Saturday, February 15, 2014

Pancake Durian

ilustrasi from wikipedia

Percaya nggak percaya, baru awal tahun ini aku mulai suka durian. Jangankan suka, mencium baunya saja eneg apalagi makan. Orang jawa eneg bisa jadi dua makna. Eneg artinya karakter buah durian baunya tajam. Eneg satunya bisa jadi muak. Kebanyakan karena eneg baunya, jadi eneg juga makannya.

Kalau masalah rasa buah durian pada varian makanan nggak bisa diragukan. Aku masih mau makan. Mau itu ice cream rasa durian, bahkan sampai snack durian harga 500-an yang bungkus hijau itu, bisa kalap serenteng gak inget umur. Makanya aku mau nyobain pancake durian.

Nggak pernah tau sama sekali bagaimana bentuk pancake. Seingatku cuma sekali diajak makan pancake sama sahabatku makan pancake strawberry di McD. Itupun bikin aku eneg. Entah karena memang aku sedang tidak selera makan, aku cuma nyengir doang ngelihat sahabatku doyan banget makannya. Lain kali enggak akan deh makan pancake lagi.

Tapi begitu ditag iseng pemilik akun ol shop pancake durian, aku jadi ngiler. Biasanya dongkol banget kalau ditag gitu-gitu. Seenak maunya ngetag orang. Apalagi di instagram, akun ol shop ajaib bisa tiba-tiba muncul dan sok kenal sok dekat. Begitupun dengan yang ini, anehnya malah kutanggapi. Dan enggak mikir harga langsung menyepakati harga dan ongkirnya.

Padahal mahal lho. Harga 1 box pancake durian isi 10 harganya mencapai 120.000. Kala itu ada promosi beli 2 cuma 200.000. Inget adek yang suka banget durian jadilah aku join sama dia.

Ol shop ini adanya di Surabaya, jadilah lumayan tenang bisa bayar di tempat. Akunya juga nggak sabar pengen cepet-cepet ngerasain pancake durian.

Enggak lama, sorenya aku ditelepon sang kakak ipar katanya ada paket kue untukku. Memang pancakenya aku alamatkan ke rumah mertua. Selain lebih dekat daripada rumahku (baca: kontrakan) yang hampir di tengah kota, ada adek iparku yang akan bayarin dulu. Pas adek ipar keluar jadilah diterima kakak ipar.

Enggak enak juga sih sama kakak. Beli kudapan saja sebegitu mahalnya. Mungkin bagiku tidak karena ada faktor "P"-nya, pengen. Tapi bagi kakak, daripada uang sebanyak itu buat beli jajan sekali makan habis, mending buat yang lain.

Enggak enak itu semakin bertambah kala ol shopnya tanpa konfirmasi minta tambahan ongkir ke kakak iparku.

Ini nih yang nggak aku suka dengan bayar di tempat menggunakan jasa ol shop pemiliknya sendiri. Dan hampi setiap kali demikian. Ketika bukan aku sendiri yang menerima, mereka minta uang lebih kepada keluarga lain yang kebetulan menerima barangnya.

Hampir semua keluargaku memang gak ada yang beli ol shop kecuali aku. Sehingga iya aja ketika diminta ongkir lagi. Ada yang terus terang bilang minta uang capek muter-muter nyari alamat atau kadang buat beli bensin. Beragam alasannya. Sama keluargu yang notabene enggak tegaan, ya dikasih saja. Beragam mulai dari 5,000 sampai 20,000. Pikirnya mereka memang sudah capek mengantar.

Begitupun dengan pancake ol shop ini. Sebelumnya memang telah disepakati ongkir 10,000. Padahal ukuran JNE reguler hanya 5.000. Nggak papalah 10,000 toh dikirim langsung enggak nunggu besok.

Kalau masih minta nambah, bagaimana mungkin ongkir Surabaya-Sidoarjo totalnya bisa 20.000? Bisa jadi ini akal-akalan dia buat nambah keuntungan dengan memanfaatkan kakak iparku. Meskipun harga promo, bukankah sudah dihitung keuntungannya? Kok masih ngemis (maaf) ke pembeli?

Bukan masalah nominal, kecil mah 10.000, tapi mengenai layanan bagaimana pembeli (aku) bisa sampai merasa tertipu dengan ol shop ini. Memang mudah mencari pembeli (baru) tapi yang sulit adalah mencari pelanggan apalagi setia.

Ketika dikonfirm alasannya sama saja, muter-muter nambah bensin. Semuter-muternya enggak habis satu liter apalagi sampai 20.000. Dengan gaya kenesnya merayuku, "makasih ya mbak, bapaknya baik deh. Lain kali order lagi ya mbak?"

"Bapak gundulmu, ra kudu."

Delcon saja.

19 comments:

  1. belum pernah makan pancake durian mbak, hehe. rada tidak begitu suka juga. tapi kalau sudah olahan masih mending, ketimbang langsung dari buahnya, gak kuat aromanya. hihihi bagian akhirnya bikin ngakak, basa-basi itu yah mbak, soale sudah disanguni :D

    ReplyDelete
  2. Saya malah pencinta durian mbak. Mau diapain duriannya atau maka buahnya tanpa diolah akan suka.
    Di kantor suka ada yang jualan pancake durian,harganya 10 ribu sebiji.
    Taktik kurir ya mbak, minta tip tambahan. Salam mb Nunu.

    ReplyDelete
  3. haha..mak, mak.. kirain mau cerita rasa pancake nya enak atau enggak :p padahal aku pengen tau lho rasane piye.. belum pernah soalnya *kudet*.

    ReplyDelete
  4. Baca endingnya kok aku ngakak ya..hehe...
    pacar saya juga Mbak, gak suka durian... olahannya juga ngak...T_T

    ReplyDelete
  5. Alhasil Pancake durian rase muyel campur kesel

    ReplyDelete
  6. pancake ini emang mahal banget. anakku sampai hemat banget makannya karena tahu harganya yang sangat ga wajar..bolak balik disimpan di lemari es, dimakan secuil2..:)

    ReplyDelete
  7. enak banget ni, tapi endingnya buat ketawa banget ni hahahaha

    ReplyDelete
  8. Ngenes, mending coba buat sendiri aja deh cari di google daripada ongkir nambah2.. haha...

    ReplyDelete
  9. Kok jarang sih makan pancake, biasanya di pasar2 tradisional banyak. tapi ya namanya beda2 sesuai daerah setempat. di kampungku namanya "pinukuik" :D

    ReplyDelete
  10. saya blum pernah coba, kapan2 di undang mampir buat ikut nyobain jg ya mb :)

    ReplyDelete
  11. saya suka banget sama durian, tapi belum pernah makan Pancake durian :3.. jadi pengen nyoba..

    ReplyDelete
  12. wah, dimintai ongkir tambahan itu memang gak enak, ya. bukan masalah nominal tapi alangkah baiknya apa2 sudah fix sebelum deal.
    aku sendiri gak doyan durian, padahal pancakenya lagi booming, hehehe :)

    ReplyDelete
  13. Saya belum pernah belanja online makanan mbak, kalo HP sering, hehehee,., Btw saya jadi penasaran rasanya pancake durian :D

    ReplyDelete
  14. Harga 1 box pancake durian isi 10 harganya mencapai 120.000? Tidak juga mahal ya. DODOL DUREN khas Pontianak aja bentuknya mirip Emas Batangan, Isi cuma 5 harganya bisa 100 ribuan per 1 pak (isi 5 batang dodol duren).

    ReplyDelete
  15. Pancake durian memang bikin ngiler... Alhamdulillah belum pernah ngalamin minta tambahan biaya begitu kalau di Jakarta. Kalau sampai minta jelas saya akan protes :D

    ReplyDelete
  16. Hahaha gaplek banget! Aku suka itu pancake duren. Kalau makanan rasa durian malah enggak suka. Kecuali lempoks. Eh emang ada yah pancake stroberi di McD? Hummm...

    ReplyDelete
  17. Eh, 120 harganya? Mahal itu mah. Di temanku harganya 95.

    ReplyDelete
  18. di aku harganya Rp. 90.000 mbak nunu,,,sekalian aku promosi ya,,,ini aku wilayah Surabaya,,,hehehe

    ReplyDelete
  19. Aku juga baru nyadar kalau durian itu rasanya enak. pke banget lagi!
    Apalagi pancakenya, hmm maknyuuss.. :)

    ReplyDelete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog