Sunday, May 18, 2014

Serbuk Kopi Hilangkan Bau Tak Sedap Pada Kulkas

Aroma serbuk kopi menetralkan bau
Keberadaan kulkas atau lemari es sangat membantu ibu rumah tangga dalam pengawetan bahan makanan sebelum di masak. Setidaknya bahan-bahan makanan tersebut bisa tahan lebih lama; seperti daging, sayur-sayuran, ataupun ikan-ikanan.

Sayangnya bahan seperti daging dan ikan-ikanan kerap menimbulkan bau tak sedap. Bahkan ketika bahan sudah habis dimasak, dan kulkas sudah dicuci sekalipun baunya tetap tertinggal. Baunya menguar ketika pintu kulkas dibuka.

Solusinya ada pada serbuk kopi. Tentu punya kopi di rumah. Aku selalu siap sedia untuk suamiku yang coffe addict, baik serbuk kopi hitam maupun serbuk coffe mocca. Tetapi yang dimanfaatkan untuk menghilangkan bau di kulkas, serbuk kopi hitam.

Serbuk kopi hitam aku letakkan di atas "lepek" (bacanya seperti mengucap pempek). Dalam bahasa jawa lepek itu piring kecil untuk tatakan cangkir kopi. Kemudian dimasukkan kulkas. Biarkan tanpa penutup. Aroma kopi bisa menetralkan bau tak sedap pada kulkas. Tentu pemakaiannya jika semua bahan yang menimbulkan bau sudah habis di kulkas. Tidak akan berguna jika bahan masih ada.

Ini kupraktekkan seminggu ini, ketika aku terlupa masih memiliki bahan udang yang belum termasak. Kepentok dengan aktivitas pindahan rumah yang menguras waktu dan tenaga, kulkas kumatikan begitu saja ketika hendak diangkut tanpa cek isi di dalamnya. Alhasil baru ketahuan dua hari kemudian saat berberes di rumah baru. Penampakan udangnya memerah seperti habis direbus, tentu dengan aroma yang bikin muntah.

Sebelum baunya makin menjalar ke tetangga, kulkas kucuci bersih. Tapi tak juga hilang sampai tercium oleh ibu mertua yang hidungnya peka dengan bau-bauan. Baru kemudian kutaruh serbuk kopi di atas lepek tersebut. Keesokan, baunya langsung hilang. Meski kemudian serbuk kopi tersebut kubuat kopi untuk suami, rasanya tetap kopi dan tak berubah. Hehehe

14 comments:

  1. Wuiih... aku baru tahu :O

    Lumayan dpt info baru, siapa tahu besok2 bisa punya kulkas, hehe....

    Omong-omong, bahasa Indonesianya "lepek" itu "pisin" :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Owh jadi pisin ya.. Hihi baru tahu aku dit. Makasih ya

      Delete
  2. wah ternyata kopi bisa juga menghilangkan bau, tapi nanti kulkasnya berubah jadi bau kopi ga ya ?

    ReplyDelete
  3. Kalau di daerah saya lepek itu cawek. Bisa dicoba nih tipsnya. Tapi aku belum punya kulkas. He-he-he

    ReplyDelete
  4. setujuuu...aku juga suka pakai kopi..termasuk kalau bawa barang macem2 yang semerbak baunya ke pesawat et terbang lama :)it works....

    ReplyDelete
  5. Bener Mba Nu, cara ini paling efektif..ga kebayang ya aroma udang merahnya :)

    ReplyDelete
  6. ternyata serbuk kopi bisa buat menghilangkan bau tak sedap pada kulkas, saya kira cuma bisa menghilangkan bau tak sedap pada sepatu aja mbak.... salam kenal dari saya Mbak

    ReplyDelete
  7. bener bos, katanya kopi juga bisa menhgilangkan bau sepatu yia bos, hehehe....

    ReplyDelete
  8. Aku pernah melakukannya mbak, jadi harum ya kulkasnya :)

    ReplyDelete
  9. Makasih tipsnya, Mbaaak.. :D
    Kebetulan masih punya kopi Sidikalang nih. :p

    ReplyDelete
  10. tips yang berguna neh buat saya, makasih ya mbak infonya ^_^ kapan mau borong vcd nya neh ? hehehe

    ReplyDelete
  11. Wah saya juga pecinta kopi, hehehe... Tiap pagi pasti bikin se cangkir :D

    ReplyDelete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog