Saturday, October 18, 2014

Ketika Android Samsung Gak Bisa Nyala

Banyak yang mengakui jika Samsung termasuk HP yang tahan banting. HPku yang Samsung Champ kerap terbanting masih oke punya. Setiap malam dari suara radionyalah kami bisa tidur terlelap bahkan aku pernah lupa matikan. Terus nyala dari tidur hingga tidur lagi sampai baterai HPnya memberikan signal minta disetrum ulang. Saat kondisi inipun jika aku malas mencari charge, dia masih bisa bertahan hingga 24 jam hidup tanpa digunakan.

Kondisi ini berbeda dengan HP Samsung Galaxy Note 1 yang berbasis Android. Mungkin karena kinerja lebih extra daripada HP Samsung Champ yang notabene basis HP biasa. Fitur-fitur aplikasi android memang membutuhkan energi banyak. Baterai full 100% gak bisa tahan sehari.

Karena gak tahan menunggu lamanya ngecharge HP, sebuah kesalahan ketika aku paksakan memakai HP yang sedang di charge. Selama ini emang baik-baik saja sih. Dan aku sadar hal ini tidak boleh karena merusak baterai HP.

Dan itu terbukti. Alamak... Besoknya HPku mati pless. Gak bisa booting masuk menu utama. Kupikir baterainya drop tiba-tiba mati tetapi kok masih bisa dinyalakan? Hanya saja ketika muncul ikon tulisan SAMSUNG langsung restart lagi begitu terus menerus sampai badan HP panas semua :minta dikompres:

Aku coba cari pengganti bateraipun susah. Baterai galaxy note 1 emang langka karena tidak banyak yang menggunakan. Ya sudah, pasti bisa diakali. Apa sih yang ga bisa dijawab mbah Google.

Menurut beberapa artikel tips dari yang aku baca, aku kudu download ulang systemnya dari safe mode ODIN karena HP benar-benar tidak bisa nyala. Caranya: tekan tombil On/off + tombol Home + tombol volume secara bersama-sama yang akan masuk ke system menu ODIN. Disitu cuma menggunakan menu volume + dan volume - untuk control.

Ternyata gagal. Aku memakai jalur pintas memasukkan HP ke service center di Sidoarjo yang kebetulan tempatnya dekat dari kantor suami, yaitu satu kawasan Ruko Centro Avenue CiWalk Jl. Kh. Mukmin Sidoarjo.

Berharap bisa langsung diinstalkan langsung systemnya tanpa download ulang. Tapi, ditolak. Aku gak tahu kalau HP Samsung pabrikab luar negeri tidak diterima. Yap, ini hape emang beli di temenku yang dia beli di negara suaminya, Singapura.

Oh... Ya sudah mati-matian aku mencari baterai. Mungkin ini solusi terkahir. Akhirnya dapat dari beli online itupun nunggu pre order. Alhmdulillah belum sempet transfer suamiku sudah ngabari, jika sudah dapat baterainya di toko Sidoarjo kota. Hmm... Setelah dicharge 6 jam langsung bisa nyala tanpa rewel.

18 comments:

  1. semakin tinggi fitur hp, maka semakin tinggi pula pemakaian baterai nya ,,,, :) tinggal pinter2nya pemakai mmilih baterai dan memakai nya ,,, :D

    ReplyDelete
  2. smartphone for smart user guys :)

    ReplyDelete
  3. Sama, Mbak. Saya juga pakai galaxy note 1 dan baterai susah banget dicari. Kemarin dapatnya di Central Park Jakarta. Setelah nanya di beberapa toko dan kosong akhirnya ketemu juga toko yang jual :D

    ReplyDelete
  4. Syukurlah kalau masalahnya sudah teratasi :)

    Ponsel Androidku sekarang baterenya juga udah mulai soak nih. Gampang habis. Padahal ngechargenya lama. Jadi terpaksa harus lebih bersabar deh :D

    ReplyDelete
  5. Ya mbak...hp buatan luar, biasanya gak bisa langsung diinstal ulang

    ReplyDelete
  6. Aku baca aja deh.. Ngga punya android soalnya.. ._.

    ReplyDelete
  7. itu dia kalAu android, kebutuhan energi lebih besar. tapi syukur masalahnya sudah beres

    ReplyDelete
  8. alhamdulillah hp sudah bisa dikembali, hehe... :D

    ReplyDelete
  9. Bisa bayangin tegang dan susah hati selama menunggu hidup lagi.
    memang harus sangat berhati2 ya mbak, kalo punya smartphone.

    ReplyDelete
  10. Toko Hnya namanya apa Nu, buat beli batraynya?

    ReplyDelete
  11. Syukurlah bisa nyala kembali ya mbak

    ReplyDelete
  12. punyaku samsung android juga,,jadi kalo rewel cuma perlu di ces lama aja ya mbak,,,

    ReplyDelete
  13. Hihihihi punya saya Xperia Ray juga pernah kayak gitu mbak, ternyata bootloop, akhirnya sembuh setelah saya flash :D

    ReplyDelete
  14. Hoho.. namanya bootloop itu mbak :D
    Banyak teman-teman saya yang ngalami. Kebanyakan penyebabnya karena nggak sengaja modifikasi system. Kalo karena batere, kyknya jarang nemuin kasus serupa. Tapi bisa jadi memang karena baterenya nggak kuat.
    Kadang memang secara performa featured phone lebih powerful ketimbang smartphone

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak, minta solusinya. Ini hpku juga note1. Dan sekarang nggak bisa nyala, cuma keluar "samsung" gitu. Gimana ya kak solusinya? baterai uda aku ganti 2 bulan lalu padahal. Makasih kak :)

      Delete
  15. Kak, minta solusi ya. Hp aku juga note1. Dan sekarang nggak mau nyala, cuma keluar tulisan "samsung" terus. Padahal baterainya barusan aku ganti 2 bulan yg lalu. Awalnya, hp aku ngdrop dan sementara aku charger pake pb. Setelah aku ganti chargernya, eh malah kayak gitu. Gimana ya kak? Minta solusinya ya kak. Mkasih :)

    ReplyDelete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog