Monday, December 29, 2014

Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil Muda

Kaki bengkak memang umum dialami oleh ibu hamil. Biasanya terjadi pada trimester ketiga. Karena kaki sudah mulai menumpu beban berat dan merupakan salah satu tanda menjelang due date. Tetapi yang aku alami kali ini bengkak saat usia kemahilanku 12 weeks kemarin dan kerap kambuh ketika aku lupa kaki dalam kondisi menggantung.

Aku yang biasanya cuma "dikurung" di rumah oleh kekasihku. Hari itu ngebet ikut pengen ikut ke RS daftar antrian periksa pasien BPJS punya mertua. Subhanallah, antrinya banyak banget. Berangkat pagi saja kebagian nomor antrin 105. Bukan nomor antrian periksa. Masih antrian daftar periksa untuk dapat nomor antrian periksa di poli spesialis saraf. Ah, ya bismillah saja dijalani, sudah terlanjur ikut.

Hampir 4 jam baru bisa daftar dan ambil nomor antrian poli saraf. Entah sudah berapa kali ganti posisi untuk ngilangin capek akibat syndrom hamil muda ini. Mulai duduk atas, duduk ngelempoh di lantai, selonjoran sampai tiduran di pangkuan suami. Tidak lagi mikirin orang yang penting aku gak kecapean. Alhasil pulang dari RS jadi tepar. Sorenya, telapak kaki terasa tebal buat jalan dan agak sedikit ngambang. Nggak seberapa kelihatan bengkak tapi terasa banget bengkaknya. Sampai tetanggaku yang ngenalin tulang kakiku agak tertutup kulit kayak bengkak.

Sejak itu kakiku jadi rawan bengkak. Kelupaan duduk dengan menggantung sebentar saja sudah terjadi bengkak. Mengapa kaki bisa bengkak? Hal ini terjadi karena peredaran darah balik dari kaki menuju jantung terhambat atau mengalami kendala. Bisa disebabkan oleh faktor kondisi tubuh yang cepat lelah karena terlalu lama berdiri atau duduk.

Hal ini tidak begitu membahayakan jika tidak disertai dengan gejala penyakit lain yang diderita ibu hamil seperti diabetes, ginjal atau darah tinggi. Semuanya masih normal dan bisa kembali seperti semula.

Untuk mengatasi kaki bengkak, ibu hamil hanya perlu menjaga poisis aliran darah kaki lebih tinggi dari jantung. Misal ketika tidur kaki diganjal dengan bantal. Serta menjaga keseimbangan antara duduk, tidur dan berdiri. Jika sedang banyak aktivitas usahakan sering-sering mengistirahatkan tubuh. Atau dengan melakukan olahraga ringan yang membantu melancarkan peredaran darah(.)

11 comments:

  1. Harus digantung.. Perjuangan seorang ibu.. :D

    ReplyDelete
  2. Ohh kaki bengkak itu karena aliran darah yang terganggu saat hamil to mbak.
    Maturnuwun.
    Btw, nomor antrin 105 dipagi hari. #Alamak :)

    ReplyDelete
  3. Sesekali olahraga ringan mbak... jalan-jalan seputar rumah aja... mudah-mudahan gak keterusan ya mbak. Sehat terus ibu dan debaynya. Aamiin. . Aamiin ;)

    ReplyDelete
  4. makasih mbak infonya,teman2 juga bilang antrian bpjs bener2 bikin geleng2 hehehe..banyak banget soalnya. sehat2 ya mbak nu :)

    ReplyDelete
  5. wah kudu harus hati-hati dan dijaga mbak, terima kasih tips dan info nya :D

    ReplyDelete
  6. Sabar dan tetap semangat, Mbak! Semoga selalu sehat dan lancar kehamilannya, ya Mbak...

    ReplyDelete
  7. ibu hamil memang sering terkena kaki bengkak seperti ini ya..., apalagi yg rajin urusin BPJS punya mertua...semoga calon ibu dan calon bayi tetap sehat hingga hari kelahiran tiba...
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  8. alhamdulillah waktu hamil dlu, kaki sy malah gak bengkak... tetap seperti semula sampai melahirkan

    ReplyDelete
  9. oke makasih infonya mbak, baru tau juga nih kalau ibu hamil itu kaki juga ikutan bengkak ya :D kiraen perutnya doank hehehe

    ReplyDelete
  10. bengkak seperti itu hanya pada saat hamil atau setelah melahirkan masih bengkak

    ReplyDelete
  11. sungguh besar pengorbanan ibu dari mengandung sampai membesarkan kita,

    ReplyDelete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog