Sunday, May 04, 2014

Menikmati Sate Kelinci di Grojogan Sewu Tawangmangu

Penjual sate kelinci di Grojogan Sewu Tawangmangu Solo 
Berkunjung ke Grojogan Sewu, Tawangmangu Solo, tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi salah satu kuliner ini, sate kelinci. Meskipun tanpa berkunjung ke tempat inipun kita bisa mendapati sate kelinci dengan mudah. Yang menjadi berharga adalah suasananya. Makan ditemani teman-teman dari BPP FLP (Badan Pengurus Pusat Forum Lingkar Pena) 2013-2014 diiringi gemericik air terjun Grojogan Sewu yang sejuk dan menyegarkan pikiran. 

Penjual satenya seorang ibu-ibu sebaya, mangkal di dekat jembatan gantung yang terbuat dari tali. Saat memesan sate untuk makan siang inipun, beberapa teman bermain mengadu nyali melintasi jembatan sambil menunggu sate matang.

Aku sendiri duduk membaur bersama teman-teman yang lain di gelaran terpal yang disediakan penjualnya, sambil sesekali menahan liur menetes karena bau bakaran sate yang menguar kemana-mana. Sementara yang lain pun masih asyik membidikkan kamera.

Hasratpun tersalurkan saat satu persatu porsi sate dibagikan di atas piring. Satu piringnya berisi kurang lebih sepuluh tusuk sate kelinci dilahap dengan segulung lontong.

Penyajiannyapun tak pakai sendok. Cara makannya lontong yang terbungkus bulat memanjang dikupas layaknya mengupas pisang, bagian atas terkupas untuk dicelupkan ke bumbu-bumbu di atas sate. Sementara bagian bawah yang belum terkupas buat pegangan. Begitu sampai habis dengan sesekali diiringi melahap satenya.

Untuk dapat merasakan nikmatnya sate kelinci di dalam air terjun Grojogan Sewu, teman-teman hanya merogoh kocek 15.000. Murah bukan? Padahal di tempat wisata lho. Rasanya pun tak kalah. Dagingnya empuk dan bumbunya maknyus. 

Beberapa teman ada yang enggak suka sate kelinci, memilih menu sate ayam. Entah enggak suka atau enggak mau makan. Menurut kebanyakan mereka yang enggak mau makan sate kelinci karena teringat akan bayang-bayang imut kelinci yang sangat sayang jadi santapan begini. Konon katanya ketika sate kelinci disembelih, matanya selalu menangis berkaca-kaca. Cerita itu kudapat dari suamiku yang menyaksikan sendiri saat temannya menyembelih kelinci.

Tetapi ketika acara makan-makan sate kelinci usai baru berembus berita tak sedap. Katanya sate yang barusan kami makan adalah daging tikus bukan daging kelinci. Menurut mereka yang memutuskan enggak mau makan sate kelinci ternyata sudah mendengar isu ini lebih dulu. Ada bahkan yang mengenali ternyata rasa dagingnya berbeda dari sate kelinci pada umumnya. Kalau menurutku pas makan enak ya kutelan aja. Hehehe lagian sudah terlanjur masuk perut. 
Teman-teman BPP FLP saat makan siang di Grojogan Sewu Tawangmangu Solo

21 comments:

  1. Hmm yumy.. tdinya aku ga makan malam, tp stlah mampir ksini, ko perutku berontak ya..

    ReplyDelete
  2. aduh mak, aku ga doyan sate kelinci, rasane aneh :D

    ReplyDelete
  3. rasanya kayak apa mba daging kelincinya, sebenarnya sih bukan gak suka, tapi tajut nyobanya ..he he he apalagi pas tau kalo disembelih kelinci sedih gt..duh kasian

    ReplyDelete
  4. emang enak sate kelinci ? saya belum perna nyoba...
    katanya dagingnya keras ya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Fitri and Ficri.. Enak kok...dagingnya kelincinya kenyal..

      Delete
  5. lezat, nikmat, mantap,,berhasil membuat saya ileran melihatnya :)

    ReplyDelete
  6. Mbak, rasa dagingnya manis ngga? Karena kalo daging kelinci asli pasti rasanya manis. seratnya juga halus.

    ReplyDelete
  7. Wah..sate kelinci..belom pernah mba, kayaknya enaak ya :)

    ReplyDelete
  8. sering ke grojogan sewu tapi belum sempat menikmati sate kelinci ...

    ReplyDelete
  9. belum pernah ke gorojokan om
    cuma lewat lewat doang kalo ke cemorosewu :D

    ReplyDelete
  10. pengen sekali mencicipi tapi saya tidak suka sate kelinci :(

    ReplyDelete
  11. wah saya belum pernah makan sate kelinci kak, jadi penasaran deh ;)

    ReplyDelete
  12. Sate kelincinya bikin kangen..
    Hmmm

    ReplyDelete
  13. saya juga awalnya termasuk yang gak tega makan daging kelinci, tapi akhirnya nyobain juga :D

    ReplyDelete
  14. Masuk list kuliner ane nih..
    salam kenal

    ReplyDelete
  15. reuni sambil makan2 ya mba..asoy banget tuh..umumnya sate kelinci banyak tersedia di tempat berhawa sejuk. kenapa ya?...(mungkin yang jauh saingannya sama sate ayam dan kambing kaliii)

    ReplyDelete
  16. Aku blom pernah makan sate kelinci mbak ... sayang ya kl berita yg berhembus itu benar kl dagingnya bukan daging kelinci beneran :(

    ReplyDelete
  17. Sate kelinci? Ya, ampiuun, binatang kesayangan cucuku disate, hiks, hiks.. gimana rrasa dagingnya ya? Bunda pernah piara kelinci dari dua ekor menjelma jadi 20 ekor lebih. Semua berkeliaran di dalam rumah, bersih, tanpa pupup dan pipis yang berceceran, Ya, binatan juga bisa kalo diajarin resik. Itu dulu lho waktu anak-anak bunda masih SMA. Kami semua senang kelinci. Tapi kalo sate kelinci? Gak lah yaawww.. Belum kepengen melahapnya. Suatu saat mungkin kalau ketemu Nunu di Grojogan, hehe..

    ReplyDelete
  18. Satenya uenak mbak... dagingnya lembuuuuttt :D

    ReplyDelete
  19. Enggak pernah tega makan daging kelinci :( meski kata temen - temen enak rasanya..

    ReplyDelete
  20. wahhh.. mantap... enak banget kayaknya nihhh..

    ReplyDelete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog