Tuesday, October 07, 2014

Memikat Mesin Pencari Bukan Pembaca

Sumber gambar:  alternatifmasadepanpras.blogspot.com
Setiap blogger pasti tahu apa itu blogwalking. Jalan-jalan dari blog ke blog. Kegiatan ini penting banget. Tetapi salah diartikan jika melakukan blogwalking hanya agar dapat pengunjung banyak. Ea... siap-siap kerja rodi dah kalau begitu. Jika aku mentargetkan pengunjung blogku 1000 per hari harusnya aku blogwalking sebanyak paling enggak minimal 200 blog per hari. Waw.. capeknya. 

Makanya kerap ada yang kadang komen di blog, "Ditunggu kunjungan baliknya." Aku rasa orang ini sangat menggantungkan trafic blognya dari blogwalking dan berharap blogwalkingnya ke blogku tidak sia-sia. Begitu kan? 

Padahal untuk dapat pengunjung banyak ada banyak faktor yang mempengaruhinya, diantaranya; penjudulan, muatan postingan, muatan gambar, dan konsistensi dalam menulis blog.

Banyak sekali yang menyepelekan judul postingan blog. Padahal judul itu yang sering diindeks google. Ada yang menyamakan menulis blog itu sama dengan menulis buku, atau menulis di media, sehingga tulisan dan judul dibuat memikat pembaca. Hei, jangan lupa guys, dalam dunia blogging yang perlu kita pikat adalah mesin pencari, BUKAN PEMBACA? Its true.

Dan memikat mesin pencari itu tidak serumit memikat pembaca. Tak perlu bersastra atau membuat kalimat puitis. Mesin pencari hanya butuh tulisan yang fokus dan sesuai dengan pembahasanmu. Yang perlu kau catat, mesin pencari tidak akan menilai keindahan tulisanmu. So, jangan takut menulis karena tulisan jelek di blog.

Dua hal utama ini yang penting. Jika dua ini sudah kau kuasai, tak perlu kau mengharap pengunjung dari blogwalkingmu. Cukup diteruskan dengan konsistensi nulis setiap hari dan booster blog. Kau akan dengan mudah mendapat pengunjung tanpa capek-capek memelas mengaharap dikunjungi balik. Justru orang-orang yang akan butuh blogwalking ke blog kamu.

Intinya begini: jika kamu mengharap dapat kunjungan banyak dari blogwalkingmu, blogwalkinglah ke blog-blog yang punya pengunjung banyak. Yups, dalam blogwalking juga perlu dipilah, jika kamu blogwalking ke blog yang sepi, hitungannya akan dapat visitor 1 dan page view minimal 2 dari yang punya blog. Kalau dikunjungi balik, kalau enggak? Tetapi jika di blog yang ramai, bisa jadi kesempatannya lebih besar dari pengunjung yang lain. Makanya penting menjadi pengunjung pertama sebuah blog itu bisa dilirik calon pengunjung berikutnya. 

So, sampai kapan kamu akan mengemis kunjungan balik? Nantikan tips blogwalking yang efektif selanjutnya. :D

47 comments:

  1. Tks ilmunya ya Mb..memang betul kita harus pandai memikat mesin pencari dan booster blog kita.. resep dari Mba Nunu tersebut saya praktekkan ..Alhamdulillah hasilnya ruaaar biasa..semula nol pengunjung..dalam 1 bulan naik jadi 5000 pengunjung..:)

    ReplyDelete
  2. Komen berkualitas dan reply komen manjur banget tuh

    ReplyDelete
  3. paling sebel kao ada tulisan,silahkan berkunjung baik ya....g bakal q kujung balik hehe.bewe itu asik,nambah teman,nambah rezeki..paling utama saya bewe ke blog teman2 yang komen,setelah baru baru bewe ke teman2 yg muncul di dsashboad...^^

    ReplyDelete
  4. saya juga pengen dikunjungi 1500 pengunjung setiap harinya, tapi bagaimana caranyanya? Kunjungi balik dong hahahaha

    ReplyDelete
  5. Ya jangan nulis jelek juga di blog, Nu. Aku utamakan konten dan informasi bermanfaat. Tanggung jawab moralku juga kepada pembaca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin mak haya bisa nulis begitu... Tapi setiap hari dijamin deh ngos2an. 3 bulan klepek2....

      Delete
  6. Tambahan, kalo cuma modal tulisan jelek, tapi pengin nongol di mesin pencari, ya, jadi blogger anonim aja, Nu. :) Ga peduli konten yang penting nongol di mesin. Kalo temenan sama pembaca ada engagement. Kalo temenan sama mesin ga ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Applaus buat blogger dan penulis senioooor... Prokprokprok.
      Nggak mudah lho memulai konsisten nulis blog setiap hari. Apalagi tulisan bagus kayak tulisan penulis Haya Aliya Zaki :)

      Delete
    2. Eh iya, darimana pembacanya mak? Kalau bukan dari mesin pencari? Kalau penulis dan blogger sekelas Haya Aliya Zaki sih percaya, polowernya banyak, dan sudah memiliki pembaca jadi gak perlu temenan sama mesin pencari :D

      Delete
    3. Aku bukan bilang ga perlu temenan sama mesin pencari, Nunu. :) Tapi, tetap perhatikan isi blog. Bukan dibiasakan asal jelek isinya, yang penting nongol di mesin pencari. Kemarin itu aku nemu tulisan blogger berdasarkan mesin pencari. Nemu, sih. Tapi begitu baca kontennya, aku kayaknya ga bakal main ke situ lagi. Aku suka baca tulisan Nunu salah satunya juga karena konten. Semoga bisa dipahami ya, Nunu. :)

      Delete
    4. *menyimak 2 emak kondang sedang berdiskusi*

      Delete
    5. Hmm.. mungkin yang aku maksud mirip-mirip seperti yang dibilang mbak Haya gini mbak. Artikelnya nyangkut di mesin pencari, tapi begitu dibuka dan dibaca orang beneran, eh isinya tak sesuai seperti yang diharapkan. Artinya kan si penulis terlalu menarget mesin pencari, tapi melupakan pembaca real.

      Angkat topi sama mbak-mbak semua deh. Aku mah masih belajar. Tulisanku nggak ada yang bagus. Makanya sering mampir kesini, pengen belajar... :-)

      Delete
  7. Tips blogwalking yang mantaap mbak...harus cari judul yang pas nih...makasih mbak :)

    ReplyDelete
  8. Saya malah suka illfeel kalo ada yg komen trus bilang, 'ditunggu kunjungan baliknya, yaa'...
    kesannya jadi nggak tulus gitu mbak. hehe

    ReplyDelete
  9. Aku sukak gelik sama yang komen 'ditunggu kunjungan baliknya' karena bikin aku jadi ngga pengen main ke blognya.. Wahahah.. :D

    ReplyDelete
  10. seep mbak nunu,,aku berguru padamu mbak,,,,makasih banyak ilmunya ya,,,

    ReplyDelete
  11. Masukan dan ilmu lagi bagiku.siiip.Berusaha konsisten nulis dulu

    ReplyDelete
  12. hahaha, padahal esensi menulis di blog adalah memberikan pencerahan dan berbagi ilmu kepada orang lain, apalah arti receh-receh yang dihasilkan dari "ads" (tapi kalo menghasilkan Jutaan perbulan ya ngarep juga hehe).

    Kalo saya sih, ikhtiar terus buat tulisan yang menarik, mau yang datang banyak syukur kalo gak ada yang dateng ya jangan sampe. hihi

    ReplyDelete
  13. Setuju .. kalau saya ngedapetin yang komentar kunbal, suka saya hapus aja mbak .. kejam ya saya ?.
    Memikat mesin pencari tentunya setelah kita posting biasakan postingan kita di submit ke webmasters tools, biar artikel kita cepat di indek ya .. 1- 2 menit sudah bisa muncul di mesin pencari.. ..

    ReplyDelete
  14. errr... saya sering blogwalking, tapi jarang ninggalin komen... itu blogwalking juga kan?

    ditunggu kunjungan baliknya yaaaa... *kemudiandilemparmonitor

    ReplyDelete
  15. newbie mbak, jadi harap maklum

    ReplyDelete
  16. Mencerahkan sekali, Mbak Nunu. sangat efektif untuk jangka panjang. oh iyah, ditunggku kunjungannya *eh. ditunggu tips bw selanjutnya, mbak ;)

    ReplyDelete
  17. Kalau untuk mesin pencari mudah saja triknya, yg pling pnting bikin judul postingan unik, kl blogwaking buat saya sudah jd kewajiban, berkomentar di blog lain tujuan saya mengasah kemampuan berfikir saya mb, perkara admin berkunjung balik ke blog saya atau tidak no sekian, cuma saya berusaha dalam berkomentar serelevan mungkin k blog yang saya kunjungi sesuai dg topik yang d bahas, salam kenal mb..

    ReplyDelete
  18. hihihi.. komennya macem-macem.. jadi tambah belajar. makasih, Mbak Nunu :)

    ReplyDelete
  19. aku mau memikat kamu aja deh.. #eaaa hihii

    ReplyDelete
  20. Blog saya masih curhat-curhit, jadi sering lupa kalau harus punya trik dalam nge-blog. Tapi kalau Rank sudah turun, baru bingung! :)

    ReplyDelete
  21. ooh gitu ya, sip deh.. perlu dicoba nih :)

    ReplyDelete
  22. Kalau nulis di blog, kata-kata nya gk perlu bagus banget ya mbak. Kecuali ikut lomba blog, tulisannya harus bagus, puitis dan memikat juri..

    ReplyDelete
  23. Bagus sekali urainnya, simpel tapi bagus... :D

    ReplyDelete
  24. Saya kira optimamalisasi mesin pencari penting unt perkembangan blog, tapi tdk boleh dilupakan bhwa tujuan menulis adalah unt bisa dibaca manusia dan berguna bagi banyak org

    Mesin pencari jga akan mempertimbangkan bounce rate yg dimiliki setiap halaman untuk memutuskan apalah layak postingan tersebut mendapat posisi yg lebih baik d SERP

    Smakin besar bounce rate yang dimiliki, semakin kecil kemungkinan dpet pngunjung dri search engine dan bounce rate sangat tergantung dg bagus tdaknya artikel, berguna atau tdaknya postingan yg kita buat

    Unt kata kunjungan balik saya setuju, justru org yg komen hnya unt mendatangkan trafik sangat berpengaruh trhadap blog yg kita kelola karena memperparah bounce rate yg dimiliki, umumnya mereka hnya berkomentar lalu pergi tanpa membaca artikel yg kita buat

    Klo saya Mbak, org yg komen kunjungan balik, atau makasih artikelnya hnya mencari backlink tnpa membaca artikel yg saya buat, akan saya masukkan ke dlam folder spam, hehehe, jadi hitungannya satu sama

    Dia menurunkan kualitas artikel dengan memicu besarnya bounce rate yg kita miliki, dan dg masuknya komen mereka di spam maka tinggal menunggu saja hukuman dri Google unt blog yg mereka miliki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.. setuju nih sama mas Gunawan ^_^

      Hmm.. kalo blogger Blogspot boleh dibilang nggak berharap backlink donk ya mas dan mbak. Karena link yang mereka tinggalkan di setiap komentar blog blospot bukan link yang langsung mengarah ke blognya, melainkan ke profile G+. Defaultnya kan comment as google account ^_^

      Delete
    2. Kayaknya cuma baca caption gak baca secara keseluruhan

      Delete
  25. hmm, saya malah masih berusaha untuk konsisten nulis mak Nunu hehe. baru kepikiran tentang traffic abis baca posting ini hehe :')

    ReplyDelete
  26. Saya malah posting aja jarang mbak,hihihi blogwalking juga jarang banget... Alhasil visitor blogq sepi, hehehe

    ReplyDelete
  27. dalam dunia blogging yang perlu kita pikat adalah mesin pencari, BUKAN PEMBACA

    Hmm.. kalo itu sih menurut aku tergantung yang punya blog sih mbak. Tujuan dia ngeblog buat apa. Menurut aku sih ngeblog lebih ke personal si pemilik blog. Terutama untuk personal blog, aku rasa tujuan utamanya bukan traffic dari search engine.

    Aku bilang begini karena aku sering kesel. Kesel karena sedikit banyak, SEO berperan dalam menumpuknya artikel sampah di media internet. Sering aku cari informasi, ketik di google, banyak muncul artikel-artikel di blog, nggak jarang mereka copy paste. Dari segi SEO, artikelnya memang bagus, tapi minim informasi. Bagus di mata SE, tapi buruk untuk manusia.

    Optimasi SEO memang penting, tapi perlu diimbangi. Jangan melulu mengejar SE, tapi melupakan manusia sebagai pembaca real.

    IMHO ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. Saya gak bahas SEO sama sekali.. Yang saya tekankan gak perlu ragu nulis blog meskipun tulisan jelek. Emangnya situ yang sudah jago nulis? Beberapa teman saya yang memulai ngeblog selalu mengkhawatirkab tulisan. Makanya aku bilang kita gak sedang memikat pembaca seperti di media massa. Tapi memikat search engine. Bukan berarti tidak mementingkan kaidag tulisan. Tapi KUALITAS dalam proses menulis sendiri itu perlu di asah.

      Mungkin bagi kamu mudah menulis bagus yang asal nulis. Tapi tidak bagi yang baru memulai

      Delete
    2. Hmm.. Sebelumnya mohon maaf ya mbak.. Apa yang saya bicarakan sumbernya dari pengalaman. Sering kecele kalo lagi gugling dan nyangkut ke blog yang kata search engine nyediain informasi yang aku cari, tapi ternyata malah nggak ada.

      Kadang juga tulisan yang mereka sajikan kurang enak dibaca manusia. Apa itu artinya aku jago nulis? Nggak kok. Liat aja blog aku, nggak ada yang suka.

      Aku juga pemula kok mbak. Kalo ada temen yang mau mulai ngeblog, trus tanya ke aku, aku biasanya bilang, "tulis aja apa yang mau kamu tulis".

      Mungkin aku yang salah ya mbak. Yang aku maksud itu mereka yang terlalu mementingkan SEO, sampai-sampai kata-kata di tulisannya khas SEO sekali.

      Benar seperti yang mbak Nunu bilang, menarget SEO bukan berarti harus tunduk pada SE. Kita yang harus mengendalikan SE. Target SEO, tapi tetap ertahankan kualitas tulisan. Setuju mbak

      Delete
    3. Btw, emang aku ada bilang tulisannya mbak Nunu jelek ya? Nggak ada kali mbak. Mbak Nunu yang lagi sensi nih kyknya :D

      Lagian mana berani mbak aku bilang tulisan blogger sekelas mbak Nunu gini jelek. Yang ada malah kualat ntar akunya..

      Aku cuma bilang beberapa blog yang terlalu SE oriented, tulisannya cuma menembak beberapa keyword, emang pas kena, tapi informasi yang disajikan nggak sinkron. Kadang malah cuma buat ngibulin SE.

      Apakah tulisannya mbak Nunu begitu? Nggak kok, sama sekali nggak. Makanya aku sering kesini.

      Delete
  28. ikut komen jg di sini mbak, krn pengunjung blog mb Nunu banyak :-)

    ReplyDelete
  29. nice tips, bener banget banyak faktor yg bs meningkatkan traffic blog.

    ReplyDelete
  30. Sebenarnya selain judul yang bagus dan materi yang bagus, juga pemilihan kata pada tag juga menjadi kunci supaya tulisan kita sering nongol di mesin pencarian.

    ReplyDelete
  31. Sebagai anak desa dan pemula dalam dunia blog ngeblog sangat bermanfaat. Salam sukses untuk para senior..:)

    ReplyDelete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog