Tuesday, July 01, 2014

Mau Masak Apa Hari Ini?

Memasak memang menjadi kebiasaan perempuan, meskipun sebagian keluarga di luar sana laki-laki turut andil mengambil peran dalam hal masak-memasak. Tidak berlaku bagi suamiku. Apa yang aku masak, itu yang dia makan. Meski harus menahan merah telinga, ini lagi ini lagi, atau kok sambel terus dhek, atau kadang coba deh masak apa gitu dhek, tanpa memberi solusi saran mau dimasakkan apa. Sehingga seringkali aku didera kebingungan, masak apa ya hari ini?

Aku yakin bukan cuma aku yang mengalami. Sebagian perempuan lain juga mengalami hal sama. Saking banyaknya masakan, kadang membuat perempuan susah mengingat-ingat menu makanan apa yang akan dimasak. Mungkin tips berikut bisa menjadi pengusir galau ketika akan memasak, dan tentu sangat bermanfaat buatku juga:

1. Kumpulkan daftar menu makanan selera keluarga.

Daftar menu makanan memang tak terhitung jumlahnya. Tak bisa hanya diingat-ingat. Terkadang menu sepele yang biasanya paling dekat kadang terlupa. Maka semua menu tersebut memang perlu dicatat dalam daftar menu khusus. Sesuaikan juga dengan selera keluarga. Mungkin dengan browsing bisa membantu kita mengumpulkan menu-menu makanan yang ada.

2. Tempelkan daftar menu makanan di tempat yang mudah terlihat dalam dapur.

Dengan setiap hari melihat daftar menu makanan yang dipampang dapat menginspirasi kita menyediakan menu yang variatif. Dan memudahkan memilih menu masakan. Daripada disimpan dalam bentuk buku, akan membuat rasa malas untuk sekedar membukanya.

3. Catatlah resep-resep yang sulit dihafal.

Untuk sebagian resep aku masih mengandalkan catatan resep. Emang sih zamannya gejet bisa surfing google untuk cari resep. Tetapi ribet ya kalau masak sambil pegang gejet. Biasanya aku lebih memilih untuk nempel sampai resepnya bisa kuingat

7 comments:

  1. Oooo gitu ya ... persis koki yang ahli memilih menu ya? Memang terkadang kita kaum laki-laki tidak pernah sampai mikir demikian detil ... pantaslah 'syorga dibawah telapak kaki ibu ... 24 jam memikirkan suami dan anak2 tercinta. Nice ... :)

    ReplyDelete
  2. apa aja deh, pasti disantap.
    yang biasa sehari-hari dimasak apa aja mba, terus dicatat mba biar gak lupa lagi.. :D

    ReplyDelete
  3. aku pengen sekali belajar masak kepiting :)

    ReplyDelete
  4. Kalau pas ibu masak yg itu-itu terus, aku juga suka protes sih. Sayangnya cuma bisa protes aja, soalnya kalau ditanya mau dimasakin apa juga kebingungan, hahaha....

    ReplyDelete
  5. Menunya diacak tiap beberapa harinya, mbak Nunu. biar gak monoton, hhehe.

    ReplyDelete
  6. Aku sukanya searching di internet Mbak, abis itu print deh.. Kayak cumi bakar saos Padang inih.. :P

    ReplyDelete
  7. Aku sudah lakukan tips yg kedua :D.

    ReplyDelete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog