Tuesday, July 15, 2014

Masjid Jami Nurul Huda Belahan Rejo dengan Seribu Kenanganku


Sejenak kami mampir sholat maghrib di Masjid Jami Nurul Huda di desa Belahan Rejo, Kedamean Gresik. Sudah lumayan temaram. Karena sebelumnya memang mampir sebentar untuk menyantap kesegaran berbuka dengan takjil dawet di pinggir jalan. 

Jamaah maghrib sudah hampir selesai saat kami tiba. Masih lumayan lengang, mungkin karena hari puasa pertama sehingga banyak yang berbuka di rumah terlebih dahulu.

Masjidnya sendiri sama seperti masjid pada umumnya. Merupakan satu-satunya masjid desa yang digunakan untuk jamaah besar, seperti sholat jumat dan sholat hari raya. Namun yang menjadi ciri khas utama masjid di daerah sana adalah adanya pohon besar yang berada di sekitarnya, tepat berada di samping depan masjid. 

Aku memang tidak punya sejarah dengan masjid ini. Tetapi kenangan tentang desa Belahan Rejo amat kuat. Dulu aku sering menyabaninya. Almarhum emak dulu jualan baju dan dikreditkan termasuk sampai ke desa ini. Sehingga ketika emak meninggal masih tersisa beberapa tagihan kreditur, dan aku yang harus menagihnya satu-satu dari rumah ke rumah. Bahkan sebenarnya masih banyak tagihan yang tak tertagih dan kubiarkan sebagai amal emak. Ya Allah terimalah....

Dan yang kedua, karena sering menyabani kemari, aku jadi kenal cowok-cowoknya. Dikenalin oleh teman-teman dan sering diajak mampir bahkan nongkrong sejenak di tongkrongan mereka. Aish.. Ketahuan ya, tabiat masa laluku.

Sehingga dengan masjid ini sebenernya nampak biasa. Justru yang paling dikenal adalah, waduknya, waduk Belahan Rejo. Yang terletak di seberang jalan tak jauh dari masjid. 

Jika masa kemarau akan kering dan akan meluap pas musim hujan. Dan yang enggak bisa dilupakan tahun 90-an di tempat tersebut pernah terjadi meletusnya balon udara yang dibuat oleh para mahasiswa Untag yang sedang KKN di Belahan Rejo. Sampai heboh, karena meletusnya pas dengan acara pemilihan kepala desa dengan masa yang rame. Hingga menimbulkan beberapa korban, yang konon mendapat pertanggungjawaban dari pihak Untag. 

Itulah secuil ingatanku akan seribu kenangan yang hadir saat di masjid Belahan Rejo ini. 

8 comments:

  1. Kalau ketemu dengan tempat yang berkesan pasti ada cerita didalamnya

    ReplyDelete
  2. kedamean gresik itu lumayan dekat dgn rumahku mbak,,,

    ReplyDelete
  3. Masjidnya bagus.. Ada pohon besar pulak di halamannya.. Pasti rindang deh :D

    ReplyDelete
  4. indah sekali ya masjid nya ;)

    ReplyDelete
  5. kalo di siang hari pasti pohonnya yang bikin teduh

    ReplyDelete
  6. Masjidnya bagus ya mbak... btw itu pohonnya kok keliatan serem :D

    ReplyDelete
  7. Sepertinya ada yang salah deh dengan info di masjid jami' nurul huda belahan rejo ini...untuk tragedi meletusnya balon udara itu bukan di buat oleh mahasiswa untag yang lagi KKN, seingat saya tahun 1992 ada hampir `10 rb balon yang mendarat di belakang masjid nurul huda pas menjelang magrib yang ada tulisanya "Opspek mahasiswa ITATS surabaya, saya juga sempat mengkliping saat itu, kliping itu saya letakan di kantor lurah di balai desa belahan rejo....Insya allah seperti itu

    ReplyDelete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog