Monday, April 07, 2014

Cara Aman Daftar Pasang Baru Listrik di PLN Taman

PLN Rayon Taman - Sidoarjo

Hari gini belum pasang listrik?

Emang yang namanya listrik itu kebutuhan utama meskipun bukan kebutuhan pokok setidaknya listrik itu penting (zaman sekarang). Kita yang baterainya habis butuh listrik. Iya sih ada power bank, power bank kan jug butuh aliran listrik. Hehehe. Mau hiburan televisi juga butuh aliran listrik dan perangkat rumah tangga kebanyakan juga tergantung listrik, seperti kulkas, microwave, ricecooker, bahkan sampai kompor ada yang pakai listrik.

Tempat pendaftaran pasang baru
Beberapa hari yang lalu aku daftar pasang listrik baru untuk kebutuhan rumah tangga. Aku baru tahu ternyata kebutuhan listrik itu dibedakan, ada untuk kos-kosan, home industri, kantor, rumah tangga dan lain-lainnya. Aku butuh pasang listrik baru untuk rumah yang hampir selesai dibangun. Karena rumahku di daerah Bringinbendo, area PLNnya masuk rayon PLN Taman.

Kupikir ribet mekanismenya. Apa-apa kalau cuma dibayangin ya enggak akan tahu. Setelah dicoba gampang banget euy. Enggak pakai perantara kayak dulu. Meskipun sekarang sudah ada tulisan PLN Bersih dan bebas calo ternyata masih banyak juga lho yang nawarin aku membantu pasang listrik baru dengan tarif 1.400.000 (satu juta empat ratus ribu). Sementara kalau pasang sendiri cuma habis 698.000 (Tujuh ratus ribu kembalian dua ribu). Dua kali lipat kan?

Daripada lewat orang mending daftar mandiri saja. Tapi eits, hati-hati ya. Meskipun kita bisa lepas dari calo kita enggak bisa lepas dari yang namanya PEMERASAN. Orang-orang lapangan rawan memeras calon pelanggan PLN. Iya dalam proses pasang listrik di rumah, aku mengalami beberapa kejadian dugaan pemerasan dan penipuan. Ngeri deh, mungkin akan kuceritakan di lain post saja ya. Kali ini aku mau bahas tentang bagaimana proses daftar pasang baru di kantor PLN.

  1. Datang ke kantor PLN terdekat yang melayani area rumah dengan membawa KTP. Enggak usah difoto kopi cukup KTP saja. Karena aku belum pindah alamat di KTP Sidoarjo maka aku bawa KTP mertuaku. Mau bawa KTP suami kelupaan. Yang aneh kok bisa ya tanpa bawa surat kuasa? Ini yang menurutku rawan kebocoran. Bisa saja kan seandainya aku calo dan ngaku itu KTP mertuaku? Ya nggak?
  2. Ruang pelayanan pelanggan di PLN Rayon Taman
  3. Masuk di ruang pelayanan pelanggan. Di dalam sudah ada satpam jaga yang akan memandu kita. Saat masuk aku sudah disodorin nomor antrian yang sebenarnya bisa mencet sendiri. Meskipun aku daftar berdua sama tetanggaku nomor antriannya cukup satu aja. Dafatarnya barengan.
  4. Antri saja tunggu sampai nomor antrian dipanggil. Lumayan sekarang antriannya tidak banyak daripada ketika masih ada calo.
  5. Setelah dipanggil langsung menuju CS (Costomer Service) di sana akan ditanyai untuk apa kebutuhan apa listriknya, berapa dayanya, dan nomor telepon. Tapu ingat, jangan percaya dengan telepon dari provider, PLN biasanya pakai nomor resmi. Apalagi sms PLN tidak ada sms centernya. Hanya call center 123.
  6. Loket pembayaran PLN Rayon Taman
  7. Setelah dapat bukti cetak daftar pasang baru kemudian bayar biaya pendaftarannya sejumlah 698.000 di loket berbeda. Di PLN Rayon Taman berbeda pula ruanganya. Bisa juga dibayar di kantor Pos maksimal 1 bulan dari pendaftaran.
  8. Kemudian PLN akan melakukan survey. Penting diketahui survey ini hanya dilakukan ketika sudah bayar. Jadi pengalamku belum lunas sekalipun aku sudah disurvey, ternyata bukan orang resmi PLN. Aku curiga terjadi kebocoran data PLN yang nanti kuceritakan juga deh ya. Untuk memastika mintalah tanda pengenal atau kepegawaiannya dan tanyakan surat tugas dari PLN. Instansi resmi selalu membawa surat tugas bagi pekerja lapangan. Ini untuk jaga-jaga bila terjadi tindak kriminal. Bila perlu capture semuanya.
  9. Setelah lolos survey, baru akan dilakukan pemasangan. Nah, ini hati-hati. Biasanya saat pemasangan orang lapangan sering (berdasarkan pengalaman beberapa orang) melakukan PEMERASAN berkedok bayar uang untuk beli meteran dan kabel. Padahal semuanya sudah dicover PLN dari biaya 689.000. Jika masih melakukan pembayaran berarti terjadi PEMERASAN dan laporkan PLN.
Nah mudah kan untuk daftar pasang baru mandiri. Ternyata kebersihan PLN itu bukan saja berasal dari orang dalam. Tetapi juga berasal dari kita sendiri sebagaimana kita menghindari hal-hal yang berbau korupsi, suap dan pemerasa. Yuk bantu negara ini jadi bersih.


27 comments:

  1. setuju, hmm...baca postingan ini kita kudu hati2 ya terhadap jenis penipuan dan pemerasan. udah selamat di pendaftaran, bisa jadi kena dipemasangan listrik...

    ReplyDelete
  2. Wew gila tuh calo ya mbak, sampe2 orang bisa kena biaya 2 kali lipat. Untung mbak Nunu posting ini jadi bisa menyebarkan informasi agar kita2 lebih waspada. Makasih sharingnya mbak Nunu :)

    ReplyDelete
  3. Lebih baik kita lakukan sendiri ya, buat pengalaman. Daripada titip calo atau bahkan nanti ketipu calo...

    ReplyDelete
  4. Sangat membantu Mbak jika pngen pasang PLN, kbeneran kntor PLN dkat ma rumah saya...

    ReplyDelete
  5. beneran,zaman sekarang kudu hati2 banget...kapan hari pas listrik rumah konslet telpon PLN,diganti meterannya sama yang baru,kirain nyodorin yang harus saya bayar,eh taunya disuruh ttd aja...gratis :D, tapi kata teman2ku ada yang bayar,tuh kan harus hati2....

    ReplyDelete
  6. kalo calo bisa-bisa berat di ongkos,,,nggak kuat,,,

    ReplyDelete
  7. yang sering saya alami adalah pungutan liar pada saat kabel lepas kalo betulin telp nanti pasti bayar lebih dari 100.000 . bukanya itu dah kewajiban mereka ya? tapi di tempat say masih seperti itu...

    ReplyDelete
  8. postingan sangat bermanfaat..pungutan liar no, yang resmi yess, budayakan antri..biasanya inginnya cepat ya..jadinya nyuap

    ReplyDelete
  9. Salam....mo nanya bu itu pasang udah lgs nyala listriknya? Berarti pasang kabelnya ke dlm rumah buat lampu2 kita sendiri yang pasang ya bu.saya dah pernah daftr pasang baru tapi blm dibayar soale dgr kabar hrs punya slo and itu pihak ketiga yng biayanya skitar 1.8jt..saya jadi bingung bu maaf mohon pencerahannya...maturnuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear mbak raranthi... Duh mbak urusan sama pln mah ribet mbak. Katanya saja bersih. Padahal mah untuk slo bisa ngurus sendiri cuma 250an. Kadang yang nakalan itu pihak ketiganya

      Delete
  10. Kemaren saya melakukan pemasangan listrik baru. dan saya melakukannya melalui jasa PLN online. dan hasilnya memuaskan.

    ReplyDelete
  11. Baiknya gimana, ya, Mak Nunu. Rumah mau dipindahin dan daripada listriknya ikut pindah mending pasang baru, dari kwh ke pulsa. Kata suami akan butuh 700 ribu. Tapi itu lewat calo. Pengen daftar langsung ke kantor PLN. Tapi ngeri juga masa akan ada bayar ganda untuk meteran dan kabelnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak nyatanya PLN gak bener2 bersih dari korupsi. Aku daftar ke pln sendiri bayar normal. Dan sama orang lapangan dimintai duit buat bayar ini itu. Dengan berbagai alasan. Tetep aku gak mau bayar. Pakai diancam gak akan pernah mau masang punyaku. Tetanggaku yang bareng aku 3 hari sudah nyala listriknya sementara aku sampai lama gak dipasang2 sampai tiga minggu2 baru dipasang. Usut punya usut bapak mertuaku yang maju nambah bayar 700 ribu lagi. Aduuuh... Parah deh mbak. Aku sampai di ejekin para keluarga dan tetangga karena kekuh gak mau nyogok. Gatel tanganku pengen ku blow up. Aku belum sempet nulis aja protes ke PLN.

      Delete
    2. Kenapa oknum PLN yang korup itu tidak sadar bahwa uang hasil maksa akan buruk akibatnya pada diri mereka sendiri berikut keluarganya? Uang tersebut bisa membakar mereka di dunia dan akhirat kelak? Sepertinya oknum-oknum tersebut akan cepat kaya tetapi dengan imbuhan cepat kehilangan sesuatu, cepat dapat masalah berat, dan cepat bermusibah karena telah menimbulkan musibah bagi orang lain, serta yang utama cepat dihinakan di dunai dan di akhirat.
      Yang sabar, ya, Mak Nunu. Semoga Allah mengganti dengan hal terbaik.

      Delete
  12. hanya untuk tambahan. biaya di atas itu yang di bayarkan ke pln (daya 900 va) untuk biaya penyambungan dari jaringan pln sampai ke kwh(meter). sedangkan untuk intalasi dlm rumah itu tanggungan CP ( calon pelanggan ). sedangkan prosedur panyalaan pasang baru instalasi listrik harus ada SLO (sertifikat laik operasi) mau mengajukan SLO juga harus ada SJI (surat jaminan instalasi) itu semua tanggungan biaya dari CP. SLO yg mengeluarkan itu dari KONSUIL, sedangkan SJI biasanya dari BTL(biro teknik listrik).
    Mungkin itu jalur dari pasang baru listrik, kalo ada yg kurang jelas mending di tanyakan langsung ke kantor pln terdekat.

    ReplyDelete
  13. mohon info nya dong.... sebenarnya harus pke SLO atau ga...? selain sudah byr 689.000 saya di minta 70.000 + 350.000 untuk pembuatan SLO.

    ReplyDelete
  14. Ada2 aja cara mereka ya... kalau nggak di awal, tengah , atau akhir, ingin cari-cari tambahan ilegal. Thnks iformasinya Mbak Nunu :)

    ReplyDelete
  15. walah,, saya malah tambah bingung, sdh daftar online kena 1.244jt,, tp belum saya bayarkan lewat transf bank
    kalo daftar lewat oknum pln kena total 2.8jt,, pdhal cuma 1300VA aja,,
    oknum tersebut yg pasang instalasi dalam rumah, kalo biaya 2.8jt tersebut sdh meliputi biaya SLO, admin dll yg saya kurang paham.
    sampai skrng listrik msh blm terhubung ke PLN krn msh bingung,, mohon pencerahannya.. trm ksh -bogor-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous..
      Kalau ada yg kurang jelas tanyakn sj lgsg ke PLN atau call center 123.. mdh2an lbh mengerti.

      Delete
  16. Siiiip daah kalo.gini.kn.tau kita harus gmn,

    ReplyDelete
  17. bpk. pln terhormat tolong kalau kasih info ke calon pelanggan jangan setengah-setengah tolong yang komplit. apakah kalau udah dibayar BP nya itu bisa nyala? seingat saya baru kalau udah SLO itu bisa nyala.kalau dasarnya nyala SLO otomatis instalasi milik pelanggan/IML harus ada itu khan juga butuh biaya? jadi tolong berikan info yang saling menguntungkan. dan perlu diingat "kosleting listrik dapat menyebabkan kebakaran"

    ReplyDelete
  18. Itu kebetulan mudah, saya daftar pasang listrik kok susah alasan pln g ada jaringan, padahal mau membangun sudah daftar kepln ditolak tidak bisa belum ada bangunannya, setelah ada bangunanya daftar ditanguhkn tidak ada jaringan sampai kapan tidak ada batasan waktu, disurabaya kok kayak dipelosak terpencil aja.

    ReplyDelete
  19. kami pernah pasang listrik baru kos2an di sukodono, tanpa jasa calo bisa telp 123 akan diarahkan buat pasang baru, tambah daya, dll, kemudian kami tambah daya pake online pln123, kemudian bayarnya lewat kantor pos, ato bank jg bisa,, alhamdulillah proses cepat tanpa biaya tambahan,,, kami sebelumnya pernah pasang gak bisa2 ruwet,, kemudian kami sering nulis dikolom keluhan pelanggan online pln 123, ternyata lumayan respon positip dibaca banyak orang kali he he he

    ReplyDelete
  20. Ternyata mudah juga ya pasang baru listrik

    ReplyDelete
  21. mudah daftarnya..saat survey akan pemasangan petugasnya ruwet..PLN Malang Cab. Kebonagung..

    ReplyDelete
  22. PLN MALANG Cab KEBONANGUNG .. PETUGAS LAPANGAN RUWET LISTRIK GK DI PASANG ALASAN JARINGAN PENUH DLL.. HRS TAMBAH DAYA DLL.. HRS MENGHADAP DL BOS BU LINDA..TRNYTA SEK MBULET NANTI D SURVEY LG..KLO GK BS NAMBAH DAYA UANG PASANG BARU DIKEMBALIKAN..HUUFH SMOGA DAPAT GANJARAN DARI ALLAH..PDHL INI LISTRIK ORANG FAKIR MALAH DIPERSULIT..

    ReplyDelete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog