Wednesday, July 02, 2014

Tumis Labu Siam Kuah Santan Bekalan Sahur


Suamiku demen banget sama lodeh timun. Kalau pas aku bikin lodeh tanpa timun, biasanya dia tanya, kok nggak dikasih timun? Padahal dulu saat masih single jarang banget aku menemui timun dibuat lodeh. Baru tahu ya dari masakan ibu mertuaku, menurun ke suami yang suka lodeh timun.

Nah malam kemarin, untuk bekalan sahur niatnya mengolah lodeh timun. Apa daya, kayaknya males buat ngulegnya. Alternatifnya aku bikin tumisan labu siam sembari ditambah timun demi menuruti selera suami. Bagi yang mau coba berikut nih resep tumis labu siam kuah santan dengan cara membuatnya;

Bahan:
2 bungkus labu siam sudah irisan
1/2 mentimun segar iris setengah lingkaran
1/2 ons ebi kering rendam dengan air, tiriskan

Bumbu:
3 siung bawang merah cincang
1 siung bawang putih cincang
2 buah cabai rawit iris serong
3 buah cabai merah besar iris serong
1 cm lengkuas keprak
2 lembar daun salam
2 lajur bawang prei iris
1 bungkus santan cair
Garam
Gula
Margarin
Bawang goreng

Cara membuat:
  1. Panaskan margarin dan tumis bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai merah besar, lengkuas dan daun salam.
  2. Masukkan ebi dan tumis hingga harum
  3. Tambahkan santan dan air secukupnya.
  4. Bumbui dengan garam dan gula.
  5. Masukkan timun dan biarkan hingga setengah matang baru kemudian masukkan labu siam.
  6. Masak dengan api kecil sampai labu siam matang.
  7. Sebelum diangkat masukkan bawang prei dan tutup sebentar.
  8. Angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng.
Happy cooking ;)

16 comments:

  1. duh, jadi pengen nih melihat gambar itu hehe

    ReplyDelete
  2. kalau menu sahur enak yang berkuah seperti ini ya

    ReplyDelete
  3. Dari dulu juga keluarga saya biasa bersantap sahur dengan hidangan Berkuah, seperti SOP, Bakso dan sejenisnya. Rasanya seger segerrrrrrrrrrrrrr

    ReplyDelete
  4. Wuih.. Kesukaan Mama ku nih, Mbak! :D

    ReplyDelete
  5. mau untuk sahur atau buka, kalo ada sih santap aja :D hehe

    ReplyDelete
  6. Untung saya gak puasa, jadinya nggak ngiler lihatnya, hahahha....
    Kalo saya sih cuma tahu makan, gak tahu masak, hihihi :D
    Jadi ya hanya bisa ngiler doang :D

    ReplyDelete
  7. Wah mantap ini, jadi penasaran ini sama rasanya mbak :D

    ReplyDelete
  8. Jadi kangen masakanane mamakku :D

    ReplyDelete
  9. itu menu saya kemarin, pas banget haha

    ReplyDelete
  10. saya baru tau ada lodeh & tumis labu dikasih timun... jd seger yah...

    ReplyDelete
  11. Saya baca postingan ini sambil menanti azan Zuhur ... ya akibatnya *ngiler.com :)

    ReplyDelete
  12. Nglekoh santannya . Tambahin udag yummy

    ReplyDelete
  13. Rumah baruuuuu....
    Sampai pangling ^_^

    Coba masak labu kunig, Mbak Nunu :)

    ReplyDelete
  14. Menggiurkan sekaliiii, bacanya bukan pas sahur, kesalahan :D

    ReplyDelete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog