Friday, February 07, 2014

Memancing Kata Kunci Dari Google Dengan Widget Blogroll

Masih lanjutan dari Widget dan Nasi Pecel (10 Widget Penting) yang harus kupasang dalam blog (bagian 3).
Memancing Kata Kunci Dari Google Dengan Widget Blogroll? Kok bisa ya? Coba perhatikan gambar screen shoot yang aku buat dari kata kunci "kata bijak acara hitam putih tanggal 06-02-2014". Kata kunci tersebut berasal dari kontrol admin blog ini. Kata kunci ini mengarah kepada postinganku ini.

"kata" dalam tanda lingkaran merah yang terindeks google berasal dari blogroll
Widget ini untuk menampilkan blog dari teman blogger. Meskipun hanya dunia maya silaturrahim itu penting. Apalagi dari widget ini aku bisa mengetahui blog-blog yang baru saja update. Ya, bisa disesuaikan settingannya, mau ditampilkan urut sesuai abjad atau berdasarkan yang baru saja update. Bisa menampilkan blog-blog yang aku follow juga ditambah beberapa blog yang tidak bisa difollow. Seperti blog wordpress harus ditambankan terlebih dahulu.
Apa pentingnya menambahkan blog teman di blog kita? Bukankah hanya menguntungkan dia? Sementara dia tidak menambahkan blog kita dalam daftar blognya?
Tidak. Bagiku tetap Silaturrahmi itu akan menambah rezeki berlebih untukku. Terlepas orang itu tahu atau tidak, merasa atau tidak. Setidaknya dengan mengetahui blognya terangkat ke atas dalam daftar blogku artinya blog itu hidup dan baru saja diupdate. Ketika itu aku bisa mengunjungi untuk menyapanya di komentar.

Bukankah pengunjung itu rezeki? Tidak akan ada artinya blog tanpa pengunjung. Meskipun kadang juga ada aku sudah berkunjung tapi pemilik blog tak juga berkunjung. Atau kadang berkunjung tapi tak meninggalkan komentar. Bagiku itu tak apa. Tidak selama berkunjung dibalas dengan kunjungan, justru aku sering mendapatkan kunjungan dari yang lain. Ingatlah tentang ilmu keikhlasan, bukan hanya di dunia nyata, dalam dunia maya praktek keikhlasan juga perlu diterapkan.

Buktinya. Beberapa kali blogku terindeks google pada halaman pertama karena aku memasang blog-blog ini. Mungkin mereka tidak tahu aku memasangnya. Oh iya, untuk izin memasang blog terkadang memang aku lupa. Ada yang meminta izin terkadang ada yang langsung kupasang karena rombongan masangnya.

Beberapa kata yang tidak terindeks dalam postinganku bisa jadi terindeks dari udate-update blog ini. Contoh saja gambar diatas. Untuk kata "kata", itu berasal dari blog beranda kata, bukan dari blogku ini. Kebetulan yang terindeks adalah judul blognya. Lain waktu ada juga yang terindeks adalah judul update postingannya.

Ya, ini menguntungkan aku banget. Karena yang terdampar di blog ini bukan satu atau dua orang, bisa puluhan bahkan ratusan. Justru kalau kita hanya mengharapkan saling kunjungan balik, hanya bisa dihitung dengan jari saja. So, mari kita eratkan silaturahim kita antar sesama blogger, tak peduli mereka akan kunjung balik atau enggak. Hehehehe

PS : Mohon maaf bagi yang aku pasang linknya di blog ini dan belum izin. Jika tak berkenan dapat meninggalkan pesan dan terimakasih bagi yang sudah berkenan. Btw, boleh kok pasang link blog ini di blog kalian :D V

2. Widget Related Post
4. Menanti Postingan

17 comments:

  1. Wah patut dicoba tuh, blog saya gak ada satupun blogroll/tautan blog lain :D

    ReplyDelete
  2. Yang agak bertentangan, dari seminar blog yg pernah saya ikuti mbak Nunu, sebaiknya jangan terlalu banyak link mengarah ke luar di blog kita karena bisa mempengaruhi "nilai" blog kita. Saya kurang begitu ngerti sih tapi kayaknya dalam urusan peringkat2 gitu ... dan kalo gak salah utk urusan SEO juga ... sepengetahuan saya yang tidak banyak ini, mbak Nunu :)

    ReplyDelete
  3. belum begitu paham efek udah malam kali yah hihii, bacanya besok aja deh udah ngantuk hehe :D

    ReplyDelete
  4. Waah makasih mak...sangat bermanfaat bagiku yg newbie blogger ini

    ReplyDelete
  5. Saya baru tahu kalau memasang link blog milik teman itu berpengaruh terhadap hasil pencarian. Terima kasih atas informasinya.

    ReplyDelete
  6. terima kasihhh kakak.. selama ini says kurang memperhatikan akan pentingnya akan hal ini.. dan ini membuat benar benar saya mendapat inspirasi ide baru..

    semoga tetap always better than before.. salam

    ReplyDelete
  7. wah, bisa begitu ya. aku baru tau :)

    ReplyDelete
  8. saya dulu juga pernah mengalami itu mbak
    kalo saya yang terindeks dari komentar pengunjung malah jadi keyword :D

    ReplyDelete
  9. mendapat masukan baru deh mba Nunu. Sebelumnya juga dapat ilmu dari senior Blogger soal pasang blogroll itu sebaiknya yang memiliki tingkat pagerank tinggi jangan yang zero, karena berimbas juga. Maaf aku tahunya cuma teori :)

    ReplyDelete
  10. terima kasih infonya, saya baru tahu pentingnya blogroll di blog kita, hehe :D

    ReplyDelete
  11. Suka ma pemikiran mbak yang Silaturrahmi itu akan menambah rezeki...
    makasih infonya^^

    ReplyDelete
  12. Baru satu minggu pasang blogrol, ngak kepikiran untuk meningkatkan pagerank sih hehe... Cuma untuk memudahkan untuk berkunjung ke blog yang diikuti :)

    ReplyDelete
  13. dulu pernah make, tp ko agak risih ya kalo halaman depan keliatan padet ama widget2.. jd weh dihapus.
    hehe.. nuhun tipsnya mak.. :)

    ReplyDelete
  14. baru tahu hehe...tapi link yg saya tautkan biasanya yg blog wp mbk :D

    ReplyDelete
  15. jadi...kita mesti pasang link temen ya.... :)

    ReplyDelete
  16. Masih nggak paham :|
    maksudnya kalo kita pajang blogroll terus kita bisa mancing kata kunci begitu? :))

    ReplyDelete
  17. oh bisa berdampak seperti itu yah mbak, wah baru tahu saya. setuju, bisa saling silaturahmi antar blogger meskpun itu hanya berupa komentar, tapi jika dicermati bisa lebih dari sekedar komentar saja :)

    ReplyDelete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog