Wednesday, February 06, 2013

Bank Mandiri, Ideal Sebagai Penunjang Kehidupan

Perkembangan bisnis online mulai tumbuh seiring dengan meningkatnya gaya hidup sosial network. Dimana saat semua orang selalu membutuhkan jaringan internet untuk menunjang kehidupan, adalah sebuah kesempatan menggiurkan untuk membangun bisnis yang simple ini. Tanpa perlu tatap muka, orang bisa melakukan transaksi dari tempat masing-masing berpijak.

Tak pelak, baik pengusaha maupun konsumen seperti saya yang doyan belanja online membutuhkan alat tukar yang mudah digunakan dalam jarak jauh. Dan salah satu yang paling saya minati adalah bank payment atau pembayaran melalui bank. Sehingga paling tidak pelaku usaha harus memiliki salah satu rekening bank.
Pilihan memiliki rekening inilah yang kadang juga mempengaruhi kenyamanan konsumen, tapi tak banyak pengusaha yang memikirkannya. Mereka lebih mengutamakan kepentingan pribadinya dengan memakai rekening bank yang umum digunakan. Padahal keumumannya juga belum tentu semua orang punya atau malah membuat konsumen buntung dengan banyak mengeluarkan biaya tambahan.

Sehingga banyak pengusaha memilih memiliki banyak rekening bank yang berbeda. Akan tetapi disini juga perlu dihitung nilai cost yang dikeluarkan perbulan untuk administrasi perbankannya. Meskipun nilainya sangat kecil, bila tidak diimbangi dengan kuantitas transaksi yang masuk juga bisa menjadi beban bulanan. Akan lebih baik jika memiliki rekening meskipun satu tapi memudahkan semuanya. Dimana kriteria dalam memilih bank terangkum dalam 3 hal berikut :

1. Fasilitas Online / Internet Banking
2. Low Cost
3. Fasilitas Transaksi Dollar

Dan pilihan rekening yang sering saya tawarkan kepada konsumen terlebih dahulu biasanya Bank Mandiri. Begitupun ketika saya menjadi konsumen OS (Online Shop), selalu saya tanyakan kepada mereka Bank Mandiri saja Mbak, Bank Mandiri saja Mas. Alasannya simple. Selain merupakan satu-satunya bank besar yang saya punya dan mungkin dimiliki oleh sebagian konsumen, Bank Mandiri lebih bersahabat.


Fasilitas Online/Internet Banking


Hal utama yang diperlukan ketika berbisnis maupun bertransaksi online adalah jaringan internet bankingnya. Ini sangat memudahkan ketika hendak cek mutasi rekening yang terjadi saat itu juga tanpa perlu ribet ke atm. Begitupun bagi konsumer, hanya didepan laptop dengan alat tokennya kita bisa mendapatkan barang dengan mudah.
Internet Banking Mandiri dengan alat tokennya(Sumber : www.bankmandiri.co.id)
Di Bank Mandiri, fasilitas online tidak hanya saya gunakan untuk transaksi bisnis online saja, tapi mencakup semua kebutuhan pribadi dan rumah tangga. Mulai dari membeli pulsa yang nominalnya sedang sampai tinggi harganyapun jauh lebih hemat daripada membeli diluar. Untuk membayar dua tagihan listrik rumah dan kontrakan, juga membayar tagihan kredit barang elektronik saya. Hampir semua tagihan saya bayar hanya dari rumah, selain praktis tidak memakan waktu dan energi, membayar dengan e-banking Bank Mandiri juga lebih menekan biaya administrasinya yang kadang jauh lebih rendah daripada pilihan pembayaran menggunakan jasa lainnya.

Disamping sebagai alat bayar, fasilitas online ini juga memasang beragam fitur tabungan digunakan. Mulai dari cek saldo Mandiri Tabungan biasa, juga bisa untuk membuka buku Mandiri Tabungan Rencana.

Low Cost

Berpikir biaya, setiap bank pasti ada biaya administrasinya, dan mungkin itu tidak seberapa bagi pengusaha yang hanya dikenakan biaya tiap bulan dibanding dengan jumlah transaksi. Akan tetapi biaya ini juga perlu diperhitungkan bagi konsumennya. Dimana setiap ada tambahan biaya perbankkan pada setiap transaksi juga mengakibatkan pembengkakan cost yang akan dikeluarkan konsumer. Kemungkinan adanya gagal transaksi juga karena konsumer kesulitan mengirimkan uang karena pembengkakan biaya ini.

Hal ini pernah saya alami ketika hendak membeli sebuah barang online yang sangat saya inginkan. Ketika pemilik OS (Online Shop) menawarkan sebuah bank besar yang tidak asing ditelinga, saya bergidik dan membalas inboxnya, “Bank Mandiri saja Jeung, adakan?”

“Maaf Jeung, kami tidak ada Bank Mandiri. Mungkin bisa disetorkan ke bank langsung Jeung.”

Dalam benak saya, setor ke bank? Oh ya? Saya sendiri tidak puas dengan jawabannya karena bukan solusi yang saya harapkan. Memang kalau ada rekening sejenis transaksi lebih mudah dilakukan dan tidak merugikan dikeduanya. Akan tetapi ketika konsumen tidak memiliki rekening sejenis pilihannya hanyalah transfer antar bank atau setor ke bank.

Biasanya saya lebih memilih setor ke bank, salah satunya adalah untuk menghindari terjadinya pembengkakan biaya. Akan tetapi bagaimana jika setor ke bank-pun juga terjadi pembengkakan biaya? Padahal setor dalam bank sejenis dan hanya beda cabang, beda wilayah atau beda kota? Sama halnya saya tidak memiliki pilihan selain transfer antar bank menggunakan ATM Mandiri, bagaimanapun itu tidak meribetkan dan tidak buang-buang waktu dan energi.

Mungkin inilah kelebihan Bank Mandiri, tidak ada pembengkakan biaya jika setor ke bank yang beda kota sekalipun. Paling tidak, ketika pemilik OS menyodorkan rekening Bank Mandiri, konsumen yang tidak memiliki rekening sejenis memiliki dua pilihan. Memilih transfer antar bank dengan tambahan biaya administrasi atau jika tidak ingin kena tambahan biaya, setor ke bank bisa menjadi alternatifnya. Konsumen tidak rugi, dan jualanpun tidak mati.

Dan, saya rasa semua OS memang wajib memiliki Bank Mandiri. Disamping untuk kepuasan pelanggan, Bank Mandiri menawarkan tiga kartu ATM Mandiri Debit yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat transaksi perharinya.

[] Debit Mandiri Silver
:: Biaya administrasi layanan kartu ATM Rp. 1.000/bulan
:: Limit tarik tunai di ATM Rp. 5.000.000 
:: Limit transfer sesama rekening Bank Mandiri Rp. 25.000.000 
:: Limit transfer antar bank lain Rp. 5.000.000 
:: Limit pembayaran tagihan/pembayaran Rp.5.000.000
:: Limit pembelian isi ulang Rp. 1.000.000 

[] Debit Mandiri Gold
:: Biaya administrasi layanan kartu ATM Rp. 3.500/bulan
:: Limit tarik tunai di ATM Rp. 10.000.000
:: Limit transfer sesama rekening Bank Mandiri Rp. 50.000.000
:: Limit transfer antar bank lain Rp. 10.000.000
:: Limit pembayaran tagihan/pembayaran Rp. 50.000.000
:: Limit pembelian isi ulang Rp. 5.000.000 

[] Debit Mandiri Platinum
:: Biaya administrasi layanan kartu ATM Rp. 6.000/bulan
:: Limit tarik tunai di ATM Rp. 10.000.000 
:: Limit transfer sesama rekening Bank Mandiri Rp. 100.000.000
:: Limit transfer antar bank lain Rp. 25.000.000
:: Limit pembayaran tagihan/pembayaran Rp. 100.000.000
:: Limit pembelian isi ulang Rp. 50.000.000 

[] Debit Mandiri Platinum Plus
:: Biaya administrasi layanan kartu ATM Rp. 6.000/bulan
:: Limit tarik tunai di ATM Rp. 10.000.000
:: Limit transfer sesama rekening Bank Mandiri sesuai saldo
:: Limit transfer antar bank lain Rp. 25.000.000
:: Limit pembayaran tagihan/pembayaran sesuai saldo
:: Limit pembelian isi ulang sesuai saldo 

Fasilitas Transaksi Dollar
Mandiri kurs dollar, sumber www.bankmandiri.co.id 
Menjalankan bisnis online harus selalu berpikir jauh ke depan. Apalagi jangkauan bisnis online yang tak terbatas, besar kemungkinan transaksi dollar ini juga akan diperlukan nantinya. Persiapkan mulai sekarang tabungan yang bisa digunakan untuk menerima dan mengirim alat tukar perdangan internasional ini.

Ditunjang dengan tawaran Mandiri Tabungan Dollar membuat saya mantap memilih Bank Mandiri sebagai jalan kesuksesan usaha menuju International.

Ya bukanlah sebuah omong kosong, itu terjadi ketika saya mendapat gaji bonus dollar yang saya terima dari sebuah bisnis international yang saya jalani. Dimana bonusnya memang berupa uang dollar dan tidak bisa dicashkan, alias harus melalui sebuah bank. Dan saya tidak perlu memikirkan ulang untuk membuka tabungan dollar dari bank lain, karena mandiri tabungan biasapun (disamping memang ada Mandiri Tabungan Dollar) bisa menerima uang transferan uang dollar yang dikurskan langsung dalam bentuk rupiah. Begitupun ketika saya mendapat titipan uang dari seorang teman di laur negeri tepatnya Malaysia untuk sebuah LSM di Indonesia, dengan mudahnya uang ribuan Ringgit itu melesak ke tabungan.

Dari tiga hal kriteria utama diatas Bank Mandiri bisa dikatakan sebagai bank ideal yang bisa menunjang kehidupan masa sekarang. Dimana semua dituntut serba cepat dan efisian, dengan beragam layanan yang mereka tawarkan. Mandiri Tabungan Rencana untuk perencanaan masa depan anak dan keluarga, Mandiri Kartu Kredit untuk kemudahan transaksi baik di dalam maupun luar negeri, Mandiri KPR untuk membantu mewujudkan perumahan ideal, juga Mandiri KTA (Kredit Tanpa Agunan) yang mewujudkan kemandirian masyarakat melalui kewirausahaan yang memang diprogramkan oleh Bank Mandiri.

41 comments:

  1. Oke deh bu....Jadi lebih paham dgn aneka layanan Mandiri. Siip deh bunda

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mbak saya juga mantep dengan layanannya yang nggak meribetkan konsumen

      Delete
  2. Bank Mandiri memang teman yang pas bagi pemilik Online Shop seperti saya juga. Kemudahan demi kemudahan diberikan Bank Mandiri sebagai salah satu bentuk pelayanan prima untuk para nasabahnya.
    Dengan Bank Mandiri saya bisa mengetahui kecurangan para customer yang dengan teganya melakukan kebohongan soal transfer. Semua bisa terlacak dengan SMS Banking Mandiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku paling sebel kalo OL shop gak punya mandiri mbak, karena saya akan ribet untuk transfer, misalkan aku gak punya rekening mandiripun, kalau OL shop punya, kan aku bisa setor ke bank tanpa kena admin hehhehe.. ide awalnya dari sana :)

      Delete
  3. Era kini memang tidak terlepas dengan dunia maya: online. Lebih mudah dan efisien, apalagi saat tidak bisa keluar rumah karena cuaca --hujan lebat atau panasnya minta ampun-- juga anak-anak yang rewel. Pun tidak ada kendaraan sih, kalau naik angkot kan nambah biaya, membengkak. Online shop adalah Dewa Penolong.

    Iya, aku sering mengalami kendala transfer. Kalau transfer lewat Mandiri memang lebih mudah dan cepat. Apalagi karena Mandiri bisa dikatakan populer dengan pelayanannya yang ramah, kian banyak usaha yang menggunakan jasanya.

    Lalu masalah bayar rekening listrik, air dan telepon yang ... kadang bikin sebal sih sebab harus riwa-riwi ke masing2 loket pembayaran biar 'hemat'. Tapi sejak ada kemudahan lain lewatBank Mandiri, fasilitas online bisa mencakuppembayaran semua kebutuhan pribadi dan rumah tangga. Memang praktis dan tidak memakan waktu juga energi, sebab pekerjaan yang setumpuk --apalagi untuk ibu rumah tangga-- tidak bisa ditinggal lama hanya untuk sekadar 'bayar tagihan'.

    Satu hal lagi yang menyebalkan dalam acara transaksi dan transfer: beda bank! Menyenangkan sekali ada kabar bahwa Bank Mandiri tidak ada pembengkakan biaya jika setor ke bank yang beda kota sekalipun. Setidaknya prinsip 'hemat' tetap terlaksana :D Apalagi bunga Bank Mandiri juga lumayan. Walau ada potongan biaya per bulan, tetapi tertutupi oleh bunganya.

    pokoknya setuju dengan tulisan Mbak. Apalagi Bank Mandiri kini sudah menjangkau kota-kota kecil, makin disayang keluarga Indonesia

    <3 Bank Mandiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang bikin aku jatuh hati ya karena administrasinya itu tha,,,, apalagi nasabahnya bisa milih jenis kartu yang membedakan limit dan biaya administrasinya, sehingga nasabah bisa memperkirakannya sendiri sesuai kebutuhan...

      Delete
  4. Ơ̴̴͡.̮Ơ̴̴͡º°˚Óooŵĥ˚°ºƠ̴̴͡.̮Ơ̴̴͡... gäª bisa komentar Ǻªǻ" nih mbak nunu, karena sy tdk punya rek mandiri, apalagi dgn pengalaman yg sangat mengecewakan dgn mandiri syariah pekanbaru...btw artikelnya bagus, n sangat memberikan informasi apalagi terhadap sy yg tdk mengerti dunia perbankan...°•·♥· τнäиκ чöü ·♥·•°

    ReplyDelete
    Replies
    1. huaaaaaaaaa mbak selvia...
      Mandiri Syariah dan Bank Mandiri (aku nyebutnya konvensional) beda manajemen mbak, seperti halnya bank-bank lain syariah dan konvensional sebenarnya mereka sama dinama tapi tetep beda, transaksi dari dan ke dua-duanya bisa disebut antar bank... beneran beda

      Delete
  5. Wah, mantap mbak nunu..
    Menyampaikannya dengan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti. Suka sekali.. :)
    Sukses yah mbak..
    Eh btw mbak nunu berarti sering dapat IR dunk dari luar.. Hehehe... :p

    Apapun keinginan anda, Bank Mandiri saja.

    Dijaman seperti sekarang ini nasabah selalu menginginkan kemudahan, jadi perbankan selalu berlomba-lomba untuk memberikan yang terbaik bagi nasabah. Di Bank Mandiri kemudahan selalu didapatkan nasabah. Mulai dari pembayaran rekening listrik sampai membeli pulsa bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Semua serasa didalam genggaman.

    Salah satu daya tarik Bank Mandiri yaitu memiliki produk yang memudahkan nasabah, mulai dari sms banking, m-banking, internet banking dan salah satu contoh lain mesin setor tunai. Meskipun belum sampai pada daerah kecil, saya yakin suatu hari nanti Bank Mandiri akan menambahkan fasilitas setoran tunai ke seluruh pelosok. (semoga ini didengar)
    Mulai dari setor/tarik tunai IDR hingga valas, pemindahan dana dari cek/BG hingga pengiriman uang valas semua menjadi mudah dengan Bank Mandiri. Terutama bagi yang mempunyai bisnis di dalam maupun luar negeri.

    Bank Mandiri telah bergabung dengan ATM Bersama menambah kemudahan bertransaksi. Transfer antar bank jadi mudah, mau tarik tunai apalagi-semunya seba mudah dech. Bukan hanya itu dari segi pelayanan juga Bank Mandiri memiliki standar pelayanan yang baik. Pernah saya mendengar Bank Mandiri sering menjadi peringkat pertama dalam pelayanan.

    Apapun keinginan anda, Bank Mandiri saja.

    Sekian dan Terima kasih, Mbak nunu. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau terima IR (apa IR enggak tahu tapi ngerti maksudnya) dulu sering dari teman di malaysia yang jadi donatur LSM, sesekali dia sempatkan ke Surabaya mbak, ya githu deh apa-apa lewat bank mandiri...

      yang aku harapkan dari bank mandiri, suatu saat bisa transfer dan tarik tunai dari ATM bersama tanpa kena biaya.. hihihi semoga yaaa...

      Delete
  6. setuju deh dengan mbak nunu..
    fasilitas online, jaman sekarang memang sangat di perlukan. bahkan untuk menghemat sesuatu yang paling berharga di hidup kita, waktu!
    dengan keunggulan bank mandiri dalam sistem online ini. kita bisa menghemat waktu begitu banyak. dari mulai, hemat waktu untuk menempuh perjalanan. sampai hemat waktu karena tidak mengantri.
    bank yang sangat tahu apa yang diinginkan para nasabahnya. keren deh!

    sukses ya mbak nunu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ibu rumah tangga paket hemat deh segalanya... hidup waktu.. eh hidup kita ibu rumah tangga hehehhehe

      Delete
  7. Assalamu'alaikum Mbak.

    Internet sudah jadi bagian kehidupan sehari-hari.Jaman sekarang ini semua serba online.Beli tiket, bayar tagihan listrik sampai biaya pendidikan.
    Apalagi untuk apara pelaku bisnis, pasti tidak lepas dari internet banking.

    Siapa sih yang nggak pengen hidup dalam kemudahan? Kalau bisa dibikin lebih mudah, paraktis dan efisien. Kenapa tidak?

    Artikel Mbak Nunu ini bagus,saya yang bukan nasabah Mandiri jadi tertarik untuk membuka tabungan. Tabungan yang saya punya saat ini memang dibuka oleh pihak perusahaan tempat saya bekerja, jadi mungkin nanti pengen punya tabungan lagi.
    :P

    Mandiri, gives given the ease of our life,

    ReplyDelete
    Replies
    1. YUP...
      iya mbak apalagi kalo punya OL shop, lebih mudah :)
      beruntungnya saya sudah jadi nasabah mandiri :)

      Delete
  8. Assalamu'alaikum,

    Ikut urun pendapat. Tidak dipungkiri sekarang belanja memang jauh lebih mudah dibandingkan dulu. Tanpa perlu terjebak macet dan sederet daftar keluhan lainnya, barang dapat langsung diantar sampai rumah. Yang jadi masalah adalah pembayaran.

    Pembayaran via bank sudah ada sejak zaman dahulu kala. Terobosan yang cukup signifikan terasa saat adanya ATM. Namun, transaksi antarbank kini makin mudah dengan fasilitas mobile dan internet yang disediakan masing-masing bank. Nah, sekarang, fasilitas apa mobile dan internet seperti apa yang membuat kita, para pengguna, merasa dimudahkan?

    Seperti yang sudah Mbak Nunu tulis, Bank Mandiri merupakan salah satu pelopor kemudahan bertransaksi bisnis secara online. Tidak hanya sekadar menyediakan netbanking atau mobile banking untuk mengecek saldo, kita juga dimudahkan dengan berbagai fasilitas lainnya entah untuk pembayaran atau sekadar membeli pulsa.

    Fasilitas lainnya yang saya acungi jempol adalah jumlah ATM Mandiri yang tidak sekadarnya. Pada suatu tempat, dapat ditemui minimal dua ATM. Bahkan, di beberapa tempat strategis seperti mall atau pusat perbelanjaan, Bank Mandiri juga melengkapi dengan mesin setor tunai yang mempermudah kita menyetorkan uang kapan saja tanpa mengganggu jam kerja.

    Saya pribadi tidak memiliki rekening Bank Mandiri, karena saya sudah punya Bank ANU :) Tapi, salah satu anggota keluarga saya memilikinya sehingga proses pembayaran tagihan atau transaksi semakin mudah. Terlebih lagi sekarang ada kerjasama antara Bank Mandiri dengan salah satu bank yang sudah cukup besar lainnya.

    Mungkin yang mesti dicermati oleh Bank Mandiri adalah aksesibilitas websitenya. Di saat begitu banyak volume transaksi yang mengakses web, seharusnya jangan sampai server down atau semacamanya. Saya percaya Mandiri dapat mengatasi hal-hal seperti ini demi para nasabah dan kustomer yang telah menjatuhkan pilihan pada Bank Mandiri.

    PS. Mbak Nunu, mungkin ada baiknya ditambahkan poin mengenai keterjangkauan Bank Mandiri yang sudah cukup ada di mana-mana. Petugas Bank Mandiri pun sangat ramah, sehingga Nenek saya yang buta huruf pun mempercayakan penyimpanan uangnya di sana karena sangat dibantu oleh para petugasnya.

    PPS. Yang betul 'di mana', bukan 'dimana'.

    Esvandiari Sant

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaykumsalam jeng
      selamat datang di blog ayeee.... hehhehe

      bener banget itu, bahkan adanya ATM mandiri di setiap minimarket itu sangat memudahkan kita menjangkaunya. Tak perlu takut kehabisan uang pas belanja, tinggal gesek di ATM terdekat atau keluarkan saja kartu ATMnya tinggal proses. Nggak ribet numpuk-numpuk dompet. Hehehehehe

      Delete
  9. Suka deh sama layanan E toll Mandiri, gak perlu repot2 nyari uang pas

    ReplyDelete
    Replies
    1. aih aku belum ngerasain mbak, belum punya mobil :)

      Delete
  10. keren mbak..lengkap banget reviewnya..sangat bermanfaat^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah berdasarkan pengalaman dengan bank mandiri selama ini jeng, aman dan nyaman :)

      Delete
  11. mandiri bebas biaya transfer ya, mba? aku jarang ngamati sih, kalo bayar ya bayar aja, hehe :D moga menanggg, mba nunu~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan bebas biaya transfer mbak Ila, tapi bebas biaya kirim uang yang melalui setor bank ke sesama mandiri cabang manapun :)

      Delete
  12. Assalamu’alaikum...
    Ikutan berkomentar.
    Mantab banget penjelasannya. Kalimatnya ringan dan mudah dicerna sehingga aku yang nggak ngerti perbankan jadi tahu deh.

    Aku nggak memiliki rekening Mandiri sih, tapi temanku ada beberapa yang pakai. Katanya sih mudah, tapi dia nggak ngejelasin sedetail Mbak Nunu. Jadi, aku baru tahu tentang fasilitas internet banking, low cost, sama transaksi dollarnya sekarang ini nih, dari Mbak.

    Sayangnya, Bank Mandiri di bangun baru-baru ini di sini. Jauh hari sesudah aku buka rekenning di bank lain yang sudah lebih dulu di bangun.

    Kembali ke fasilitas. Aku tertarik sama pembahasan Mbak Nunu tentang internet banking di mana cukup menggunakan alat token di depan laptop. Enak banget ya. Sayangnya lagi, di sini cenderung tertinggal. Orang ATM aja dibangunnya belum lama, belum ada satu tahun, tapi hampir.

    Terus yang low cost. Kemarin temanku ada yang belanja kaos online gitu. Temanku itu belum punya rekening, jadi setor ke bank. Dia di kasih pilihan, bank mandiri atau bank lainnya. Dia milih Mandiri. Beneran, nggak ada tambahan biaya katanya. Enak banget! Nah, temanku satu lagi milih melalui bank lainnya. Eh, ada tambahan biayanya ternyata. Aku jadi mikir, kok gitu? Tapi sekarang udah paham karena postingan Mbak Nunu di atas. Makasih, Mbak.
    Bank Mandiri? T.O.P deh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia dear..
      dulu aku punya banyak rekening bank, hampir semua bank-bank besar aku buka rekening agar nasabah mudah jika transfer, tapi yang paling awet sampai sekarang hanya bank mandiri yang paling banyak dipilih dan aku pilih sebagai alat transaksi. Bank-bank lainnya akhirnya ketutup dengan sendirinya karena enggak ada transaksi sama sekali, akhirnya ya gitu deh habis di cost saja, enggak seimbang dengan pemasukannya

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Menarik. Mungkin suatu saat kalau ada kesempatan buka di Mandiri. Kayaknya emang lebih mudah ya.

    ReplyDelete
  15. sungguh mengagungkan artikel nya
    thanks yooo

    ReplyDelete
  16. Kalo umur 14 tahun bisa daftar ga ya bu? Biaya pendaftarannya berapa ? Saya punya rek BTN tapi saya ga bisa ngapa ngapain kalo mau beli Onnline juga harus kena adm . ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm.... kalau mengenai umur untuk syarat membuat rekening, saya kurang tahu say. Tapi sepertinya ada tabungan pelajar. Daftarnya gak bayat, seperti halnya ketika kita menabung, minimal 100.000 setoran pertama langsung masuk tabungan.

      Delete
  17. Saya d Taiwan Mbk,gimna cara cek saldo saya lewat sms,pdhl saya blm mendaftarkn no hp saya tsb,gmna caranya,trima ksh,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak putri setahu saya kudu didaftarin dulu, setiap negara memiliki perwakilam cabang coba datangi kantornya. Lihat info kantorya di www.bankmandiri.co.id (beri www ya). Atau lihat juga webnya barangkali ada kontak yang melayani seluruh dunia

      Delete
  18. Emmmmm,Gtu Ya brrti g bs kl lwt Intrnt,& ktnya kl ATM ada Logo Visa ATM brsama bs ambl uang wlpon d Luar Ngri,tpi ssya mncba Ambl kok g bsa,memngnya ada khusus D Bank apa gtu ya ambilnya, mksh ats Infonya.

    ReplyDelete
  19. Mbak, kalau belanja di supermarket terus bayarnya pakai debit mandiri, tetapi transaksinya pakai bank lain yang masuk ATM bersama, berapa biaya administrasinya?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  20. bank mandiri memang ok untuk transaksi online,,,terutama buat jual beli online,,,,,,,,,,n transaksi forex exchanger

    ReplyDelete
  21. terima kasih banyak mbak informasinya membantu dan menarik sekali untuk selalu berkunjung ke sini

    ReplyDelete
  22. Assalamualaikum...terimakasih. Kalau untuk jenis tabungan mandiri bisnis punya infonya gk terkait transaksi harian maksimal nya. Terimakasih

    ReplyDelete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog