Monday, February 20, 2012

RESENSI BUKU : SAKTI DAN SAPI REBO

Resensi ini diambil dari catatan Facebook saya, dan pernah diikutkan dalam lomba resensi buku anak yang diselenggarakan Orin Keren di Facebook mendapat apresiasi pemenang ke-3. Alhamdulillah :D

Judul Buku : SAKTI DAN SAPI REBO
Penulis : SHABRINA WS.
Penerbit : Leutika Prio
Tahun : Februari 2011
Cover novel Sakti dan Sapi Rebo

Resensi :
Karena Kegigihan Sakti

Rebo. Begitulah nama pemberian dari Sakti, sang pemelihara yang begitu penyayang dan telaten merawatnya. Maklum, Rebo adalah sapi malang yang terlahir premature dan harus hidup tanpa Ibu karena dijual oleh pemiliknya. Padahal sapi premature belum tentu bisa hidup normal apalagi tanpa asupan air susu dari induknya. Walau akhirnya Rebo memiliki keluarga baru, Ia tinggal dalam satu kandang bersama kambing-kambing peliharaan sakti dan menganggap Induk kambing itupun sebagai Ibunya, ya Ibu kambing sang ibu tiri.

Namun sapi tetaplah sapi yang meski masih bayi, Rebo tetap tidak bisa menyusu kepada kambing yang masih terlalu kecil ukuran tubuhnya bagi Rebo. Untuk itu, setiap hari Sakti harus memerah susu kambing agar gizi Rebo yang premature tetap tercukupi. Hingga akhirnya Rebo bukan hanya sekedar Sapi biasa, ia bisa menjadi sumber inspirasi bagi siapapun. Baik bagi sakti maupun bagi teman-temannya terutama Tati yang mempunyai masalah dengan ibu tirinya.

Yang tak kalah menarik bagi saya dalam buku ini juga diajarkan bagaimana tentang mengikhlaskan bagian yang kita sayangi untuk menolong orang. Dialah Sakti menjadikan sapinya sebagai Rebo Penolong bagi kelahiran tetangganya, hingga Rebo hampir disembelih. Kerja keras sakti dalam merawat Rebo juga petualangan Sakti dalam mendapatkan Rebo inilah yang menyimpan banyak pesan moral yang bisa diambil pembaca sampai Rebo bisa didapatkannya kembali dan beranak-pinak hingga dapat membiayai sekolah sakti. Semua memang karena kegigihan Sakti.

No comments:

Post a Comment

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog