Tuesday, February 10, 2009

Rahasia Mempelajari Cara Belajar

saya akan kasih bocoran sedikit mengenai cara belajarnya siswa2 pandai. sebenarnya tidak ada bedanya antara setiap orang. semuanya memiliki otak dan sistem syaraf yang sama, sering kita mengalami bahkan sayapun sering, untuk memahami sebuah artikel saja membutuhkan baca berulang-ulang, itupun tidak cukup untuk bisa mengingat isinya. sedangkan teman2 saya dulu begitu mudahnya menjawab pertanyaan2 sulit. tapi tenang saja itu bukan sifat bawaan semua itu bisa dirubah tergantung kita mau merubahnya.kalu saya belajar dari orang sukses seperti Abraham Lincoln, Einstein bahkan orang sukses yang tidak terkenal, mereka semua berasal dari orang bawah, dalam artian orang yang "bodoh", "miskin", "sering gagal", "depresi", semua itu bisa berubah tergantung kemauan..

apa sih rahasianya...

ngintip yukkkk

ternyata bukan sifat bawaan yang membedakannya tetapi karena sistem belajar dan strategi belajarnya. beda strategi beda pula hasilnya. kebanyakan mereka membutuhkan waktu 3-4 bulan untuk belajar sebelum ujian akhir. bervariasi sih, ada yang menggunakan 2 langkah, 3 langkah tergantung strategi mereka. kebanyakan dari mereka berada pada batas gagal atau lulus dengan susah payah.

akan tetapi siswa yang sukses membutuhkan sembilan langkah untuk sukses belajar dan memelai belajarnya tidak pada 3 bulan sebelum ujian tapi hari pertama masuk sekolah. tu kan belajar dimulai sejak hari PERTAMA.

apa saja sembilan langkah itu??

1. Menentukan tujuan yang jelas

saya dulu berpikir bahwa langkah awal seorang pelajar adalah belajar, ternyata keliru yang lebih penting adalah menetapkan target atau tujuan kita karena ini akan menentukan cara belajar dan hasilnya. Cara belajar untuk target nilai 100% akan berbeda dengan cara belajar dengan cuma nilai 60%. otak akan tau bahwa tidak boleh ada kesalahan satu pun untk target 100%.

orang-orang yang saya sebutkan diatas, kesuksesannya karena mereka berani bermimpi jauh sebelumnya. kejadiannya tidak terjadi secara kebetulan, jauh sebelum itu mereka sudah merancangnya. mereka menetapkan cita-cita tinggi karena mereka tidak percaya kegagalan. jika tidak berhasil mencapainya, tidak dianggap sebagai kegagalan melainkan palajaran berharga. dengan demikian tidak akan merasa kecewa dan mereka tahu selama mereka bisa akan bisa dicapainya.

2. Perencanaan dan PEnjadwalan

menetapkan tujuan yang luar biasa tanpa perencanaan langkah sulit untuk mencapainya. semasa sekolah pernah punya teman yang sangat aktif dalam kegiatan ekstrakulikulernya, tidak cukup itu dia juga memegang posisi penting dalam organisasi sekolah. akan tetapi kegiatannya ini tidak mengganggu belajarnya, hebatnya dikelas selalu juara dan rangking. sebaliknya sering juga mendapati pelajar di bawah rata-rata yang sering mengeluh dengan nilainya, dalih2 tidak punya cukup waktu belajar,pun mereka tidak aktif dalam kegiatan sekolah. Mengapa?? Padahal kita semua sama2 memiliki waktu 24 jam sehari.

Tau nggak?? ternyata orang yang sukses dalam hidupnya karena mereka menguasai waktu, sehingga dapat menguasai hidup. Mereka memiliki banyak waktu untuk mencapai tujuannya karena mereka tahu cara penggunaaaanya, sebaliknya kebanyakan orang tidak tahu bahwa waktu sudah terbuang sia-sia. setiap menit yang berlalu adalah waktu yang dihabiskan. jika penggunaanya dengan bijak, maka akan mendapatkan kembali sesuatu. jika mengahabiskan waktu untuk membaca maka kembalinya adalah pengetahuan, jika bermalas2an maka tidak akan menerima apa2.

Pentingnya penjadwalan waktu dimungkinkan untuk prioritas penggunaannya dalam pencapaian tujuan kita.

3. Aksi yang Konsisten

Semua orang bisa menetapkan tujuan dan menyusun penjadwalan akan tetapi sedikit yang bisa memulainya, apalagi dengan aksi yang konsisten dan istiqomah. sebenarnya kita tau apa yang harus dilakukan dalam hidup semisal belajar untuk ulangan atau ujian. namun tidak melakukan apa2 sampai semuanya sudah terlambat. salah satu yang membuat semua itu terlambat adalah penundaan aksi, penundaan ini @ rintangan dari kesuksesan. ketika menunda tidakkah merasa kehidupan sedang mengendalikan kita dan bukan sebaliknya?. sering terjadi pada saya, saat menonton televisi bukan saya lupa pada tugas2 saya tetapi selalu menunda-nunda 1 acara lagi, satu acara lagi, ah besok sajalah. dan akhirnya pada hari h-nya tugas saya kacau dan sangat buruk. akan tetapi ketika hidup di asrama yang kondisinya tidak ada tv, radio,jauh dari segala yang membuat aku terlena dengan kehidupan.saya merasa seperti mengendalikan hidup saya dan menemukan kehidupan yang baru.

4. Power Reading

Membaca adalah membuka cendela dunia begitu kata ungkapan kalu gak salah, yupz membaca memang untuk mendapatkan informasi penting. karena tidak semua kata dalam buku itu penting, yang terpenting bukan jumlah kata yang dibaca tapi informasi penting yang didapat. supaya efektif harus bisa memahami dan mendapatkan materi yang dibutuhkan dengan sekali baca seluruh buku teks, tipsnya adalah sambil membaca juga merangkum inti sari atau informasi dalam bentuk kata-kata kunci.

5. Mind Mapping

Apa itu mind mapp...???? Yah betul mind mapp adalah pemetaan pikiran. kata-kata kunci yang sudah terkumpul dari membaca tadi kita bentuk mind mapp. Mengapa mind Mapp?? karena Mind mapp akan membantu anda menyusun informasi dengan menghemat waktu dan mengaktifkan seluruh kekuatan otak (keseimbangan otak). Saya yakin anda sudah tahu kan tentang mind map!

6. Super Memory

Langkah selanjutnya adalah menggunakan daya ingat super untuk mempermudah menyerap informasi2 penting. Banyak sistem pendidikan yang beralih ke pola pikir yang lebih tinggi. Tidak ada lagi pertanyaan2 berdasarkan ingatan semata. Jika kita tidak dapat menyerap dan mempertahan informasi, kita tidak dapat menggunakannya dalam tingkat pola pikir yang lebih tinggi.

7. Kejaiban Penerapan

Memiliki kecerdasan tidak cukup untuk mendapatkan nilai tinggi, perlu kemampuan menerapkan pengetahuan untuk menjawab kombinasi pertanyaan yang dilemparkan. sehingga kita harus mengembangkan kemampuan berpikir yang meliputi kreatif, analitis dan kritis. kelihatannya sulit namun mudah dikuasai jika tahu strateginya.

8.



BERSAMBUNG

5 comments:

  1. wah MANTAP!
    saya juga bisa matematika karena merubah paradigma berfikir saya, yang sebelumnya saya anggap matematika susah, sulit, ga' mampu DLL.
    ternyata setelah saya yakin klo matematika itu mudah, gampang dan menyenangkan, barulah dengan mudahnya ilmu yang satu ini masuk kedalam otak saya. bahkan menjadi hoby baru.

    ReplyDelete
  2. @IHSAN; Ada kemauan pasti ada jalan

    ReplyDelete
  3. belajar juga perlu dipelajari,
    salam kenal aja mbak..

    ReplyDelete
  4. nyontek aja heheheeh yukk mapirr

    ReplyDelete
  5. xwete stiap kalii qm ngajari aq...
    qm ngga pernah tuhh ngasih trick kayak begono.... dasar guru edan............
    weeeeeekkkkkkkkkkkkk

    ReplyDelete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog