Wednesday, February 06, 2013

Gagasan KorJak : Menuntun Ibu Rumah Tangga Berkarier

Sebuah Resensi, Pernah Dimuat di Koran Jakarta

"Pendek kata, jauh lebih banyak manfaat jika seorang ibu rumah tangga dapat utuh menjalani peran sebagai istri, sekaligus mengekspresikan diri lewat pendidikan dan karya" 


Judul : Virus Mompreneur
ISBN/EAN : 9789792289299 / 9789792289299
Penulis : Indari Mastuti dan Julie Nava
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Terbit : 29 November 2012
Tebal : 238 Halaman
Berat : 234 gram


Ketika seorang perempuan memutuskan untuk menikah, dia harus memilih antara karier dan fokus menjadi ibu rumah tangga. Setiap keputusan ada konsekuensi. Sering kali menjadi ibu rumah tangga menjadi pilihan kedua.

Menjadi ibu rumah tangga memang tidak mudah, meski statusnya yang kerap kali dipandang sebelah mata karena dianggap tidak banyak berkontribusi pada ekonomi keluarga. Padahal, tanggung jawab sebagai ibu di rumah tak kalah banyak. Sesungguhnya ibu menjadi tulang punggung demi kualitas pemimpin bangsa nantinya.

Kaum wanita seharusnya mengutamakan peran ibu rumah tangga. Peran itu harus diprioritaskan. Indari Mastuti dan Julie Nava berharap para wanita menjadi ibu hebat dengan mementingkan peran membina anak-anak di rumah, namun tetap memiliki penghasilan tanpa meninggalkan keluarga dengan jalan menjadi momspreneur. "Pendek kata, jauh lebih banyak manfaat jika seorang ibu rumah tangga dapat utuh menjalani peran sebagai istri, sekaligus mengekspresikan diri lewat pendidikan dan karya" (halaman 4 alenea 3).

Penulis sendiri berpengalaman lebih dari lima tahun di dunia bisnis. Dia telah memperoleh beragam penghargaan dan dinobatkan sebagai salah satu perempuan inspiratif. Dia juga menyandang penghargaan Wirausaha Muda Mandiri tahun ini, sementara Julie Nava adalah seorang relawan di sebuah rumah sakit di Amerika Serikat.

Buku ini mengajari wanita membangun bisnis. Para pengarang tidak hanya bercerita, tetapi mengajarkan cara memulai tahap demi tahap dari mencari peluang, menggali ide bisnis dan memilih bisnis yang cocok, sampai manajemen keuangan. Maka, ini sangat cocok bagi ibu rumah tangga yang ingin memulai karier menjadi mompreneur.

Selain itu, Indari Mastuti tidak pelit membagi rahasia dapurnya. Dia berbagi cara berkarier dan menyertakan beragam kompetisi bisnis tahunan dan membuka peluang bagi pemula untuk membesarkan bisnisnya.

Memang, dari semua itu, yang lebih penting adalah cara seorang mompreneur bisa mempertahankan kariernya di tengah beragam persaingan pasar. Kegagalan dan kerugian selalu membayangi para pengusaha. Akan tetapi, tidak ada kegagalan dalam bisnis selain kita sendiri yang memutuskan berhenti dalam berbisnis (hal 159).

Maka, rugi itu biasa dan bagian dari proses belajar untuk menatanya kembali dan tidak mengulang kesalahan. Yang terpenting adalah cara ibu rumah tangga bisa tetap menjaga semangat tetap menyala. Bukan tidak mungkin segala kejadian dalam dunia bisnis juga berimbas pada keluarga.

Semua bergantung pada sikap dan jiwa seorang mompreneur sejati yang bisa dipelajari dari buku ini.
Diresensi Unun Triwidana, tinggal di Mojokerto, Jatim

(Pernah dimuat di Koran Jakarta, 21 Desember)

10 comments:

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog