Friday, April 29, 2011

Apa Saja Ladang Uang bagi Blogger?

Tadi pagi ada yang menyaksikan “Kabar Pasar di TV One”, di sana menyebutkan seorang blogger dari Rusia bisa mendapatkan uang minimal 10juta sampai ratusan juta hanya dengan menjadi pengiklan video di blog. Keren ya! Saya saja pengen. Sayangnya saya belum bisa unggah video dan sepertinya si blogger tersebut menjadi pembuka ladang dan inspirasi blogger lain untuk melakukan hal sama sebagai sumber dollar.
Sementara jika di Indonesia, ada banyak sumber dollar, tetapi di sini akan saya sebutkan dua point saja ya. Biar kalian enggak pada bingung.

  • Adsense, yaitu iklan yang disediakan oleh layanan penyedia iklan. Mereka menyediakan iklan untuk kita pasang di google. Dan bayaran yang kita dapat adalah berapa banyak pengunjung blog yang ngeklik iklan yang kita pasang di blog. Tahukah berapa bayaran adsense? Untuk iklan baris (iklan dalam bentuk kalimat) biasanya hanya Rp.200-300 perak per klik. Sementara untuk iklan bergambar bisa Rp.1.000/klik atau 0.1 $/klik. Klik-klik tersebut diakumulasikan, dan jika terkumpul dalam batas jumlah tertentu (misal, Rp.100.000) baru bisa diambil.

Ada banyak penyedia iklan. Ada yang dari google langsung (bayarannya dollar) dan ada yang rupiah penyedianya ada di Indonesia. Untuk mendapatkan adsense dari google perlu kriteria tertentu salah satunya memang harus blog bagus, berpage rank dan alexa besar. Sementara yang biasa pun ada. Ada banyak banget jika kalian mau nyari, saya sebutkan dua yang recomended yang saya pernah dibayarkan. Soalnya diantara yang banyak tersebut, tidak sedikit juga yang spam, menipu, kita tak dapat bayaran. So, kudu hati-hati juga. Contohnya, idblognetwork.com dan kumpulblogger.com


  • Review, adalah mengulas produk/web/jasa sesuai dengan permintaan klien. Rata-rata mereka mengharapkan minimal 1 back link dari blog kita. Nah, klien ini bisa didapatkan langsung oleh marketing perusahaan, bisa juga dari penyedia iklan. Termasuk google juga menyediakan review yang dibayar dengan dollar. Mereka selain menyediakan iklan juga menjadi penyambung antara marketing dan blogger. Berapa bayaran review? Setidak untuk review di Indonesia rata-rata minimal Rp.100.000 – jutaan tergantung bagaimana negosiasi kita dengan marketingnya.

So, jika ingin memilih kalian ingin yang mana?

No comments:

Post a Comment

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog