Thursday, February 06, 2014

Masbuloh Cyiiin

source ilustrasi memecrunch.com
Judul diatas adalah ungkapan dari komentar seseorang di akun Instagram ayu ting ting (@ayutingting92). Permasalahan Ayu Ting Ting yang kerap kali muncul di media memunculkan polemik fansnya. 

Oh tidak, aku tidak sedang membahas permasalahan Ayu Ting Ting. Justru yang menjadi perhatianku adalah saling serang antar fansnya. Tidak tahu mana haters atau fansnya. Rata-rata memang tidak bisa membedakan mana yang dengan baik hati mengingatkan, menasehati, atau bahkan jelas-jelas menghujat dan menghakimi.

Bahkan tanpa memahami makna isi komentar, yang kontra dengan pilihan Ayu Ting Ting menjauhkan anaknya dari bapaknya (Enji) pasti diserang. Bukan, itu bukan aku. Aku cukup jadi reader saja. Sehingga muncul serangan balik dan saling serang.

Memang bukan hak kita menghakimi Ayu, masih ada Tuhan yang lebih berhak. Tapi justru yang menarik buatku adalah kosakata baru yang muncul di sana. Seperti judul di atas, "masbuloh cyiiin".

Apa ya masbuloh itu?

Kupikir itu adalah bahasa serapan arab seperti masya allah, akan tetapi sangat janggal dengan konteks masalah yang ada.

Akupun penasaran. Mencoba memahami dengan mengikuti thread war fans Ayu Ting Ting di IG-nya. Tapi tak juga terpecahkan. Mau tanya juga kupikir-pikir lagi, malah terseret lagi. Malah muncul masbuloh-masbuloh dari komentar lainnya.

Omegat, tahu-tahu muncul iklan terkomsel masbuloh. Jadi aku baru mengerti ternyata masbuloh itu MASALAH BUAT LHOOO!

Pantesan. :p

Aneh-aneh aja. Setelah Vikinisasi, Masbuloh, nanti muncul kosa kata apalagi yak?

Kreatif benar orang Indonesia. Patut dibanggakan nggak?

9 comments:

  1. Saya juga kurang tahu, istilah itu berawal dari mana & siapa. Rekan saya yg sekolah di negara Arab sudah lama menggunakan kata itu, :)

    ReplyDelete
  2. Hehehe, geleng-geleng kepala deh melihat kosakata yang muncul akhir-akhir ini..kirain artinya apa, eh ternyata..masalah buat loe..qeqeqe

    ReplyDelete
  3. Saya pertama juga gak sadar pas teman saya celetukan "Masbuloh", awalnya tak kira nyebut nama si Mas Buloh, karena dalam ucapan gak kentara penggalannya. eh ternyata ada kepanjangannya dan semenjak itu baru ngerti :D.

    ReplyDelete
  4. saya tau arti masbulloh itu udah lama,g tau dari mana ya,,teman kayaknya...

    ReplyDelete
  5. saya pertama kali dengar istilah ini dari teman saya anak Bekasi mbak ccckk.

    ReplyDelete
  6. ada lagi mbak, mas bayu, masalah buat yuuu (you), hehe..
    kadang masalah debat antara haters dan fans itu nggak bisa dibiarin juga, masa ntar ada perpecahan saudara gara2 ini doang (bahasa lebaynya gitu) :(
    salam kenal mbak :)

    ReplyDelete
  7. hahahaaaaahaha "masbuloh cyiiin" haha :D

    ReplyDelete
  8. Wah saya malah baru tau istilah Masbuloh dari tulisan ini, hehehe... :D

    ReplyDelete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog