Thursday, September 04, 2014

Demi Back Link Jangan Ngarep Dikunjungi Balik

edited image by this link
Dalam sebuah persahabatan blogger, terdapat istilah blogwalking. Yaitu sebuah kegiatan saling berkunjung blog dengan ditandai sebuah jejak komentar. Blogger sejati yang mendapat kunjungan blogwalking, akan membalas dengan kunjungan balik. Memang kadang butuh waktu, aku sendiri enggak bisa langsung melakukan kunjungan balik. Kadang malah aku merasa bersalah ada beberapa blogger yang kehilangan jejak link (lupa) karena ketika aku berkunjung pas signal lola. Atau belibet harus log in google dulu. Biasanya aku pending kunjungan baliknya. Apalagi aku punya trik sendiri dalam kunjungan balik, menunggu postingan baru untuk melakukan kunjungan balik.

Begitupun dengan blogger lain. Aku rasa mereka memiliki alasan tersendiri mengapa tidak melakukan kunjungan balik. Seperti famous people. Biasanya para famous people memang enggak ada tradisi kunjungan balik. Karena mereka orang famous, banyak yang komentari blognya. Enggak mungkin kan dia ada waktu buat melakukan kunjungan balik ke ratusan blog yang ada di komentar blognya? Seperti blognya Marshanda atau Alyssa Subandono istrinya Dude Harlino itu kan punya blog, hehehe.

Jangan kecewa. Justru kamu diuntungin lho! Kamu cuma berkunjung sekali ke blog ini, komentarmu berkesempatan dilihat banyak orang. Dan itu artinya blog kamu berkesampatan dikunjungi orang lain yang berkunjung ke famous people ini.

Mulai saat ini berhentilah berharap dikunjungi balik oleh siapapun. Kepada siapapun yang kamu kunjungi saat blogwalking, hilangkan harapan untuk mendapatkan kunjungan balik dari tuan rumah. Bukan hanya agar tidak kecewa di belakang. Setidaknya, ketika kamu sudah meninggalkan jejak (berkomentar), saat itu kamu sudah menanamkan satu back link, yang bukan hanya pemilik blog tetapi siapapun bisa klik untuk berkunjung balik dan akan melejitkan blogmu. Dari satu kunjungan bisa berbuah puluh bahkan ratus kunjungan balik. Apalagi jika kamu melakukannya tidak satu kali. Siapa yang untung?


43 comments:

  1. setujuuu mak...aku BW jalan...kalau mampir alhamdulillah, if not ya udah :)..blogging is for fun, toooh :)...cheers...

    ReplyDelete
  2. Wah sama nih, nunggu dulu punya postingan baru kalau mau blogwalking.
    Tapi ga terlalu masalahin mau dikunjungi balik lagi atau engga.

    ReplyDelete
  3. aku belum bisa blogwalking penuh malah mbak

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. Siip Mb..Tks untuk BW nya ke blog sederhanaku ya :)

    ReplyDelete
  6. bener mbak nunu, tapi biasanya yg sptu itu kebnyak meraka yg new blogger, klopun mmg yg blogger kawakan juga masih pada ninggalin jejak minta di kunjungi balik ,,, :D

    Salam Sukses Mulia ,,,

    ReplyDelete
  7. benar juga,,kalau kita memposisikan diri sebagai tamu..tentunya keinginan untuk dikunjungi aalik...disimpan saja dulu...., tapi bakalan ada tamu lain yang datang dari hasil kunjungan kita......luarbiasa....keep happy blogging always...salam dari makassar :-)

    ReplyDelete
  8. Kalau sedang ada waktu aku seringkali BW ke blog sahabat...syukur2 yang punya blog juga kunjung balik ke blogku... Dari pengalaman selama ini memang ada blogger yang begitu kita BW maka dia akan kunjung balik... Namun ada juga yang nggak pernah BW... aku sih sudah mengalaminya dan sudah paham siapa2 blogger yang emoh ke blog kita.. Gak apa2 sih cuma benar katanya Mba Nunu bahwa ntar ada blogger lain malah berkunjung ke blog kita... pokoknya siapapun yg mampir ke blog aku berprinsip tetap akan kunjungi blog merea... tetap keep blogging ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget tuh mbak, kadang justru malah ada blogger lain yang berkunjung ke blog kita, dengan BW anggap aja kita lagi numpang eksis hehehe... soalnya jika kitanya sering BW maka kemungkinan blogger yang lain juga melihat kita kan, sapa tahu mereka jadi pengen kenal sehingga akan mengunjungi blog kita tsb.

      Delete
  9. Intinya tidak ada paksaan dalam berkomentar dan berkunjung balik. Bukan begitu, Mbak Nunu?

    ReplyDelete
  10. Jadi inget dulu mbak, jaman-jamannya baru ngeblog. Budayanya dulu kan setiap blog seperti diharuskan memasang widget chatbox. Disanalah para pengunjung berlomba-lomba naroh backlink. Sedangkan isinya cuma: "nice blog! Kunjung balik ya!"

    Kalo aku sih lebih berharap interaksi dengan pemilik blognya, mbak. Karena itu yang biasanya bikin aku pengen kunjung lagi dan terus. Yah walaupun itu hak penuh pemilik blog untuk membalas, mengabaikan, atau bahkan menolak setiap komentar yang masuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw, ciri-ciri komentar yang cuma mengharap backlink tu kyk gimana sih mbak? Apa kyk komentar aku ini?

      Kalo gitu aku nggak ninggalin backlink deh

      Delete
  11. Mmakeee..aku belum maksimal BWnya hiks !

    ReplyDelete
  12. wah...padahal saya mengharap banget untuk dikunjungi balik lo mbak :D

    nggak ding, saya juga kadang tidak sempat membalas komentar di blog saya, apalagi melakukan kunjungan balik. tapi kalau pas punya banyak waktu baru saya lakukan. nggak bisa dipungkiri juga sih, kuatnya suatau kata kunci juga tidak lepas dari komentar yang ditinggalkan oleh sahabat blogger :)

    ReplyDelete
  13. Siiip..Mbak Nunu...yang penting blogwalking terus, biar dapet ilmu dan temen yang oke-oke...

    ReplyDelete
  14. Karena saya bukan famous people, cuma seorang toekang keboen ...
    Jadi boleh berkunjung balik ya mbak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. seminggu g bewe aku mbk hehe,maklum liburan jd libur bewe....sekarang bewe,silaturahmi gitu :)

      Delete
  15. aku jarang juga bw,,,kadang curi2 waktu aja,,,,

    ReplyDelete
  16. betul banget mbak, aku bw gak mikir di kunjungi balik kok :) yang penting aku bisa baca postingan teman sekalian silaturahmi ke blognya

    ReplyDelete
  17. Setuju mbak.. ya seperti pepatah memberi tanpa pamrih.. #eh pepatah atau apa ya? Hehe.
    Ya paling tidak sudah usaha. Selanjutnya tawakal. Hehe. Backlink juga seperti rejeki.

    ReplyDelete
  18. Aku siy enjoy aja mbaa...yang penting happy ngeblog. Toh kalo dia ga balik yaa udah ga usah dipikirin. Syukur banget jika bisa saling happy blogwalking.

    ReplyDelete
  19. buetul mbak...malah ngenes sendiri kalo ternyata gak dikunjungi balik ...hihi

    ReplyDelete
  20. Iya.. Jgn terlalu berharap di kunjungi balik. Entar kena PHP , siapa yg rugi coba?

    ReplyDelete
  21. Wah ... jadi malu akuh. Mba'e rajin pisan mampir di blog q, lha akuuu?

    *sungkem dulu Mba'eee

    ReplyDelete
  22. cobain komen di blog famous people ah hihihi...

    ReplyDelete
  23. Dikembalikan ke fitrahnya, bahwa blog itu untuk menulis dan mengeluarkan ide. kalaupun ada kunjungan itu sebagai apresiasi tersendiri.

    ReplyDelete
  24. Kalok sesuatu yang pamrih ujung-ujungnya ngga bakalan ada ikhlas, Mbak.. Wkwkwk.. :D

    ReplyDelete
  25. Bener juga ya, Mbak.... Kini pikiranku jadi lebih terbuka, haha....

    ReplyDelete
  26. soal famous people...aku paling doyan ngendon di blognya fashion blogger dari Swiss ini kayture[dot]com
    slain dapat referensi fashion yang cocok di aku, eh kadang fans mereka kunjungi balik blog aku [it's works maaaak] hihihihi nakal yak ^^

    ReplyDelete
  27. wah suka banget nih mba ma artikelnya, sempat mau ikut Kelas online optimasi Blog personal nya mba nunu, tapi waktunya gak memungkinkan, khawatir gak optimal.

    ReplyDelete
  28. namanya blog walking tanpa pamrih hehe :p

    ReplyDelete
  29. Sebenarnya aku suka BW mbak, baca2 tulisan blog lain bisa menambah wawasan dan memang sejak awal gak berharap dapat kunjungan balik, hehehe... Tapi akhir2 ini mulai jarang BW :(

    ReplyDelete
  30. Soal dapat backlink atau tidak juga tergantung dari apakah sistem komentar blog yang ditinggalkan pake dofollow apa nofollow...
    Jadi tidak semua blog yang kita komentarin menjadikan kita peroleh backlink dari blog bersangkutan.
    Tetapi kalau "kemungkinan" dari sejumlah komentator ada yang klik akun kita di blog tersebut untuk mengenal kita lebih jauh itu memang ada...

    *keep blogging*

    ReplyDelete
  31. kalau saya suka blogwalking kalau lagi nganggur atau bosen di kantor~ ya itung - itung buat refreshing lah ^^

    ReplyDelete
  32. Sebagai pemula dalam dunia blogging, saya punya prinsip blogwaking untuk mngasah kmampuan brfikir saya, jd balik lagi, perkara admin brkunjung blik tw ga itu y urusan nomor sekian.

    ReplyDelete
  33. Betul...betul...betul *gayaupinupin hehe. Blogwalking ya ;)

    ReplyDelete
  34. JADIKAN BLOG BUAT HOBI, KALO MAU BANYAK PENGUNJUNG HARUS KONSISTEN JADI FULLTIME BLOGGER.. :)

    dari pada galoo mending main2 kesini >> http://ken-tang.blogspot.com

    ReplyDelete
  35. Berharapnya sama Allah aja kan mbak?

    ReplyDelete
  36. Buktikan dengan kualitas tulisan maka akan banyak yang mampir....

    ReplyDelete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog