Monday, February 03, 2014

Bicara Domain dengan Sahabat Blogger

Liburan tahun baru imlek kemarin rumahku (baca: kontrakan) kedatangan tamu. Spesial dong, sejak lama dia janji mau ke rumah tapi baru kali ini berkesempatan, so menjadi sesuatu yang kutunggu hari itu.
Pose bersama tamuku menggunakan aplikasi camera360
Ya, tamu itu Niar Ningrum si gingsul yang manis. Blogger yang mengajariku banyak hal tentang dunia kebloggeran. Salah satunya mengganti nama domain. Pergantian nama domain dari un2triwidana.blogspot.com yang panjang kayak sepur dan tak mudah diingat menjadi lebih simpel dan fokus ke nama penaku nunuelfasa.com juga tak lepas dari bantuannya Niar.

Awalnya aku lebih memilih pengaturan domain ke orang lain, dan aku tinggal bayar saja. Namanya dunia maya, akupun tidak bisa mempercayai orang begitu saja. Dan kutahu Blognya Niar ini domainnya sudah berubah atas bantuan temannya, otomatis aku lebih percaya niar untuk dipercayakan kepada temannya.

Seiring berjalannya waktu, enggak juga ada kabar dari ni anak dan temannya. Meskipun aku belum menyerahkan uang, kan aku butuh kepastian bisa enggaknya. Mau minta tolong PakDe Blogcamp, hihihi malu jeh, aku jarang aktif update blog. Ntar kena sindir, percuma pakai doamain .com kalau blognya bulukan ndok. Mlipir aku, pasrah menunggu Niar,

Salah satu alasan menunggu Niar ya karena ini, menganti domain. Aku diajarin Niar langkah dan cara menganti domain baru. Dari mulai mendaftar sampai aku transfer uang ke penyedia jasa domain. Meskipun setelah itu aku bingung sendiri kesulitan memasang domainku. Tapi Costomer Service-nya yahud banget. Tengah malam kuemail untuk menanyakan, langsung dibalas. Sampai dua hari domainku belum bisa stabil, juga terus keep in touch sama sang CS. Sampai untuk menjelaskan kesulitanku, aku kirim gambar copping via android. Dari situ aku mulai tahu dan paham, domain, IP, DNS dan sebagaimnya. Ternyata kalau kita mandiri dan kita kerjakan sendiri menjadi sebuah pembelajaran berharga.


Ok, back to niar


Gak hanya tentang domain kami ngobrol banyak hal, sampai nggak kerasa termakan waktu, tahu-tahu sudah menjelang tengah malam. Duh, padahal si gingsul ini sendirian ke rumah. Tapi agak lumayan lega ketika dia bisa berkamuflase menjadi seperti laki-laki, hahaha. Alibinya sih, itu safety.

Rasanya memang anggapan, kopdar tanpa photo itu hoax. Baiklah ini aku rilis foto-foto kopdar kami.





PS : Sharing Mudahnya mengubah domain, sudah bisa dibaca, klik linknya :D


8 comments:

  1. sebetulnya ngga susah mak heheh cuman pada takut dan ngga mau coba :-)

    ReplyDelete
  2. kayaknya niar juga jarang ngeblog sekarang,sibuk kayaknya ya mbk :D

    ReplyDelete
  3. aku juga mau diajari bagaimana caranya ganti domain. Tapi itu pengaruh di SEO (atau yang lain) gak ya?

    ReplyDelete
  4. Waa jadi pengen punya domain jugaaa. Salam kenal yaaa Nunu ^^

    ReplyDelete
  5. Blogger sebaiknya tahu otak-atik blognya walau tak harus sampai yang sekecil-kecilnya
    Sukses selalu
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  6. Widget komentar sebaiknya tidak usah menyertakan sebagian komen blogger. Jadi kebanyakan tulisan deh di sidebar
    Sekedar saran

    ReplyDelete
  7. Katanya sih ganti domain itu mudah. Tapi aku coba sendiri susah. Jadinya ya minta bantuan akhirnya..Selamat sudah ketemuan dengan, Niar ya, Mbak. Dan selamat juga atas domain barunya :)

    ReplyDelete
  8. kalo nggak nekat ga bakalan tahu gimana caranya bu... ^_^

    ReplyDelete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog