Saturday, May 03, 2014

Foodcourt Online Sejengkal Tap Telunjuk di Foodpanda

Suasana Food Court di sebuah Mall (sumber)
Foodcourt, tentu banyak yang tau dengan istilah satu ini, apalagi bagi anak mall yang doyan olahraga jalan muterin seluruh area mall. Ujung-ujungnya hangout bermuara di foodcourt, sekedar ngobrol atau bercengkrama bahkan aku kerap menjadikan foodcourt sebagai tempat appoinment dengan teman.

Konsep foodcourt ini bisa kita temui hampir di setiap mall. Tempat di mana berkumpulnya para pedagang makanan menjadi satu area yang disediakan oleh pengelola mall. Sehingga pengunjung mempunyai ragam pilihan makanan yang ditawarkan. Dibanding aku datang langsung ke restoran aslinya, aku bisa mix and match antara makanan dan minuman sesuka hati dari penjual berbeda. Ini nih yang aku suka dari konsep foodcourt, tak perlu capek muterin seluruh mall hanya untuk menentukan menu yang cocok. Tinggal datang ke satu tempat saja.

Namun, apa daya jika langkah kaki tak bisa keluar rumah karena kesibukan, sakit atau tak ada waktu untuk membuat jamuan makanan untuk tamu? Pilihan lain memang mengandalkan food delivery service dari beragam restaurant yang menyediakan service tersebut. Sayangnya, otak manusia (apalagi aku yang kerap kambuh pikunnya) tak mampu menghafal restaurant mana saja yang menyediakan delivery service. Satu-satunya mungkin restaurant cepat saji yang menunya itu-itu saja.

Karena kegalauan tersebut, aku ngebayangin bagaimana ya jika foodcourt ini dibuat sistem online? Untuk memburu waktu aku tak perlu datang langsung ke tempatnya tapi tetap aku memiliki pilihan menu banyak yang bisa kusesuaikan dengan seleraku. Atau mungkin aku bisa memilih banyak menu berbeda untuk tamu atau keluarga. Konsep foodcourt online dimana seluruh restaurant di Indonesia berkumpul jadi satu dalam sebuah situs.
Aplikasi Foodpanda di android
Solusi tersebut aku temukan di foodpanda.co.id atau lebih dikenal dengan Foodpanda Indonesia yang menyebar di area Jabodetabek serta 4 kota besar lainnya yaitu, Bandung, Makassar, Medan dan Surabaya termasuk tak ketinggalan pulau Bali tempatnya para turis. Lebih dari 300 restaurant di Indonesia bergabung menjadi satu dalam delivery service Foodpanda Indonesia. Bisa kubayangin jika foodcourt beneran akan seluas apa ya? Perkiraanku jika 1 lantai mall Royal Plaza berisi kurang lebih 100 ruko, setara dengan 3 lantai mall Royal Plaza Surabaya. Tuh kan, sejengkal tap telunjuk atau jempol tangan di situs Foodpanda Indonesia setara dengan muterin 3 lantai mall.

Apalagi beberapa restaurant yang tidak menyediakan delivery service menyediakan delivery servicenya melalui Foodpanda Indonesia ini. Sebut saja restaurant pancake favoritku, Pancious, meskipun memiliki situs resmi, mereka tak memiliki sistem delivery service, justru delivery servicenya tersedia di Foodpanda.

Teman-teman yang ada di ibukota apalagi Jakarta, tak perlu capek-capek terjebak macet. Tinggal buka smartphone dan tap foodpanda.co.id. Atau bisa dowload aplikasinya melalui app store atau google store. Aplikasinya bisa langsung diakses dengan atau tanpa sign up. Lebih mudah jika kita melakukan sign up lebih memudahkan akses yang menyimpan otomatis alamat pengiriman.

Kalau dipikir-pikir sih daripada beli langsung ke restaurant dimakan di tempat ataupun dibungkus harganya jauh lebih murah delivery food di foodpanda. Dulu waktu ke Pancious sama sekali aku tidak mendapatkan diskon. Tetapi di foodpanda ada penawaran tertentu. Coba lihat list harganya dibawah ini. Lumayan hemat kan? Apalagi kalau beli banyak lebih murah dan menghemat ongkos pengiriman. Bahkan di beberapa tempat ongkos delivery foodnya bisa gratis. Asyik ya? Gak capek, diskon dan gratis ongkir.
Diskon pancake di Pancious Foodpanda 
Untuk memakai aplikasi Foodpanda mudah saja. Setelah masuk ke aplikasinya kemudian pilih kota dimana kita stay yang otomatis akan keluar list bermacam restoran di kota tersebut yang bekerja sama dengan Foodpanda Indonesia. Setelah itu pilih restaurant yang diharapkan, akan muncul list makanan beserta informasi harga, ketentuan dan ongkos kirim. Mudah bukan? Ternyata hanya berjarak sejengkal tap telunjuk dapat mempersempit jarak dan waktu kita tak terbuang sia-sia dengan kemacetannya jalan. :)
Daftar resto di kawasan Bintaro yang bekerjasama dengan Foodpanda

11 comments:

  1. enak banget kalau order di Food Panda. Gak perlu keluar rumah, makanan enak datang :)

    ReplyDelete
  2. Wah.. Di Medan uda bisa rupanya. Jadi pengen coba, Mbak Nunu :D
    Maklum, panas kali kalo mau makan di luar. Hihihi :p

    ReplyDelete
  3. aduh mau order kejauhan... :D
    harga udah oke, sesuai dengan isi kantong :D

    ReplyDelete
  4. Daerah saya belum ad Mall Mbak Nunu, huhuhuhu...

    ReplyDelete
  5. Kereen, ada labelnya Halal di aplikasi ya, Mba. :D

    ReplyDelete
  6. wah keren juga nih aplikasinya, jadi pengen cobain kak. Makasih ya sudah share nya ;)

    ReplyDelete
  7. wah, , , ternyata bisnis makanan juga sudah terimbas era digital ya, klo begini segalanya akan makin praktis saja

    ReplyDelete
  8. Semakin mudah saja kalau nongkrong :)

    ReplyDelete
  9. waaa,,aku baru tau nih malahan ada aplikasi semacam itu,,wih enak donk kalo pake sistem kaya itu,,nggak perlu repot2 ya :)

    ReplyDelete
  10. Fassilitas yang kian memanjakan konsumen..terlebih ada label halal kemasannya :)

    ReplyDelete
  11. Jadi makin penasaran dgn Foodpanda mbak aku :)

    ReplyDelete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog