Saturday, April 02, 2011

Ide Menulis Blog

Ide menulis blog lebih luas dan lebih mudah digali daripada ide menulis buku. Blog personal yang pengelolaannya terserah pemiliknya, tidak terikat dengan tema dan tidak pula tergantung kepada kebijakan dari manapun. Kita bebas menulis apa saja. Akan tetapi kendala yang lebih besar mau enggak kita menuliskannya? Ide apa saja sih yang biasanya diminati oleh pengunjung blog? (Baca juga; Tips Membuat Postingan Blog yang Efektif )
  1. Curhat pribadi atau cerita sehari-hari. Pembahasan ini sangat menarik bagi orang yang kepo dengan kita. Jangan bilang tak ada orang yang kepo. Itu hanya pemikiran pribadi, kita enggak tahu siapapun yang menyasar blog dan tertarik dengan tulisan yang kita buat lantas mencari tahu siapa kita? Biasanya curhat pribadi diminati oleh pembaca setia blog. Masih enggak ada ide?
  2. Pembahasan issue hangat. Mungkin bisa dibilang postingan ini postingan musiman. Tetapi perannya bisa mendongkrak traffic blog. Sebut saja issue tentang perusakan taman bungkul saat bagi-bagi ice cream. Jika kita bisa cepat mengulasnya tanpa menunggu nanti atau esok, bisa jadi blog kita akan terindeks paling atas oleh google. Bahkan postingan saya tentang risma tersebut, sampai hari ini masih disasar oleh sebagian pengunjung. Idenya masih kurang?
  3. Review program televisi. Mungkin teman-teman sudah tahu ya kalau sekarang trend media beralih ke media internet. Kesibukan di luar membuat orang tak sempat menonton televisi. Inilah tugas kita, mereview ulang apa yang sudah ditayangkan di televisi, apalagi yang berkenaan dengan issue hangat. Seperti tayangan “Hitam Putih” saat mengundang gamal albinsaid sang dokter sampah dari malang, saya sempat mereview sesaat setelah saya menonton, tak menunggu lama. Sekarang postingan tersebut dibaca 915 kali, dan masih disasar keyword “Gamal Albinsaid Dokter Sampah”, postingan saya pasti berada di halaman pertama google
  4. Bikin postingan yang long lasting. Artinya buat postingan selalu diminati dan sering dicari banyak orang. Meskipun postingan2 ini sudah tersebar banyak di internet, jangan khawatir, lambat laun akan terindeks google. Contoh; postingan saya di blog yang diminati sekarang adalah cara daftar listrik di pln, awalnya saya psimis tetapi tetap saya tulis karena juga berdasarkan pengalaman pribadi saya, dan sekarang menjadi postingan populer setiap minggunya. Sementara postingan saya yang long lasting lainnya adalah tentang Matematika, ada yang mencari tentang limas, bangun ruang dan sebagainya.
  5. Ikut giveaway. Selain tergiur hadiahnya, tujuan ikut giveaway sebuah blog tak lain adalah alasan kita supaya blog terupdate. Setiap bulannya giveaway di blog buanyak sekali. Tak ada salahnya alih-alih ikut giveaway untuk mengupdate blog ternyata jadi pemenangnya. Seru kan ya?
  6. Postingan Award. Kemarin ada yang menerima award dari saya? Nah itu salah satu cara blogger juga dalam mengupdate blog. Saling estafet award. Mentok ide?
  7. Posting gambar. Jika mentok ide, di blog bisa juga kok posting isinya Cuma gambar doang. Gambar yang kita anggap mempunyai arti. Bisa diberi caption sedikit. Salah satunya postingan Cuma gambar yang saya lakukan adalah postingan Wordless Wednesday, jika diartikan postingan di hari rabu dengan minim kata. Jika kita biasanya saya menulis panjang sampai berparagraf2, maka ketika rabu saya cukup memposting gambar dengan diberi caption sedikit. Bukan berarti di hari rabu juga tidak memposting tulisan. Kadang saya lakukan keduanya kadang juga salah satu

2 comments:

  1. makasih infonya sob... btw, ada lomba puisi juga nih http://puisi-cerpenku.blogspot.com/2011/07/lomba-menulis-puisi-1.html

    follow 53...follow back ya kawn... sukses selalu...

    ReplyDelete
  2. makasih juga infonya sob.. sudah ku follow^^

    ReplyDelete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog