Saturday, April 05, 2014

Bicara Blog Di Suara Muslim 93,8 FM

Me, Mbak Riri (penyiar), Mbak Yuni, dan Pakde Cholik
On air di  Suara Muslim memang bukan pertama kalinya bagiku. Beberapa kali diundang untuk berbincang kepenulisan. Pernah sendiri dan rame-rame. Tapi Kamis kemarin 03 April 2014 untuk pertama kalinya diundang untuk bicara blog atau lebih tepatnya income dari ngeblog.

Nyadar kemampuan blogku masih minim. Aku mengajak Pakde Cholik. Karena studio maksimum bisa untuk 3 orang, aku ngajak seorang lagi. Dan kepikiran Mbak Yuniari Nukti. Pas tanya Pakde juga ngusulin Mbak Yuni. Langsung kontak via Whats App. Alhamdulillah bisa. Kami janjian ketemu langsung di TKP studio Suara Muslim Surabaya jln. Dinoyo 57 Surabaya. Untuk ancer-ancernya tepat di depan kampus Widya Mandala. Satu area dengan Griya Qur'an, Sham FM di gedung belakangnya.

Oiya, just information. Radio Suara Muslim Surabaya (SMS) ini lebih dikenal dengan Radio Sham FM dari pada SMS FM. Dikarena pengelola radio Suara Muslim adalah PT. Radio Shamsindo Indonusa. Tetapi untuk menyebut pendengarnya dengan Mitra Muslim atau Suara Muslim dengan slogan Radionya; mencerahkan, menyejukkan dan menyatukan.

Radio Sham FM mengudara sejak 30 April 2008 pada frekuensi 93.8 FM dengan coverage area Gerbang Kertosusilo (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo dan Lamongan). Sementara untuk yang di luar area tersebut bisa melalui streaming di www.suaramuslim.net atau bisa juga via android. Melalui aplikasi yang harus di download dulu via App Store atau Google Store dengan kata kunci "Suara Muslim".

Bisa ditebak yang sampai duluan di studio Sham FM adalah pakde baru kemudian aku dan Mbak Yuni.

Saat itu kami siaran bareng Mbak Riri. Oleh Pakde Mbak Riri dipanggil Jeng Riri, seperti biasanya panggilan khas dari Pakde. Hehe. Ini baru pertama dipandu Mbak Riri. Sebelumnya aku pernah siaran dipandu oleh penyiar Sham FM lainnya seperti Mbak Aisyah, Mbak Dina, Pak Kohar, dan Mas satunya lupa aku. Hihi pikun. Padahal kemarin sudah di kasih tahu Mbak Diyah Yamani sang produser, Mas Sabri atau Basri gitu. Ah, lupa deh.

Menurutku siaran kemarin bareng Mbak Riri adalah yang paling seru dari siaran-siaran sebelumnya. Lebih enjoy. Entah karena sudah terbiasa siaran atau emang ada Pakde yang membuat suasana santai dan rileks. Tau sendiri kalau ada Pakde es yang tadinya beku bisa mencair, hihihi. Bisa bebas bicara.

Tetapi ada yang bikin kurang karena terjadi insiden sms trouble. Bagi pengguna indosat, termasuk aku, ngerasain sejak subuh enggak bisa kirim Whats App laporan Odoj. Kepending terus termasuk sms dari Pakde baru terkirim siang. Nah, termasuk sms centernya Sham FM memakai provider indosat. Jadinya sms tanya jawab dari pendengar Sham FM susah masuk. Cuma beberapa dari provider lain dan telepon interaktif.

Obrolanpun masih seputar blog. Bagaimana memulai menulis blog sampai bagaimana blog yang bisa menghasilkan duit.

Untuk memulai menjadi blogger memang harus dimulai dengan membuat blog. Menurutku membuat blog enggak susah-susah amat. Bukan berarti aku sombong dan sudah bisa. Bagi yang gaptek pasti susah sekali. Dan lebih susah lagi jika aku yang menjelaskan melalui ngomong di radio. Mengajari membuat blog harus ada medianya minimal dibimbing. Nah supaya pendengar enggak bingung ketika ada yang bertanya bagaimana cara membuat blog, aku menyarankan untuk googling.

Ya siapa sih yang meragukan kemampuan Mbah Google. Serba tahu bahkan Mbah Google kadang sok tahu hehehe. Seperti yang aku dulu alami mengawali blog ini juga dengan googling dengan menggunakan beberapa kata kunci berikut ini:

Misalnya, bagaimana cara membuat blog detik/blogspot/wordpress/tumblr? Bagaimana cara menambahkan gambar di samping blog? (Dulu enggak tahu namanya widget). Bagaimana cara membuat komentar langsung terlihat di bawah postingan? Bagaimana cara menambahkan video youtube di blog? Dan sebagainya.

Apa-apa yang aku ingin lakukan untuk blogku sebenarnya enggak tahu. Dikarenakan sering blogwalking dan melihat blog-blog yang bagus aku menjadi kepengen ini itu, blogku diginikan digitukan. Sampai sekarangpun enggak pernah bisa dihafal. Kalau mau permak blog ya harus googling dulu.

Kemudian obrolan juga membahas tentang bagaimana blog menjadi sumber duit. Pakde menjelaskan bagaimana asyiknya ketika mendapatkan duit dari adsense melalui western union dan tips lolos pendaftaran adsense. Termasuk juga mendapatkan duit dari review dan menang kontes.

Tetapi yang lebih menarik adalah bagaimana blogger pemula bisa mendapatkan duit dari ngeblog? Tentu yang pertama adalah harus optimasi blog kita terlebih dahulu. Optimasi di sini dalam segala hal mulai dari konsisten untuk update blog sampai dengan memperhatikan tampilan blog supaya menarik. Berkali-kali aku disindir pakde. Blogger bisa membeli kosmetik dan baju mahal setiap bulan, lha kok membeli template yang eye catching sekali doang aja emoh. Hihihi kataku dalam hati, kalau ada gratis ngapain bayar. Wkkwkkw

Dan seperti sebelum-sebelumnya di akhir sesion setiap nara sumber ditanyain statement. Pakde menjawab bahwa niatkanlah ngeblog itu untuk ibadah. Giliran mbak Yuni ternyata masih ngeblank dan langsung beralih ke aku, kalau menurutku. Ngbelog bukan melulu tentang uang. Lebih dari itu ngeblog bisa menjadi terapi jiwa. Uang yang akan senantiasa mengikuti blog kita.

Nah, jadi tambah ilmu. Ilmu buat nara sumber, buat penyiar terutama buat pendengar. Enggak ketinggalan sesion foto-foto. Berikut foto-foto yang tertangkap di my galaxian. Termasuk yang bening karena lainnya ngeblur.
photo bareng penyiar Sham FM
Suasana saat on air

17 comments:

  1. Keren neh blogger bisa mngudara..saluut

    ReplyDelete
  2. Wah blogger lagi laris di radio nih heheheee.... Blogger memang narsum yg nggak habis2 ceritanya. Salam untuk Yuni, pernah sekamar di Aryaduta Jakarta waktu gathering.

    ReplyDelete
  3. hasil diskusinya dong, apaan?*Kepo*

    ReplyDelete
  4. asyiknya bisa ikutan siaran ya, mba :D

    ReplyDelete
  5. wah keren..smangat terus.. saya jadi terpacu juga nih semangatnya..

    ReplyDelete
  6. mba Nunu.. lomba blog Cheria tour n travel masih buka kok.. kalo gak salah diundur sampai tgl 28 april.. coba liat infonya di https://www.facebook.com/cheriawisata?fref=ts

    ReplyDelete
  7. pak dhe memang seorang yg berjiwa militer sejati..selalu berusaha on time......asyik juga bisa membahas blog lewat udara.....keep happy blogging always....salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  8. Berarti pertanyaan via sms gak terjawab, Mba?. Pas kmrn itu, sini juga indoset error seharian.

    Seru ya, Mbaaa.

    ReplyDelete
  9. enak ya udah bisa di undang dimana-mana, nice share mbak

    ReplyDelete
  10. Asiknya, mengudara lagi yah, mbak. temanya menarik bagi blogger.

    ReplyDelete
  11. Waaah... seru banget ya! Kalau aku diundang siaran juga, mungkin bakalan grogi berat dan nggak tau mau ngomong apa, hahaha....

    ReplyDelete
  12. "Blogger bisa membeli kosmetik dan baju mahal setiap bulan, lha kok membeli template yang eye catching sekali doang aja emoh."

    jleb :))

    ReplyDelete
  13. Indosat memang error seharian kemarin. Keren Mba Nunu, diundang jadi narsum di radio. Kalau saya pasti grogi banget tuh :)

    ReplyDelete
  14. Hidup blogger Indonesia, salut buat Anda semua. salam sukses

    ReplyDelete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog