Monday, July 14, 2014

Outbound Seru Bersama Anak Yatim Sidoarjo

Liburan sekolah memang telah usai, tetapi moment liburannya masih membekas dan melekat kuat untuk diceritakan di blog ini.

Yap, meskipun aku bukan lagi anak sekolah, aku selalu ikut merasakan serunya liburan anak sekolah. Hehehe, tak lain karena ikut suami yang sedang mengisi liburan bersama anak-anak binaannya. Si yatim yang kurang beruntung dibanding dengan mereka yang masih merasakan kasih sayang. Jangankan ngomong liburan, untuk sekolah saja harus mereka pikirkan. Mungkin daftar liburan di masa liburan sekolah mereka, berada di urutan terakhir, yang penting bisa sekolah untuk masa depan.

Di situlah peran suami dalam pekerjaannya. Dia akan banyak bersinggungan dengan anak-anak yatim. Membuat program-program belajar untuk mereka, memfasilitasi pendidikannya, sampai turut membantu si yatim ketika ada kesulitan sekolah. Termasuk moment liburan mereka juga menjadi agenda program suami. Tentu mereka butuh refresing, tak hanya dijejali dan dituntut untuk belajar tanpa diberikan kegiatan yang fun dan menyenangkan.

Liburan tahun ini dalam bentuk outbound, khusus anak yatim binaan yang enggak tinggal di panti asuhan, yang disebut anak binaan GENIUS. Anak-anak ini tetap tinggal di rumah masing-masing, tetapi tiga kali dalam satu minggu mereka berkumpul 5-12 anak tiap kelompok, untuk belajar di rumah belajar yang sudah ditentukan masing-masing kelompoknya, dengan dibimbing salah seorang guru yang disebut, Guru Genius. Kegiatannya, mengaji, les bimbingan belajar harian, serta pembinaan mental agar tidak minder karena keyatimannya.

Mereka dikumpulkan menjadi satu untuk daerah Sidoarjo saja. Kemudian dengan menyewa 5 mobil angkutan umum, mereka dibawa ke lokasi outbond di daerah Jalasari.

Mereka nampak gembira, setelah mengetahui lokasi outbound jadi satu dengan lokasi kolam renang. Sedari rumah memang diberi tahu untuk membawa ganti baju. Selain outboundnya berkotor-kotoran, mereka bisa renang setelahnya. Antusias pun terlihat, ketika mereka diizinkan berenang sepuasnya dengan catatan melakukan kegiatan outbound terlebih dahulu.

Outbound dimulai dengan senam untuk melenturkan otot-otot, karena kegiatan outbound akan menguras energi mereka. Kemudian dibagi menjadi 4 kelompok, dua kelompok putra dan dua kelompok putri.

Semuanya terkejut saat beberapa peralatan tani dikeluarkan. Yap, outboundnya lebih kepada pengenalan pertanian kepada mereka. Mulai dari capil (topi tani), arit, bendo, gaman, cangkul, dan sebagainya. Selain dunia pertanian juga ada flying foxnya dan lebih seru ada sesi menangkap lele. Paling riuh, karena kelicinan tubuh ikan satu ini. Masing-masing kelompok melakukan kegiatan yang berbeda, sehingga bisa rolling semua kegiatannya.

Selanjutnya gambar-gambar inilah yang akan bercerita kepada kalian :D











16 comments:

  1. uwaaaa seru banget outbondnya mbk nu^^

    ReplyDelete
  2. wah aysik bisa main disawah ya nanam padi

    ReplyDelete
  3. Seru bngt tuch Mbak kayaknya... mana indah bnget sawahnya :D

    ReplyDelete
  4. Ikut merasakan nih...betapa serunya ya outbond apalagi bareng anak yatim...pasti mereka sangat bahagia ya Mbak...

    ReplyDelete
  5. Aku jugak mau, Mbaaaak.. Seru banget iss keknya :D

    ReplyDelete
  6. wah ternyata puasa juga masih memiliki semangat yang tinggi ya mbak...

    ReplyDelete
  7. puasa-puasa tetap semangat dan lebih banyak menjala pahal dengan membahagiakan anak- anak yatim.

    ReplyDelete
  8. Seru banget keknya. Lokasi tepatnya dimana nih, Mbak?

    ReplyDelete
  9. seru dan hijau sekali, pastinya menyenangkan dan menyegarkan ya ...

    ReplyDelete
  10. aaahhh... senangnya :')
    kapan yaa saya bisa ikut serta ... :') pengen, mbak...

    ReplyDelete
  11. rame ya,,pake acara nanam padi juga
    coba tiap hari,, wkwkwk

    ReplyDelete
  12. Nangkap lele..? hiii liciinnya, emang gak takut dipatil ya..?

    ReplyDelete
  13. Ah gak berani nangkep lele, takut kena patilnya hehehe :D

    Anyway acaranya asik dan penting buat mereka. Penting begete dah

    ReplyDelete
  14. Wah asik tuh outbond di sawah, jadi pengen ikut :D

    ReplyDelete
  15. Outbondnya kreatif... tif...tif...tif.... ^_^

    ReplyDelete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog