Wednesday, July 23, 2014

Piknik Iftar di Masjid Agung Surabaya

Suasana di pelataran timur masjid
Sudah menjadi tradisi tahunan, di Masjid Al Akbar Surabaya menyelenggarakan kegiatan Ramadhan. Mulai dari ngabuburit dengan suguhan tausiyah ustadz dan ustdzah, sampai dengan bazar Ramadhan dan lomba-lomba Ramadhan. Ini yang menjadi magnet orang berbondong-bondong ke Masjid yang biasa di kenal dengan Masjid Agung Surabaya, pada malam-malam Ramadhan.

Satu hal yang luput dari pengamatanku selama ini, rupanya Masjid Agung juga menjadi sarana piknik iftar bagi beberapa orang beserta keluarganya. Biasanya, usai sholat aku yang ditunggu suami, sehingga ketika mendapati suami langsung capcus ke bazar tak memperhatikan sekitar. Sore itu usai maghrib justru aku yang menunggu suami.

Sambil duduk-duduk di tangga pelataran masjid aku mengedarkan pandangan diantara banyaknya orang yang melakukan hal sama. Mereka bukan hanya duduk-duduk saja, nampak di tengah lingkaran duduknya mengahadap makanan buka puasa. Ada yang makanan bungkus dan ada yang makanan rantangan. Nampak kesengajaan membawa bekal dari rumah.

Memang pengunjung Masjid bukan hanya pengendara motoran seperti kami, banyak mobil-mobil berjejer parkir di pelataran masjid. Mereka datang berkeluarga untuk melakukan ibadah sekaligus buka puasa bersama keluarga. Sungguh sebuah kebersamaan yang indah. Seperti halnya piknik keluarga, iftar menjadi moment kebersamaan. Ditambah dengan mempersiapkan bekal sendiri dari rumah menjadikannya lebih spesial, piknik iftar keluarga. Apalagi ada sarana shopingnya lho di depan masjid. Lengkap deh suasana piknik religinya, buka puasa bersama, sholat berjamaah, taraweh bersama hingga ditutup dengan shoping belanja lebaran. Sepertinya seru ya.

Ada yang tertarik melakukan piknik iftar di Masjid Agung Surabaya?

No comments:

Post a Comment

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog