Wednesday, September 10, 2014

Tips Jalan-jalan Modal 100 Ribu

Ngomongin jalan-jalan, di benak kita pasti tersulut tanya modalnya berapa? Kerap saya sampai merengek kepada suami supaya mau diajak sedikit refreshing menghilangkan diri sejenak dari rutinitas harian. Hal ini juga untuk menghindari kebosanan pekerjaannya yang kerap membuatnya mengeluh pusing atau capek ketika ada masalah pekerjaan. Tetapi yang ada adalah terkendala biaya. Padahal kalau kita bisa cermat, modal jalan-jalan bisa disiasati dengan modal seminim mungkin. Ya memang jalan-jalan dengan modal minim tentu ada harga yang harus dibayar. Misal dengan jalan-jalan modal 100 Ribu seperti gagasan Blog Jalan-Jalan, gak bisa dong kita menentukan tujuannya ke luar negeri, apalagi berdua dengan suami. Tentu kita harus realistis, ya kan? Nah, sekarang mari kita simak yuk, sebenarnya jalan-jalan dengan modal 100 Ribu bisa kemana?

Jalan-jalan modal 100 Ribu paling juga ke Alun-alun

Jarak Terjauh
Eh kata siapa, memang jalan-jalan hanya dengan modal 100 Ribu kita terkendala transport, gak bisa menjangkau jarak jauh, apalagi kalau perginya berdua suami. Tetapi tidak perlu khawatir, dengan seratus ribu itu bisa kok kita bersenang-senang ria ke kota Malang. Kota dengan jarak 71 km dari Kota Sidoarjo ini merupakan kota wisata, sehingga kita bisa memiliki option tempat wisata lebih banyak. Misal mau ke Selecta, Sengkaling, Balai Kambang atau ke Jatim Park. Tapi di Malang ada yang lebih spectacular dan lagi booming, yaitu BNS (Batu Night Spectacular) yang adanya pas malam saja. Apalagi tiket masuknya murah-meriah, cukup dengan uang 50.000 atau setengah dari modal jalan-jalan bisa digunakan untuk masuk berdua suami. Ke sananya naik apa? Bisa naik motor dengan isi bensin 20.000. Nah cukup kan? Selebihnya bisa untuk akomodasi atau makan. Cukup kok meski 30.000 makan nasi bebek berdua, hehe.

Jarak Terdekat
Jangan disepelekan jalan-jalan meski hanya di seputaran kota tempat tinggal saja. Bila dibandingkan dengan jalan-jalan dengan jarak terjauh, jalan-jalan dengan jarak terdekat kita bisa memanjakan diri lebih banyak, makan apa saja bisa terlaksana. Misalnya dengan traveling wisata sejarah dan budaya kota Surabaya di House Of Sampoerna. Kesananya bisa dengan naik motor, itupun dengan sisa bensin yang tinggal separopun masih cukup untuk pulang pergi. Atau kalau mau isi bensin, isi 10.000 sudah cukup, karena keliling Surabayanya bukan dengan naik motor, kita bisa naik bis gratis yang disediakan oleh pihak House of Sampoena. Hmm… serulah, apalagi ada tour guidenya. Dia akan menjelaskan sejarah dari infrastruktur yang dilewati bis. Jangan khawatir kita gak akan disuruh bayar Tour Guide, itu merupakan fasilitas dari House of Sampoerna, sudah include dengan bisnya pihak House of Sampoerna yang akan bayarin. Modalnya jadi aman, bisa untuk memanjakan diri dan suami, makan-makan atau bisa nonton malah. Hehehe
Bis yang akan membawaku jalan-jalan keliling Surabaya
Nah percaya kan, kalau dengan uang 100 Ribu bisa jalan-jalan dan memanjakan diri. Nggak hanya di Surabaya atau Malang saja, kita bisa dengan 100 Ribu ke kota lainnya. Tergantung bagaimana kita mengaturnya, berani nggak jalan-jalan dengan modal 100 Ribu? Tetapi sebelum nekad melakukan perjalanan dengan modal 100 Ribu, simak tips berikut ini:
  1. Tentukan jenis travelling kamu
  2. Mau yang short travelling atau Long Travelling, ini untuk menentukan apakah kamu perlu bawa bekal banyak atau malah enggak bawa bekal.
  3. Kenali partner travelling kamu
  4. Sebelum melakukan traveling kamu harus mengenali partner kamu siapa? Misalnya suami kamu perokok atau doyan makan. Jangan sampai biaya membengkak karena suami ngajakin makan atau beli rokok di tempat travelling yang harga sudah pasti mahal. Jika kamu bisa mengenali siapa partner travelling kamu, semua itu bisa diatasi dengan melakukan persiapan dari rumah.
  5. Cari informasi diskon
  6. Cari informasi diskon tempat wisata atau transportasi. Siapa tahu bisa dapat harga termurah.
  7. Tentukan dan kenali destinasi travelling kamu
  8. Pentingnya menentukan dan mengenali tujuan wisata agar bisa menghemat biaya transportasi. Jangan sampai ketika kita sudah sampai di tempat tujuan ternyata tutup, bisa kacau traveling kamu. 
  9. Tentukan transportasi yang akan digunakan
  10. Mau bawa kendaraan sendiri apa naik transportasi umum? Jika memang mau naik transportasi umum kamu harus menguasai medan agar tidak tersasar dan ngabisin biaya.
  11. Bawa bekal dari rumah
  12. Bekal yang paling penting adalah air minum. Jika memungkinkan bawa minumal lebih. Bisa juga membawa makanan dan cemilan
  13. Siapkan fisik yang lebih kuat
  14. Travelling nekad dengan modal minim memang tidak disarankan bagi yang memiliki fisik lemah. Jika masih nekad maka harus dipersiapkan fisik yang lebih prima. Hal ini karena travelling dengan jenis nekad ini kamu memang harus banyak berkorban. Misalnya, ketika memilih naik angkutan umum, kamu akan lebih banyak jalan kaki untuk mengejar angkot atau untuk jarak dekat yang tidak ada angkutan umumnya.
Jika semua persiapan traveling sudah dijalani, dan tips sudah diikuti, artinya sudah siap untuk melakukan travelling nekad modal 100 Ribu.



24 comments:

  1. 100ribu kalo jauh,bawa bekal makanan sendiri juga bisa hahha..mbontot ceritane

    ReplyDelete
  2. 100 ribu buat ketempat wisata di Jawa Timur cukup, apalagi berdua. Asal ada motor dan bensin full :p

    ReplyDelete
  3. Modal motor dan njagain warung makan sekitaran pasar, pasti cukup lah untuk 100rb berlibur

    ReplyDelete
  4. Ternyata mau liburan kemanapun bisa ya mbak..walaupun dengan 100 ribu...

    ReplyDelete
  5. kalau modal bensin motor dan warung di sekitaran pasar, uang 100rb cukup kok buat jalan-jalan

    ReplyDelete
  6. Iya setuju sama mbak hanna, apalagi bawa kendaraan sendiri cuma bayar bensin whhahaha. Tapi gak bisa jarak jauh ya :)

    ReplyDelete
  7. 100 kn emg jumlah yg cukup tuk sekedar jalan-jalan ..... :)

    dijakarta pun bnyak tempt yg bisa dikunjungi dengan 100 rb ...jhehehe

    ReplyDelete
  8. Kalo jalan2nya ke luar negri, kira2 cukup ga mbak 100 rb? Hikhikhik...

    ReplyDelete
  9. 100 rb cukup buat yg deket2 aja nih..

    ReplyDelete
  10. aaargh kangen ke HoS ...
    Iyaaa... 100rb ke alun2 aja kayak saya #eh >.<

    ReplyDelete
  11. tantangan terbesar itu kalau bawa anak, nanti minta makan dll padahal sudah bawa bekal sendiri :)

    ReplyDelete
  12. Kalo saya sih biasanya kalo traveling pake motor, hehehe :D

    ReplyDelete
  13. Tipsnya oke banget, Mbak :D

    ReplyDelete
  14. Betul mbak Lidya. Anak2 kalau liat mainan pasti mau.brarti anak2 sebaiknya dari rumah sudah di "doktrin" dan dibuat kesepakatan tdk boleh minta apa apa, cukupkan diri dengan bekal dari rumah. Coba ah... TFS mbak nunu ;)

    ReplyDelete
  15. Tambah kemecer ke House sampoern. arena belum keturutan. :)

    ReplyDelete
  16. Kalau jalan2 ke HOS sama alun2 mah ngak sampek 100rb juga cukup yaa mbak, wikikiki :D

    ReplyDelete
  17. Mau donggg jalan2 cuma 100 ribu.... :D

    ReplyDelete
  18. kalau yang 100 ribu itu untuk tempat rekreasinya yang geratis, trus 100 ribunya buat jajan di tempat rekreasi sama buat beli bensin hihi...

    ReplyDelete
  19. keren tips jalan-jalan modal 100ribunya nih mbak :D jd pengen coba,hehe

    ReplyDelete
  20. duh 100 ribu kalau buat nonton berdua pasti langsung abis -,-" paling kalau di jakarta buat main ke monas 100 ribu baru sisa :D

    ReplyDelete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog