Monday, August 18, 2014

Jilboobs, Fenomena Baru Dunia Hijabers

Ha? Jilboobs? Apaan sih?
Memang dari istilahnya aneh banget, Jilboobs kepanjangan dari Jilbab Boobs yang berarti Jilbab atau kerudung sementara Boobs bisa diartikan sebagai dungu atau dada perempuan yang menonjol. Dan bisa kuartikan sebagai perempuan dungu yang berjilbab namun masih menonjolkan beberapa bagian tubuhnya. Padahal makna hijab bukan sekedar penutup kepala. Tetapi pelindung atas aurat perempuan.

Entah siapa pembuat istilah ini. Tetapi kemunculannya memang nabok banget ya. Dimana orang berhijab harusnya menutupi seluruh tubuh. Tetapi masih banyak yang memakai hijab secara asal-asalan. Mungkin hal ini juga karena kekurang pahaman terhadap makna hijab.

Memang, ada yang bilang istilah Jilboobs ini muncul dari sebuah akun facebook. Dimana pembuatnya geram akan fenomena tersebut. Beberapa yang menjadi trend seperti gaya berhijab Angel Lelga, Syahrini atau bahkan Julia Perez dan Dewi Persik.

Lantas bagaimana agar tak disebut sebagai Jilboobs. Memang penilaian itu ada pada pandangan orang lain. Termasuk gaya Jilboobs ini. Mungkin bagi yang memakai nampal biasa atau lebih melihat sisi fashionable yang dianggapnya lumrah karena kurang memahami makna jilbab. Tentu berbeda bagi orang lain.

Bahkan artis muslimah sekelas Oki Setiana Dewi pun kerap mendapat cercaan masyarakat ketika berpakaian yang tidak biasanya, seperti memakai kerudung yang enggak lebar dan pernah pada suatu ketika Oki memposting kostum syutingnya yang memperlihatkan lekukan perut. 

Kala itu belum muncul istilah Jilboobs. Bisa jadi bagi Oki itu wajar karena berani share ke umum melalui akun instagramnya. Tetapi bagi orang lain menimbulkan pro dan kontra. Begitupun aku, terkadang bagiku cukup wajar tetapi tidak di mata suami atau orang lain. So yang menjadi patokan adalah diri sendiri. Wajar enggak gaya berhijab kita. Maka ketika kita berani share ke media sosial, harus bisa terima ketika ada yang kontra. Hmmm.... Jilboobs... Jilboobs..

28 comments:

  1. kudu koreksi diri lagi nih. kadang pakai jilbab yang gak sampe dada, apalagi pas kerja. soalnya kiwir2nya itu looooh bisa ke mana2 dan kena cipratan air, darah, cucian >.<

    ReplyDelete
  2. Penyebutan jilboobs berkonotasi negatif...mengejek orang2 berjilbab...padahal berjilbab adalah dianjurkan bagi wanita muslim... Memakai jilbab syar'i spt yg dijenakan artis Oki Setiana Dewi setidaknya bs memberi pencerahan bg kita agar lebih mengerti gimana sih jilbab syar'i itu? Nice post...mbak..

    ReplyDelete
  3. Yang penting menutup aurat dan tidak mengumbar syahwat.

    ReplyDelete
  4. Fenomena jilbobs jd ajang introspeksi diri khuss bg saya mbk...

    ReplyDelete
  5. semoga nggak termasuk yg beginiah deh,,,intinya sesuai aturan islam aja,,menutupi dada ya,,

    ReplyDelete
  6. pemberian istilah jilboobs itu loh yg bikin nabok :D

    ReplyDelete
  7. Teman saya wanita non muslim, dengan sangat terus terang dia bilang cemburu dengan wanita muslim yang tertutup rapih, krn menimbulkan rasa hormat bagi yang memandangnya. Dan dia menyayangkan jilbab yang setengah hati. Kata-katanya yang saya tak pernah bisa lupa : " Alangkah bahagianya kalau kami punya pakaian yang bisa menyenangkan Tuhan kami, bukan manusia!"

    ReplyDelete
  8. Baca ttg hal ini di mana mana nih

    ReplyDelete
  9. Btw, kartu posnya sudah diterima belum ya mbak? jika belum mau tak kirimi Yang digital?, soalnya setiap mau kirim kartu pos selalu tak potret dulu, jaga jaga seandainya nggak sampai, jadi ada bukti gitu jika sudah kukirim

    ReplyDelete
  10. yup! karna tetep ada yang nilai, yg pro ya yg kontra ... sbg pembeda aja mana yg bener mana yg salah . :)

    ReplyDelete
  11. jika niat pemakaian hijab hanya ikut2an, ya begitulah jadinya...

    saya juga kadang aneh sama orang2 tsb, bukan sja di dunia maya, di dunia nyatapun banyak yg keliatan banget atasanya pke hijab bawahanya pake jeans udah gitu pake tshirt, kalo pas lage bonceng motor, Lahh?

    ReplyDelete
  12. Aku ngga sukak sih istilah jilboobs.. Mungkin mereka emang salah karena mengedepankan fashion daripada nutupin aurat, tapi seharusnya ya ngga perlu sampek digosipin.. :P

    ReplyDelete
  13. Ini memang sudah sering dibahas dari berbagai artikel dan tulisan blogger mengenai Fenomena Jilboobs yang sedang booming ini. Saya pernah membaca tulisan seorang blogger (saya lupa nama dan alamat situsnya) yang membahas soal Jilboobs dari kaca mata etika komentar mengenai hal itu. Hujatan yang dia maksud terhadap "aktifis' Jilboobs seharusnya tidak dilakukan masyarakat. Harapan dia (dalam tulisannya) agar masyarakat jangan cuma mengjhujat saja, namun harus menuntunnya ke arah hijab yang benar sesuai ajaran Islam

    ReplyDelete
  14. sedih bacanya... sbagai sesama muslimah, harusnya yg suka komentar itu membimbing, bukan mencerca...

    ReplyDelete
  15. Saya setuju, memberikan pemahaman yang benar dengan CARA YANG BAIK dalam berjilbab itu sungguh penting.

    ReplyDelete
  16. Maaf mbak, saya kok kurang setuju ya dg kalimat ini: So yang menjadi patokan adalah diri sendiri.

    Seharusnya yg menjadi ukuran untuk memakai jilbab adalah ajaran islam (alquran dan sunnah) :)

    ReplyDelete
  17. Kalau hemat saya, mungkin pemberian istilahnya yang terlalu "sadis". Mengenai cara berjilbab yang kurang syar'i tsb, bisa diarahkan pelan-pelan menuju jilbab yang syar'i. Justru kewajiban kita mengarahkan, bukan malah menghujat jilboobs.

    ReplyDelete
  18. Bener mbak,. lagi tren banget tuh jilboobs di media sosial... Lha itu di sekitar saya juga banyak lho fenomena jilboobs ini...

    ReplyDelete
  19. Semoga fenomena jilboobs ini segera berlalu... kadang mereka sebenarnya belum berhijab, tetapi cuma ikut tren saja...

    ReplyDelete
  20. kesalahannya adalah pada baju yang dipakainya terlalu ketat, sehingga menimbulkan lekuk tubuhnya, ya mudah-mudahan saja pakaiannya juga bisa diperhatikan...

    ReplyDelete
  21. Secara tidak sengaja, kadang saya pke jilbabnya masih boobs e Mba. Yuk, benahi cara berjilbab mulai dr sekarang! :D

    ReplyDelete
  22. ya beginilah kalau tidak memahami makna sebenarnya dari hijab itu....jadinya mereka yang sok tahu mengimplimentasi hijab dengan seenak hatinya saja...tanpa mengikuti rambu rambu yang sudah diajarkan dalam Islam...
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  23. bukan fenomena baru lagi,, sebenarnya ini sudah lama ada, tapi istilahnya baru muncul sekarang! :-) tapi turut prihatin juga dgn kondisi ini..

    ReplyDelete
  24. jolboob sah sah aja asal orangnya nyaman :) yang lihat juga gak terganggu yah .. no problem lah ya...

    ReplyDelete
  25. Karena emang ada orang yg berjilbab tapi tetep pamer keindahan tubuh sih ya... Bikin gemes

    ReplyDelete
  26. Kl sdh berkomitmen berjilbab adalah komitmen utk mengikuti ajaran agama yg sdh dijelaskan di dlm al Qur'an. ya sdh ikutin aja gmn al Qur'an memberi aturan pemakaian jilbab, shg tdk menjdi spt yg sdh prnah di-warning oleh hadist apa Qur'an ya, ttg istilah berpakaian tp telanjang..

    ReplyDelete
  27. kadang yang make jilbab itu belum tahu aturannya gimana, mba. Butuh proses untuk make yang panjang. Tapi ada juga yang memang ingin terlihat seksi. Yang ini yang memprihatinkan.

    ReplyDelete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog