodenya rangkaian huruf bukan angka. Misal kalau kode SWIFTnya BCA itu "CENAIDJA". Dengan kode Swift tersebut tansfer valas yang aku terima nominalnya otomatis jadi Rupiah.

Seneng banget waktu nerimanya hihi. Enggak berkurang dari nilai nominal yang sudah disepakati, tetap 400.000 bahkan lebih 17.000. Berbeda ketika pakai paypall kalau ditarik uang dari paypall nominalnya justru malah turun. Hehehehe. Jadi tahu ternyata menerima transfer Valas dari luar negeri itu mudah.

11 comments:

  1. Paypall itu apa, ya, Mbak? *maklum, narablog amatir*

    ReplyDelete
  2. Saya malah gak ngerti soal Paypal .. Wah mantab nih mbak yang satu ini dapet job dari Jerman.. Saya sih belum pernah dapet job dari Negara lain, dari negara sendiri aja belum hehehe. tapi kalau dapat kiriman dari Google Adsense, hampir tiap bulan, walau jumlahnya sedikit sekitar 200 - 300 dollar yang dikirim via Western Union... tapi katanya bisa di transfer ke Bank, dengan transfer kawat ya mbak?

    ReplyDelete
  3. Asik banget iiih, mak Nunu, jobnya dari Eropa segala, uhuuuyyy....
    bukanbocahbiasa.wordpress.com

    ReplyDelete
  4. Job apaan Mbak, boleh dnk ikutan, hehee

    ReplyDelete
  5. Eh, iya, ga mahal gitu transfer valas? Setahuku potongane gedhe je. Tetep ajib pake paypal. Kalo dirupiah diatas RP1.5jt kan ga kena potongan. Paling $2-an buat ongkos admin.
    Nah, kartu kreditnya minta bikinin sama yg pesen artikel aja mbak... he he he

    ReplyDelete
  6. heubat bgt mba..jobnya dari eropa ...

    ReplyDelete
  7. Bisa jadi referensi nih, kece. :)

    ReplyDelete
  8. Banyak istilahnya ya mbak....gak ngerti ...he...he

    ReplyDelete
  9. Wah mantap dapet job dari Jerman :)

    ReplyDelete
  10. Keren mbak, serius :) | jadi kudu sering-sering mampir ke sini nih, tapi kalau boleh tau, kerjaannya itu ngapain ya mbak? :D

    ReplyDelete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog