Monday, July 21, 2014

Trend Mukena Lebaran 2014


Selain baju lebaran, mukena termasuk salah satu item fashion muslimah yang diburu saat menjelang lebaran. Keberadaannya dibutuhkan untuk sholat Iedul Fitri bagi kaum perempuan. Nah, setiap tahunnya, mukena juga mengalami perputaran mode yang akan menjadi trend pada lebaran tahun 2014 ini, mulai dari bahan, motif sampai model mukena. Berdasarkan insting instagramerku yang kerap stalking online shop dan penggiat designer, seperti inilah trend mukena untuk lebaran 2014 kali ini.

Pertama dari Jenis: Mukena Two Pieces Atasan Bawahan
Mukena yang terdiri dari dua potong atasan dan bawahan lebih mendominasi daripada mukena terusan. Dengan atasan mengembang disertai tali karet sebagai pengikat kepala. Pada bagian kening terdapat dua pilihan, pet dan non pet. Mukena ber'pet' bentuknya bertopi seperti memakai kerudung instans, kalau non pet pada bagian kening berkaret. Sementara bawahannya seperti halnya skirt yang pada bagian perutnya full karet.

Kedua dari bahan: 
  1. Mukena Motif
    Jika tahun-tahun sebelumnya sempat ngetrend mukena sulam pita, bordir, atau warna-warni, tahun ini sholat hari raya digambarkan akan lebih semarak lagi dengan hadirnya beragam mukena motif. Paling banyak digunakan motif bunga-bunga, full diseluruh bagian mukena. Sementara bagian bawahnya bisa mengikuti motif atasan atau penggunaan bahan kontras, polos. Atau bisa jadi kebalikannya, bawah motif atasannya yang polos.
  2. Mukena Katun Penggunaan mukena sebagai pelengkap ibadah, membuat pemakainya kadang gerah karena bertumpuk dengan pakaian yang dikenakan. Oleh karena pilihan bahan katun menjadi pemakainya nyaman. Teksturnya yang menyerap udara terasa adem ketika dipakai. Sangat nyaman juga untuk pemakaian mukena sebagai ibadah sehari-hari. Ibadaj menjadi tenang tak tergesa-gesa agar lebih dekat dengan Sang Pencipta.
  3. Mukena Spandek
    Ada yang mengatakan spandek itu bahan kaos, memang mirip karena kelenturan bahannya gak jauh beda dengan kaos. Tetapi spandek memiliki serat yang lebih halus dan mengkilap. Sehingga membuat mukena nampak elegan meskipun dengan model yang simple

Ketiga dari model: Mukena Ruffle
Model ruffle memang menjadi trend tahun ini, selain diaplikasikan pada model baju lebaran, mukena juga terlihat cantik dengan model ruffle ini. Ada yang ruffle susun, atasannya bertumpuk seperti dua kain, dan ada pula yang ruffle menempel pada tepi mukena yang saling kontras, bisa beda warna atau perpaduan motif dan polos.

Masih belum punya mukena untuk lebaran? Mukena di atas bisa menjadi pilihan untuk sholat Ied nanti. Enggak ada salahnya kita memperhatikan penampilan saat bersilaturrahim dengan manusia, ketika berkomunikasi dengan Allah SWT juga memperhatikan penampilan. Tetapi, perlu menata hati, agar penampilan tak menjadi ria ataupun sombong, apalagi untuk moment sholat. Ya nggak?

No comments:

Post a Comment

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog