Saturday, February 01, 2014

6 Template Keren Yang Pernah Kugunakan

Nggak terasa sudah lima tahun usia blogku ini. Tentu didalamnya juga diiringi template kreasi para designer yang membuat aku kepincut untuk mengaplikasikannya dalam blog ini. Apalagi aku ini paling senang otak-atik blog. Ketika ada template yang lebih menarik, pasti deh tangan ini gatal dan mulai grepe-grepe laptop. Asyik sampai lupa nulis. Hahaha (penyakit blogger nih, jangan ditiru yak).

Nah, dari puluhan template yang pernah kugunakan ada enam template ini yang kuingat berhasil memikatku. Random nggak urut waktu, lupa sih mengingat-ingat 5 tahun silam. Cek This Out;

Ini template pertama yang kugunakan setelah aku berhasil mempelajari cara mengubah template blog. Ya sebelumnya pakai template biasa bawaan blogger, tapi setelah berselancar dan tahu "tampilan" beberapa blog yang eye catching aku mencari tahu. Waktu itu aku belum tahu namanya template, sehingga menyebutnya juga tampilan blog. 
Yang kusuka dari template ini dari warnanya; biru, putih dan hitam. Headernya simple dan memiliki kolom 3; kiri, kanan dan tengah postingannya. Sehingga aku bisa memasukkan widget banyak tanpa membuat blogku menjadi panjang seperti sepur.
Tapi, ada pengalaman tidak enak waktu menggunakan template ini. Karena tingkat keingintahuanku yang tinggi dalam mengotak-atik blog, aku mengotak-atik semunya. Tidak hanya mengubah template blog, aku juga belajar menambah widget, mengubah jenis font, font size sampai aku mengubah nama designer menjadi namaku. Itu lho, yang biasanya berada pada paling bawah sendiri blog kita. Aku beranggapan itu identitas blogku, gak tahunya designer atau pemilik template yang bernama Amunir sampai di blogku dan protes di postinganku ini. Pasca itu aku gak nyaman dan langsung mengganti template lagi.
Click download template untuk menggunakan
Entah kapan aku menggunakan template ini. Selain warna biru aku juga suka menggunakan template warna cokelat. Terhitung lebih dari lima kali aku gonta-ganti warna cokelat. Template Romantic Moment ini karya designer EZwpthemes. Aku tidak tahu siapa EZwpthemes, yang jelas dia salah satu designer template blog yang juga kuingat selain Amunir. Tapi aku tidak bisa mengingat ejaannya, susah ejaannya.
Romantic Moment Template ini sangat cocok bagi kamu yang romantis, elegant tapi tetap simple layoutnya. Hanya terdiri dari dua coloum. Kesan romanticnya kian terlihat dengan backgoud template warna pastel. Recomended deh template ini.
Template Blog Romantic Moment bisa di download di BTemplate
Masih dari Btemplates dan dengan nuansa cokelat dengan akses cangkir coffe late di atasnya memberi kesan santai menikmati kopi sambil membaca ataupun menulis blog. Sebenarnya, kalau aku tidak salah ingat, template ini aku gunakan lebih dulu sebelum Romantic Moment. Justru template ini yang menemaniku saat jatuh cinta dengan pecinta kopi, siapa lagi kalau bukan suamiku ketika masih berstatus calon.
Paling menarik selain gambar cangkir kopi pada headernya. Aku juga terobsesi pada memo-memo yang tertancap pin pada tab header. Ya, bagiku tab header itu wajib, banyak template lucu dan keren bertebaran, tapi kalau tidak ada tab headernya aku gak mau gunakan.
Colum yang digunakanpun tidak biasa. Dua coloum pada sisi kanan, salah satunya menunjukkan layer kertas, aih imut benar template ini. Dan yang menjadi semakin menarik itu tuh ada bolpoint cantik nangkring di situ. Love this template. Sepertinya Coffee Desk Template ini yang paling mewakili keinginan model tampilan blogku. Hanya satu kekurangannya, karena bentuknya diary template, pasti ukuran postingannya kecil, sehingga postingan akan memanjang untuk tulisan yang panjang. Agar lebih rapi harus dipasang readmore. Tapi itu tak menjadi masalah besar, tetap suka dengan Coffee Desk template ini.
Gambar Coffe Desk Template dapat di download di Btemplates
Nah template ini juga dari EZwpthemes. Cantik, penuh art dan girly banget birunya. Kugunakan sekitaran Agustus 2012-an dan pernah kucrop untuk postingan ini. Template ini lebih simple. Jika sebelumnya berbentuk diary, ini juga hampir sama, template ini berbentuk kertas diary sobek. Designnya lebih simple dan eye catching perpaduan warna biru langit, cokelat mentah dan putih. Cocok nih bagi penyuka warna pastel, eye catching banget.
Aku juga suka font tulisannya, tegas dan enak kalau dibaca. Lagi-lagi tab headernya juga memikatku, warna-warni crayonnya menjadi pemanis, tetap konsisten dengan warna pastel yang memikat.
Bentuk tampilan Blue Sky Template ini dapat di download di Btemplates juga
5. Rainbow Note Template
Template paling beda, lebih berwarna-warni dengan backgroud .gif atau bisa berubah-ubah dan mengikuti scroll cursor. Seru saja memakai template ini, meskipun kata para blogger para SEO anti dengan template seperti ini karena jarang terindeks google. Terbukti kala memakai template ini page rankku jatuh, hehehe asumsi pribadi karena temakan omongan, nggak ngaruh kali ya. Tapi yang nggak kupingkiri designernya memang sangat kreatif.
Yang aku suka itu tata letaknya, simple. Semua wigdet berada dibawah, sehingga pengunjung lebih fokus ke postingan, sedangkan untuk mencari arsip atau info lain langsung terkumpul dibawah tanpa perlu pusing mencari. Sementara tab headernya juga melayang mengikuti scroll mouse. Hanya saja kelemahannya memang pada efect baca. Sebagian orang tidak bisa membaca huruf pada gambar bergerak. Lebih-lebih pas bertepatan dengan background gelap, warna fontnya yang juga hitam menjadi tidak terbaca. Harus menunggu warna backgound terang. Sekalipun ritmenya cepat, hal inilah yang membuat pusing kepala.
Bentuk tampilan Rainbow Notes Template bisa di download di sini

Ini template yang saat ini aku gunakan ketika membuat postingan ini. Aku menginginkan blogku lebih simple tapi enak dilihat, tetap dengan tema template girlynya. Aku mencari dengan kata kunci "template girly", eh ternyata enggak mudah. Bukannya tidak menemukan, justru banyak sekali yang bagus-bagus sampai bingung milih. Kadang juga sudah sreg dan senang, ternyata htmlnya tidak cocok, tidak terpasang, hu:(.
Beruntung ketemu dengan Birdie's Spring Template ini. Selain girly pakai banget, juga lebih simple. Hanya terdiri dari 2 coloum, serta font-fontnya enak dibaca. Tapi, satu hal yang kurang, reply komentarnya tidak ada. Enggak masalah sih, aku bisa menambahkannya sendiri. Akan tetapi sampai kini belumm terpecahkan, htmlnya tidak cocok melulu, huhuhuhu :(.
Birdie's Spring Time dapat di download di Btemplates
Susah juga ya mengingat template-template yang pernah aku gunakan. Secara aku tidak pernah menyimpan lama template-template tersebut. Setelah kugunakan langsung hapus, karena terlalu banyak file berserakan. Dari keenam template diatas mana yang kamu suka? Silakan ambil dan aplikasikan yang kamu suka.



14 comments:

  1. kalo template mba yang sekarang ini lumayan cepet loadingnya, mba. ada template yang kadang bikin loading lola makanya skrg template blog personal aku ganti lebih ringan dan simple hehe

    ReplyDelete
  2. hehehe, lebih membuat nyaman pengunjung :D

    ReplyDelete
  3. wah kalau masalah template , aku ribet orangnya, suka gonta - ganti, pernah templateku rusak gara - gara aku otak - atik. Eh sekarang udah nyaman dengan template blogku :D

    yang romantic bagus!! ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciye2 mewakili suasana hati maksudnya..... dengar2 akan ada kabar bahagia nih :)

      Delete
  4. huaaa cantikkk!! bener aku kesengsem lho jeng! belum bisa utak atik blog sendiri aku mah!

    ReplyDelete
  5. Saya juga punya puluhan theme yang saya beli tapi juga jarang saya pakai karena sudah punya template sederhana yang enak dimainkan Jeng
    Keep blogging
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Matursuwun dhe virusnya.. menulariku sekali.....

      Delete
  6. mbak, template yg mbak gunakan ini namanya apa??
    templatenya bisa mbak posting kah? saya mau gunain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lupa sayang namanya, coba cari di ipietoon http://www.ipietoon.com/

      Delete
  7. kk boleh nanyak kan ?! kak gmn caranya sih buat kata'' yang dibawah nama blog kakak yang dibagian atas itu loh !? tlong dijawab ya kk , soalnya lagi butuh . thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu masuk aja ke setelan>dasar>deskripsi....Nah terus kamu tambahin aja


      -Sorry

      Delete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog