Wednesday, September 17, 2014

Quote: Jangan Mikir Tulisan Tapi Tulislah Pikiran

ilustrasi gambar: viva.co.id
Seringkali aku juga dihinggapi keraguan ketika menulis. Memang tidak mudah membiasakan menulis setiap hari. Sampai saat ini aku sendiri belum bisa nulis cepat. Untuk menghasilkan satu tulisan saja butuh waktu berjam-jam. Itu masih tulisan biasa yang tidak butuh research, apalagi tulisan yang butuh research?

Makanya aku kerap ketinggalan lomba-lomba baik blog maupun lomba tulis biasa. Salah satu masalahnya adalah aku terlalu memikirkan bagaimana tulisan tersebut. Bingung dimulai dari mana menulisnya atau membuat kalimat pembuka yang memukau itu bagaimana?

Dan aku rasa itu tidak dialami oleh aku saja. Kerap menampung curhat teman-teman; "Mbak aku ingin belajar ngeblog ada banyak yang ingin aku tulis, tapi bingung aku tidak bisa menulisnya."

Menulis bukan perkara bisa atau tidak bisa tetapi mau atau tidak menuliskannya? Terkadang yang membuat kita merasa tidak bisa adalah memikirkan bagaimana hasil tulisan kita. Padahal, dalam Islam Allah tidak selalu menilai hasil. Ada yang lebih bernilai yaitu proses itu sendiri.

Jika kita mau berproses, tentu akan bisa menuliskannya tanpa menilai hasil tulisan. Biarlah tulisan itu sendiri yang memberikan hasil akhir kepada kita.

Apalagi menulis di blog, jangan pernah ragu. "Jangan mikir tulisan tapi tulisalah pikiran."

Blog ibaratnya rumah dalam dunia maya. Semua isi di dalamnya tergantung kepada pemiliknya. Tak ada yang berhak menilai, apakah berantakan, rapi, tertata, teratur. Semua mengandung seni, seni dalam menulis.

Nah dari curhatan-curhatan tersebut aku menjawabnya dengan quote di atas. Untuk menambah pemahaman, aku share sembari membuat sebuah kuis bagi siapa saja yang mau mengartikannya.

Ternyata banyak sekali yang ikut dan antusias menjawab. Padahal aku batasi sampai jam 20.00 saja. Alhamdulillah itu tandanya semakin banyak yang memahami bahwa menulis itu mudah. Ya kan?

Salah satu nama plus jawaban pilihanku yang terpampang di bawah ini adalah pemenangnya. Berhak dapat satu buku dariku. Selamat ya.. Segera kirim email ke ununtriwidana@gmail.com dengan subjek (Pemenang Quote). Sekali lagi selamat dan tunggu kejutan-kejutan lagi berikutnya.
  • Nurina Susanti Kebanyakan orang terlalu lama berpikir tentang tulisannya, ada semacam kekhawatiran yang panjang hingga tulisan tersebut tak segera dilanjutkan, bahkan tak segera memulai. Entah itu takut tulisannya jelek, tidak selesai, tidak nyambung, atau takut cerita yang kurang menarik. Jadi, lebih baik segera tuliskan saja pikiran-pikiran kita, ide-ide kita itu. Jangan hanya mengendap di otak. Karena terlalu memendam perasaan, eh pikiran bisa menyebabkan kita lupa. Kan sayang banget kalau ternyata ide-ide kita yang bagus itu terbengkalai bahkan terlupakan. Ayo kita mulai “tulis pikiran” sekarang juga! #tiba2kuisDitungguSampaiNanti

15 comments:

  1. Saya juga masih sering mengalami seperti itu mbak, bahkan terkadang ketika ide buat nulis sudah ada pun saya masih suka bingung nulisnya mulai dari mana gitu hehehe

    ReplyDelete
  2. wah aku ketinggalan ya mbak

    ReplyDelete
  3. kalo nyak mikir jadinya gak nulis-nulis mbak,,,

    ReplyDelete
  4. Sering bnget ngalami sampai banyak draft numpuk tak selesai :)

    ReplyDelete
  5. Bener, Mbak.. Kalok aku sih langsung aja tulis apa yang ada dalam pikiran. Ngga peduli bakalan bagus atau jelek. Hahah.. :D *ngga pedulian*

    ReplyDelete
  6. Hal yang sering saya alami mbak..ketika mengerjakan pekerjaan domestik, suka muncul ide untuk menulis. Waktu pekerjaaan selesai, duduk di depan laptop..eh..ilang moodnya atau malah kepikiran idenya bagus atau tidak untuk ditulis...akhirnya gak nulis-nulis deh...

    ReplyDelete
  7. bener banget,kalo mikir mau nilus apa rasanya berhari2 nggak jadi tulisan...makannya saya kl ada ide nulis,pas lg g di depan lepi sll dicatat di hp^^

    ReplyDelete
  8. kalau saya malah asal nulis aja mbak. yang penting banyak tulisannya sampai 700 kata, setelah itu disunting - sunting akhirnya jadi dah tulisan walau akhirnya jumlahnya cuma 100 kata lumayan buat di posting di blog hehehe

    ReplyDelete
  9. kalau sudah keluar mood itu mudah...kadang malesnya muncul...naaah....

    ReplyDelete
  10. Ahihihihi saya juga nulis sesuai apa yang saya pikirkan mbak, heheehe

    ReplyDelete
  11. Jlebb banget deh... memang iya, semakin lepas tanpa beban, semakin lancar jari menari. :) Semangat terus dalam membagi ilmunya yaa...

    ReplyDelete
  12. Setuju mbak..

    Bisa jadi juga karena kebanyakan dari kita punya anggapan bahwa "blog is a news portal website". Jadi tulisan yang ada di dalamnya haruslah benar-benar benar. Padahal sebenarnya blog punya sesuatu yang nggak dimiliki website portal berita. Blog punya nilai personal. Jadi ya terserah si empunya blog mau diisi apa dan bagaimana. Tuliskan saja, jangan ragu. Kalau memang tulisan kita nggak salah, kenapa harus ragu

    ReplyDelete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog